Langkah Konsisten Prakerja, Empat Tahun Mendorong Produktivitas Angkatan Kerja Indonesia

Oleh : Herry Barus | Kamis, 16 Mei 2024 - 05:37 WIB

Langkah Konsisten Prakerja, 4 Tahun Mendorong Produktivitas Angkatan Kerja Indonesia
Langkah Konsisten Prakerja, 4 Tahun Mendorong Produktivitas Angkatan Kerja Indonesia

INDUSTRY.co.id - Jakarta-  Prakerja di bawah Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian mengumumkan hasil kinerja selama periode 2020-2023 dalam acara Rilis Laporan Pelaksanaan Program Kartu Prakerja Tahun 2023 dan Diskusi Publik.

Acara ini dihadiri tak kurang dari 500 undangan diantaranya Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian selaku Sekretaris Komite Cipta Kerja, Tim Pelaksana, 15 perwakilan kepala daerah, 78 perwakilan alumni se-Indonesia, rektor maupun pimpinan institusi pemantau dan asesor, mitra pembangunan internasional, seluruh mitra serta lembaga pelatihan di ekosistem Prakerja.

Skema normal yang dimulai pada tahun 2023 berhasil dilaksanakan, sehingga secara kumulatif sejak gelombang pertama dibuka pada 11 April tahun 2020 hingga 31 Desember 2023, Prakerja telah memberikan akses pelatihan keterampilan kepada 16,5 juta angkatan kerja dari seluruh kabupaten/kota di Indonesia.

Melanjutkan tradisi ‘evaluasi tanpa henti’ sebelumnya, Rapid Assessment yang dilakukan oleh DEFINIT-ADB (2023) menunjukkan desain skema normal sudah tepat dan 83% penerima menyatakan Prakerja mendorong peningkatan keterampilan, kompetensi, dan produktivitas mereka. Selain itu studi CIPG-ADB (2023) menunjukkan Prakerja mendorong pencapaian 8 dari 17 Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau SDGs.

Memperhatikan hasil studi, Jiro Tominaga, Country Director ADB Indonesia dalam pernyataan tertulisnya menyebutkan bahwa Prakerja dapat digunakan sebagai benchmark yang baik bagi negara-negara lain yang mengembangkan program pelatihan berskala besar.

“Prakerja menjadi program strategis pemerintah untuk meningkatkan kompetensi angkatan kerja sekaligus mendorong penciptaan lapangan kerja. Kedepannya, Prakerja akan terus dikembangkan untuk merespon dinamika pasar kerja. ” Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian selaku Sekretaris Komite Cipta Kerja, Susiwijono Moegiarso, yang ditemui di acara Rilis Laporan Pelaksanaan Program Kartu Prakerja Tahun 2023, Hotel St. Regis, Jakarta.

Setelah terpilih untuk dipresentasikan di Markas Besar PBB di rangkaian SDG Summit pada September 2023, Prakerja juga memperoleh "Honourable Mention" Wenhui Award 2022-2023 dari UNESCO sebagai inovasi pendidikan yang terpuji. Kompetisi Wenhui Award tahun 2022- 2023 ini diikuti oleh 94 inovasi dari 25 negara se-Asia Pasifik. Penghargaan Ini merupakan prestasi pertama Indonesia sejak kompetisi ini diadakanpada tahun 2010.

“Prakerja terbukti adaptif, inklusif, cost effective, akuntabel dalam skala yang besar dan waktu yang pendek. Kunci keberhasilannya ada pada policy excellence, operational excellence, dan multi-stakeholder partnerships.” Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja – Denni Puspa Purbasari.

Selain penyerahan Laporan Tahun 2023, dalam acara ini juga digelar Diskusi Publik dengan narasumber Susiwijono Moegiarso, Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian selaku Sekretaris Komite Cipta Kerja, dan menteri-menteri sebelumnya, yaitu Sofyan Djalil - Menteri Agraria dan Tata Ruang, Menteri PPN/Kepala Bappenas, Menko Perekonomian, Menteri BUMN, dan Menteri Komunikasi dan Informatika, Bambang Brodjonegoro - Menteri Riset dan Teknologi, Menteri PPN/Kepala Bappenas serta Denni Puspa Purbasari sebagai Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Didimax raih sertifikat ISO/IEC 27001

Sabtu, 27 Juli 2024 - 15:40 WIB

Hadirkan Layanan Berkualitas, Didimax Raih Sertifikasi ISO Internasional

Komitmen Didimax Menjadi Platform Investasi Trading yang Aman membawanya untuk mendapatkan Sertifikasi ISO/IEC 27001.

Planet Print

Sabtu, 27 Juli 2024 - 14:01 WIB

Rainbow Cemerlang Mandiri Beri Edukasi Masyarakat Jadi Pelaku Usaha Printing dan Ciptakan Lapangan Kerja

Dengan makin meningkatnya industri textile dan baju kaos di indonesia tahun ke tahun, PLANET PRINT sebagai anak Perusahaan dari PT Rainbow Cemerlang Mandiri memberikan EDUKASI untuk masyarakat…

BRI insurance saat menerima penghargaan

Sabtu, 27 Juli 2024 - 12:56 WIB

BRI Insurance Sabet Tiga Penghargaan Sekaligus

BRI Insurance (BRINS) kembali berhasil menorehkan prestasinya dengan memboyong tiga penghargaan di acara 25th Insurance Award tahun 2024, dengan kategori sebagai The Excellent Performance General…

SEVP Digital Banking BSI Saut Parulian Saragih berbincang dan belanja bersama dengan anak-anak yatim didampingi perwakilan LAZ.

Sabtu, 27 Juli 2024 - 11:18 WIB

BSI Ajak 140 Anak Yatim Belanja, Ajarkan Literasi Transaksi Syariah

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) berkolaborasi dengan 7 (tujuh) Lembaga Amil Zakat (LAZ) menyelenggarakan acara Lebaran Anak Yatim untuk berbagi kebahagiaan berupa belanja bersama di Department…

Lokasi Bendungan Jlantah dan Jragung

Sabtu, 27 Juli 2024 - 10:32 WIB

Waskita Karya Ungkap Progres Bendungan Jlantah dan Jragung

Direktur Utama PT Waskita Karya (Persero) Tbk Muhammad hanugroho didampingi Direktur Operasi II Waskita Karya Dhetik Ariyanto mengunjungi lokasi pembangunan Bendungan Jlantah dan Jragung di…