10 Platform Loker Freelance Terbaik

Oleh : Hariyanto | Rabu, 22 Mei 2024 - 12:28 WIB

Melamar Kerja (ist)
Melamar Kerja (ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Mencari pekerjaan sekarang ini menjadi tantangan yang sangat berat bagi masyarakat Indonesia. Apalagi jika masih fresh graduate yang masih bingung memulai dari mana. Namun dengan perkembangan teknologi mendapatkan informasi peluang kerja menjadi lebih mudah.

Saat ini banyak situs lowongan kerja yang bisa kamu temukan di internet. Kamu bisa memilih beragam bidang pekerjaan sesuai dengan keahlian dan latar belakang pendidikan. Selain itu kamu juga bisa menemukan berbagai posisi sesuai dengan portofolio yang kamu miliki.

Bukan hanya untuk pekerjaan full time, bahkan sekarang ini banyak situs lowongan pekerjaan untuk mereka yang ingin bekerja freelance. Pilihan ini tentunya ditujukan kepada seseorang yang tak ingin terikat oleh perusahaan atau seseorang yang menginginkan pekerjaan sampingan.

Banyaknya situs loker tentunya membuat kamu bingung memilih yang terbaik. berikut beberapa rekomendasi situs loker freelance terbaik yang bisa kamu jadikan referensi, diantaranya adalah:

1. OLX

Jika sebelumnya masyarakat Indonesia mengenal OLX merupakan situs jual beli online terbesar di Indonesia. Dimana aplikasi ini banyak menawarkan produk dan jasa, baik baru maupun second. Tetapi ternyata OLX bukan hanya marketplace, tetapi mereka juga menyediakan informasi lowongan kerja freelance yang dibutuhkan oleh masyarakat.

Jika kamu membuka OLX, kamu bisa menemukan lowongan pekerjaan full time, part time, freelance, maupun berdasarkan project. OLX menyajikan banyak pilihan peluang kerja yang beragam bidang usaha dengan berbagai posisi sangat mudah kamu temukan.

Kamu cukup mencari sesuai dengan bidang yang kamu kuasai, dan sesuai dengan latar belakang pendidikan dan pengalaman. Kamu juga tidak perlu ragu atas validitas info lowongan kerja yang ada di situs marketplace OLX.

Bahkan informasi loker yang terdapat di situs OLX juga tersebar di berbagai kota besar di Indonesia. Jadi kamu bisa mencari informasi loker freelance yang dekat dengan tempat kamu tinggal.

2. College Recruiter

Sesuai dengan namanya, College Recruiter menawarkan beragam pilihan bagi kamu yang masih duduk di bangku kuliah atau baru saja lulus dan sedang mencari berbagai macam pekerjaan, termasuk berwirausaha.

Kamu dapat menemukan berbagai pekerjaan di sini mulai dari akuntansi, pemasaran, informasi Teknologi, ekonomi, psikologi, dan biologi.

Beroperasi sejak tahun 1991, website ini cocok bagi mereka yang ingin mengembangkan keterampilan namun tidak tahu harus mencari pekerjaan di mana setelah lulus.

3. Glints

Glints merupakan aplikasi terkemuka untuk mencari pekerjaan freelance. Ya, melalui platform Glints kamu tidak hanya akan menemukan pekerjaan penuh waktu, tetapi juga pekerjaan magang, paruh waktu, dan freelance.

Untuk mencari pekerjaan freelance di situs ini juga sederhana, kamu cukup ketik di kolom pencarian kerja yang kamu minati. Kemudian akan muncul berbagai jenis pekerjaan baik itu full time, part time, atau pekerjaan berdasarkan proyek, yang bisa disesuaikan dengan jadwal.

Kamu cukup mengetik freelancer, maka akan muncul opsi pekerjaan yang menawarkan kerjasama untuk bekerja freelance.

4. Freelance Writing Gigs

Situs Freelance Writing Gigs hadir untuk kamu yang sedang mencari pekerjaan freelance di bidang kepenulisan. Kamu bisa belajar, mengembangkan keterampilan kamu dan melakukan diskusi terkait keahlian dan pekerjaan di website ini.

Jadi tidak hanya sekedar memberikan jasa, para pemula juga bisa belajar bagaimana menjadi penulis yang baik dan sukses. Kamu dapat mencari dan menemukan berbagai pekerjaan seperti menulis, membuat konten online, mengedit, blogging, dan menerbitkan di situs web ini.

5. Freelancer

Jika kamu belum menemukan pekerjaan freelance yang cocok, maka kamu bisa mengunjungi situs lowongan kerja Freelance. Website ini menjadi salah satu yang terbesar untuk pekerjaan freelance. Bahkan mereka telah menghubungkan lebih dari 26 juta pekerja dan freelancer di seluruh dunia.

Meskipun platform ini khusus untuk orang-orang yang ingin bekerja freelance untuk membantu perusahaan. Tetapi ada juga lowongan pekerjaan full time yang bisa kamu temukan. Kamu bisa menemukan berbagai jenis, mulai dari entri data, desain logo dan situs web, terjemahan, pemasaran internet, SEO, dll.

Bahkan akan dituliskan 6 orang freelancer terbaik pada setiap kategori, jadi kamu tidak perlu khawatir tidak dilirik.

6. LinkedIn

Kamu juga bisa menggunakan jaringan pencarian profesional ini untuk mencari lowongan pekerjaan. Berbeda dengan website sebelumnya, LinkedIn tentu tidak khusus ditujukan untuk lowongan kerja freelance.

Jadi, kamu mungkin harus berusaha lebih keras untuk mencari lowongan. Jika kamu menggunakan aplikasi di LinkedIn, jangan lupa untuk meningkatkan profil kamu untuk mengesankan pemberi kerja.

7. Indeed

Indeed merupakan penyedia informasi lowongan kerja di berbagai bidang. Sama seperti LinkedIn dan Glints, Indeed juga bukanlah situs web yang khusus ditujukan untuk para freelancer. Setelah melamar di sini, kamu dapat melalui proses penerimaan lainnya seperti wawancara.

Disini tempat berkumpulnya pencari kerja dan pemberi kerja. untuk itu, jika kamu ingin mendapatkan pekerjaan freelance maka kamu harus membuat profile kamu dan resume terkait keahlian kamu sebagai pekerja freelance.

8. Projects

Selain Sribu, situs Indonesia lainnya yang menawarkan berbagai layanan freelancer adalah projects. Di sini, kamu akan menemukan berbagai pekerjaan yang berhubungan dengan pekerjaan lokal. Jadi, komunikasi bisa lebih mudah karena perbedaan bahasa lebih sedikit.

Layanan freelancer yang ditawarkan di situs ini terkait dengan desain website, penulisan konten, desain web, desain logo, serta pengembangan Android dan iOS.

9. ProZ

Nah, website freelancer berikut ini cocok untuk kamu yang ingin mencari pekerjaan freelance sebagai penerjemah. Selain itu, ada juga peluang pekerjaan yang berhubungan dengan penulisan konten dan pekerjaan lain yang berhubungan dengan bidang bahasa.

Persaingan di sini sangat ketat karena artikelnya sangat spesifik, namun hal ini memudahkan kamu yang mencari peluang freelance di bidang terkait.

10. Behance

Pernahkah kamu mendengar tentang Behance? Bagi developer atau pengguna setia Adobe Creative Cloud, Behance mungkin sudah tidak asing lagi. Tidak hanya berfungsi sebagai website portofolio, Behance juga memberikan kesempatan bagi para pencari kerja di bidang kreatif.

Situs ini memang memiliki informasi pekerjaan freelance untuk kamu yang menguasai bidang desain, mulai desainer grafis, illustrator, hingga desainer web. Namun, untuk mendapatkan pekerjaan freelance kamu harus bersaing dengan sesama desainer sehingga memiliki kompetisi yang lebih ketat.

Dari beberapa ulasan diatas maka dapat ditarik kesimpulan bahwa pekerjaan freelance bisa kamu temukan dengan mudah sesuai dengan bidang yang kamu kuasai. Namun untuk mendapatkan pekerjaan tersebut tentunya kamu harus bersaing dengan sesame pekerja freelance.

Hal tersebut tentunya wajar saja, karena setiap pemberi pekerjaan tentunya menginginkan hasil pekerjaan yang berkualitas. Apalagi jika pemberi kerja dan penerima kerja tidak terikat perjanjian seperti pekerja full time.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

TPA Bantargebang

Kamis, 13 Juni 2024 - 16:12 WIB

Peduli Lingkungan, Perusahaan Harus Mulai Menerapkan Sistem Zero Waste to Landfill

Tingkat kesadaran masyarakat Indonesia akan permasalahan sampah saat ini dinilai masih butuh perhatian. Hal ini terlihat dari data Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional (SIPSN) – Kementerian…

Musim Mas Berikan Dana Dukungan Sebesar 1 Miliar Rupiah untuk PON XXI

Kamis, 13 Juni 2024 - 15:53 WIB

Musim Mas Berikan Dana Dukungan Sebesar 1 Miliar Rupiah untuk PON XXI Aceh-Sumut 2024

Musim Mas menunjukkan komitmennya untuk menyukseskan acara Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024 dengan memberikan dana dukungan sebesar Rp 1 Miliar.

Karyawan di anak usaha Telkom

Kamis, 13 Juni 2024 - 15:48 WIB

Catat Pertumbuhan Laba Bersih 30%, Infomedia Kembangkan Teknologi 3A untuk Pertumbuhan Berkelanjutan

Anak usaha PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom), PT Infomedia Nusantara (Infomedia) berhasil membukukan laba bersih sebesar 217% atau tumbuh 30% di sepanjang tahun 2023. Selain itu, revenue…

Hery Gunardi, Direktur Utama Bank Syariah Indonesia

Kamis, 13 Juni 2024 - 15:13 WIB

BSI Cairkan Dividen Tunai Rp855,56 Miliar 20 Juni 2024

PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BSI) akan melakukan pembayaran dividen tunai pada 20 Juni 2024 menyusul keputusan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) BSI yang menetapkan akan memberikan…

Talenta BRI

Kamis, 13 Juni 2024 - 14:45 WIB

BRI Kembali Buka 3 Program Rekrutmen Pekerja

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI terus berorientasi pada pertumbuhan berkelanjutan yang didukung oleh Human Capital yang unggul. Wujud komitmen ini salah satunya terlihat dari…