Mengusung Produk Baja Ramah Lingkungan, GRP Siap Bersaing di Pasar Baja Dunia

Oleh : Herry Barus | Senin, 20 Mei 2024 - 14:31 WIB

PT Gunung Raja Paksi Tbk (GGRP)
PT Gunung Raja Paksi Tbk (GGRP)

INDUSTRY.co.id - Jakarta – PT Gunung Raja Paksi Tbk (GGRP) terus menggenjot penjualan baja ke pasar ekspor. Perseroan optimistis prospek dan permintaan ekspor baja pada tahun 2024 masih ada ruang untuk terus bertumbuh. Hal ini didasarkan pada data World Steel Association (WSA) yang memproyeksikan bahwa permintaan baja global akan terus meningkat selama dua tahun ke depan, dengan pertumbuhan masing-masing sebesar 1,7% pada tahun 2024 dan 1,2% pada tahun 2025.

Hingga saat ini, GRP berhasil mengekspor produk ke lebih dari 30 negara. Sebagai contoh, pada awal tahun 2024, kami berhasil mengekspor baja struktur sebanyak 1.500 Metric Tons (MT) ke Kanada dengan nilai sekitar USD 2 juta untuk mendukung pembangunan proyek jembatan Yukon di wilayah tersebut. Pada tahun 2023, capaian ekspor kami mencapai sekitar USD 25 juta.

Presiden Direktur GGRP, Fedaus, menjelaskan GGRP aktif menjajaki pasar ekspor baru untuk mendiversifikasi peluang dan memperluas basis pelanggan. Pendekatan strategis ini memungkinkan kami memanfaatkan pasar yang sudah ada sambil secara proaktif mencari peluang baru. Kami yakin bahwa produk-produk dari industri baja tanah air memiliki daya saing yang kuat, sehingga mampu bersaing di kancah global.

Saat ini banyak negara sudah menerapkan Green Building untuk produk-produk impornya, oleh karena itu GGRP selain berkomitmen untuk terus berinovasi dengan teknologi, menjaga standar kualitas tinggi dari produk yang kami hasilkan serta menghasilkan produk baja yang ramah lingkungan, lanjut Fedaus.

Dalam upaya mewujudkan produk baja yang ramah lingkungan GGRP saat ini mengantongi  sertifikat Green Label Indonesia dari Green Product Council Indonesia (GPCI) sebagai pengakuan atas upaya dalam mengadopsi praktik ramah lingkungan dalam proses produksi baja. Dalam verifikasi yang dilakukan, GRP berhasil memperoleh nilai 95%, sehingga berhak atas predikat GOLD.

Sertifikat Green Label Indonesia disematkan pada produk ramah lingkungan yang telah memenuhi kriteria yang dipersyaratkan oleh auditor profesional, dan mencakup penilaian komprehensif terhadap kualitas produk, efisiensi dalam konsumsi energi dan air, penerapan sistem manajemen lingkungan berkelanjutan, serta pengelolaan limbah yang baik. Sertifikat tersebut diberikan atas penilaian menyeluruh dari proses produksi hingga produk jadi yang mencakup 10 produk baja unggulan, yaitu hot rolled plate, hot rolled coil, coil plate, cold rolled coil, steel pipe galvanize, carbon steel pipe, carbon steel square pipe, H-beam, WF-beam, dan U channel.

GGRP secara resmi juga memperoleh sertifikat Environmental Product Declaration (EPD), sebagai salah satu bentuk transparansi data atas jejak karbon produk-produkny. Pada 2022, GRP memperoleh EPD untuk pasar Australia dan New Zealand dengan produk structural steel welded I-section, hot rolled sheet coil plate, dan hot rolled plate. Setahun kemudian memperoleh sertifikat EPD untuk pasar Amerika Serikat untuk produk hot rolled coil & sheet, hot rolled structural steel shapes, dan hot rolled plate.

Langkah konkret lainnya yang dilakukan oleh GGRP dalam tahao menuju net zero emission adalah dengan membangun proyek PLTS Atap (Pembangkit Listrik Tenaga Surya Atap) tahap 2 yang dipasang di area operasional perusahaan di Cikarang Barat, Jawa Barat. Total kapasitas listrik terpasang dari energi surya yang berasal dari PLTS Atap GRP mencapai 9,3 MWp, menjadikannya salah satu PLTS Atap terbesar di Jawa Barat. Dalam pengoperasian dan pemeliharaannya, PLTS Atap ini dilengkapi sejumlah sensor untuk memantau radiasi, temperatur, kecepatan angin dan suhu sekitar. Selain itu, sistem juga akan bekerja dengan pemantauan jarak jauh dengan mengirimkan data analisis performa dengan menampilkan jejak karbon.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

(kiri-kanan). Penandatangan kerjasama dilakukan oleh Direktur Sales and Distribution BSI Anton Sukarna (dua dari kiri), Direktur Sales PT Telekomunikasi Selular Adiwinahyu Basuki Sigit, Direktur PT Pertamedika Bali Hospital Mochamad Sonny Irawan, Direktur PT Adi Sarana Armada Tbk dan PT Adi Sarana Transportasi Jerry Fandy Tunjungan (paling kanan)

Jumat, 21 Juni 2024 - 23:36 WIB

Perkuat Ekosistem Halal, BSI Gandeng Mitra Strategis

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) terus menunjukkan komitmennya dalam memajukan ekosistem halal di Indonesia.

Dari ki-ka: Vice Grand Sheikh of University Al Azhar Cairo Mesir HE. Prof. Dr. Mohammed Abdel Rahman Al-Duweiny, Direktur Utama BSI Hery Gunardi, Komisaris Utama BSI Muliaman D. Hadad, dan Direktur Eksekutif BSI Maslahat Sukoriyanto Saputro saat setelah Seminar International "Collaborative Framework for Holistic Islamic Ecosystem" pada gelaran BSI International Expo di JCC Senayan Jakarta

Jumat, 21 Juni 2024 - 23:17 WIB

BSI dan Al-Azhar Mesir Satukan Visi untuk Ekosistem Islam yang Berkelanjutan di BSI International Expo

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) menunjukkan komitmen yang kuat terhadap pengembangan ekosistem Islam di sektor pendidikan melalui kolaborasi strategis dengan Al-Azhar Cairo Mesir.

Membaca nyaring untuk bangun kegemaran anak sejak dini.

Jumat, 21 Juni 2024 - 22:44 WIB

Bangun Kegemaran Membaca Anak Sejak Dini Dengan Membaca Nyaring

Orang tua sebagai model pertama bagi anak-anak dapat mendorong mereka untuk membaca dengan cara yang menyenangkan dan membangun minat terhadap literasi sejak dini lewat membaca nyaring.

BRI masuk 500 perusahaan terbesar di Asia Tenggara yang dinilai berdasarkan revenue, profit dan aset.

Jumat, 21 Juni 2024 - 22:23 WIB

Kembali Torehkan Prestasi Elite, BRI Jadi Institusi Keuangan No.1 di Indonesia dan Peringkat 4 di Asia Tenggara Dalam Daftar Fortune Southeast Asia 500

Media ekonomi terkemuka dunia, Fortune pada hari Selasa (18/06) mengumumkan daftar Fortune Southeast Asia 500 untuk pertama kalinya. Daftar ini berisikan 500 perusahaan terbesar di Asia Tenggara…

Panandatanganan MoU Sarana Jaya dengan KONI

Jumat, 21 Juni 2024 - 19:15 WIB

Sarana Jaya - KONI Teken MoU Dukung Para Atlet Menuju PON XXI/2024 Aceh - Sumut

Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) bersama Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Pembangunan Sarana Jaya resmi menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) tentang perekrutan atlet berprestasi peraih…