Summarecon Bangun Fasilitas Pendidikan Terpadu di Ibukota Negara Nusantara

Oleh : Abraham Sihombing | Senin, 13 Mei 2024 - 15:03 WIB

Pembangunan gedung Sekolah Islam Al Azhar Summarecon di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. (Foto: Humas SMRA)
Pembangunan gedung Sekolah Islam Al Azhar Summarecon di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. (Foto: Humas SMRA)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - PT Summarecon Agung Tbk (SMRA), salah satu pengembang properti terkemuka di Indonesia, bekerjasama dengan Yayasan Pesantren Islam (YPI) Al Azhar, membangun sekolah terpadu bernafaskan Islami di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

 

Pembangunan gedung Sekolah Islam Al Azhar Summarecon IKN secara resmi akan dimulai melalui acara Peletakan Batu Pertama dan dihadiri oleh Presiden Joko Widodo, pada akhir Mei 2024 di area Sub Zona Sarana Pelayanan Umum (SPU) 1. 

 

Sekolah Islam Al Azhar Summarecon IKN akan dibangun di atas lahan seluas 2,9 hektar dan saat ini sedang dalam proses penerbitan SK Lahan oleh pihak Otorita Ibu Kota Negara (OIKN).

 

Sekolah tersebut menghadirkan jenjang pendidikan SD, SMP dan SMA. Sekolah ini juga akan menjadi bangunan modern berwawasan lingkungan yang akan dilengkapi dengan fasilitas olahraga, laboratorium dan gedung serbaguna.

 

Selain itu juga akan hadir Masjid Al Azhar Summarecon IKN sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari pendidikan Islam di Sekolah Islam Al Azhar Summarecon IKN dan juga dapat dimanfaatkan oleh masyarakat umum di IKN. 

 

Adrianto P. Adhi, Presiden Direktur SMRA, mengemukakan, Summarecon senantiasa mendukung program pemerintah. Kehadiran Sekolah Islam Al Azhar Summarecon menjadi wujud nyata kontribusi Summarecon bagi pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Selama lebih dari 48 tahun Summarecon berpengalaman mengembangkan kawasan terpadu di berbagai wilayah di Indonesia. Di setiap kawasan yang dikembangkan, fasilitas pendidikan menjadi salah satu pilar utama.

 

“Kehadiran Al Azhar Summarecon sebagai fasilitas pendidikan berkualitas di Ibu Kota Negara (IKN) diharapkan dapat bermanfaat bagi keluarga Aparatur Sipil Negara dan masyarakat umum untuk melahirkan generasi muda yang unggul,” ujar Adrianto.

 

Hadirnya Sekolah Islam Al Azhar di Summarecon tidak pernah lepas dari peran Yayasan Syiar Bangsa yang didirikan oleh Summarecon pada tahun 2012. Yayasan ini diinisiasi oleh Presiden Komisaris SMRA, Soetjipto Nagaria, yang memprakarsai kerjasama antara Summarecon dan Sekolah Islam Al Azhar.

 

Summarecon melalui Yayasan Syiar Bangsa memilih Sekolah Islam Al Azhar yang bernaung dibawah Yayasan Pesantren Islam (YPI) Al Azhar sebagai mitra dalam menghadirkan fasilitas pendidikan terpadu di kawasan Summarecon. Sekolah Islam Al Azhar dipilih dengan pertimbangan telah memiliki pengalaman dan kredibilitas selama 72 tahun, serta menjadi salah satu pelopor sekolah Islam modern pertama di Indonesia.


H. Edi Darnadi, Ketua Dewan Pembina Yayasan Syiar Bangsa mengungkapkan, Yayasan Syiar Bangsa yang berada dibawah naungan Summarecon mengemban amanah dalam membangun kerjasama dengan Yayasan Pesantren Islam (YPI) Al Azhar. Kerjasama ini telah menghasilkan fasilitas dan sistem pendidikan berkualitas di 4 kawasan yang dikembangkan oleh Summarecon.

 

“Pengalaman ini menjadi bekal yang akan kami terapkan di Sekolah Islam Al Azhar di IKN Nusantara. Hadirnya fasilitas pendidikan ini akan menjadi tonggak bersejarah dalam perjalanan kami dan akan membawa berkah serta manfaat yang luas bagi generasi muda Indonesia,” tutur Edi Darmadi.

 

Sementara itu, Ketua Umum Yayasan Pesantren Islam Al Azhar, Dr. Fuad Bawazier, MA., menjelaskan, YPI Al Azhar selama 72 tahun mampu bertahan dengan memberikan layanan pendidikan premium bagi seluruh masyarakat Indonesia. Kehadiran YPI Al Azhar di IKN dalam waktu beberapa tahun mendatang diharapkan dapat tumbuh dengan pesat sehingga berdampak positif bagi lingkungan sekitar.

 

“Dengan pengalaman yang dimiliki Al Azhar, insya Allah, akan memberikan kontribusi secara bersama-sama dengan lembaga pendidikan lain yang juga akan hadir di kawasan ini,” tambah Fuad. 

 

Hingga kini, kerjasama Yayasan Syiar Bangsa dan YPI Al Azhar telah memasuki tahun ke-12. Melalui kerjasama ini sebanyak empat sekolah Islam Al Azhar telah dikembangkan di perumahan Summarecon. Sebanyak 3.000 murid tersebar di Summarecon Bekasi yang memulai aktivitas pendidikan pada 2013, Summarecon Serpong pada 2018, Summarecon Bandung pada 2021 dan Summarecon Mutiara Makassar pada 2022. ***

Komentar Berita

Industri Hari Ini

SEVP Digital Banking BSI Saut Parulian Saragih berbincang dan belanja bersama dengan anak-anak yatim didampingi perwakilan LAZ.

Sabtu, 27 Juli 2024 - 11:18 WIB

BSI Ajak 140 Anak Yatim Belanja, Ajarkan Literasi Transaksi Syariah

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) berkolaborasi dengan 7 (tujuh) Lembaga Amil Zakat (LAZ) menyelenggarakan acara Lebaran Anak Yatim untuk berbagi kebahagiaan berupa belanja bersama di Department…

Lokasi Bendungan Jlantah dan Jragung

Sabtu, 27 Juli 2024 - 10:32 WIB

Waskita Karya Ungkap Progres Bendungan Jlantah dan Jragung

Direktur Utama PT Waskita Karya (Persero) Tbk Muhammad hanugroho didampingi Direktur Operasi II Waskita Karya Dhetik Ariyanto mengunjungi lokasi pembangunan Bendungan Jlantah dan Jragung di…

YBM BRILiaN telah memperoleh kembali izin operasional sebagai Lembaga Amil Zakat

Sabtu, 27 Juli 2024 - 09:44 WIB

Kemenag RI Menyerahkan SK Izin Operasional Sebagai Lembaga Amil Zakat Skala Nasional Kepada YBM BRILiaN

Yayasan Baitul Maal BRILiaN atau YBM BRILiaN telah memperoleh kembali izin operasional sebagai Lembaga Amil Zakat (LAZ) Skala Nasional berdasarkan Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia…

Direktur Utama Kideco, M. Kurnia Ariawan, bersama Direktur Eksekutif IBCWE, Clara Wita Krisanti, setelah menandatangani kerja sama antara Kideco dan IBCWE

Sabtu, 27 Juli 2024 - 09:10 WIB

Dirut Kideco: Perusahaan Tambang Harus Berikan Kesempatan yang Sama Terhadap Perempuan

Direktur Utama PT Kideco Jaya Agung (Kideco), Mohammad Kurnia Ariawan mengatakan, pekerjaan tambang, tidak lagi menjadi pekerjaan yang harus didominasi oleh laki-laki. Menurutnya, kini perusahaan…

Launching Mandiri Lippo Malls Card

Sabtu, 27 Juli 2024 - 08:18 WIB

Penuhi Kebutuhan Lifestyle, Bank Mandiri Luncurkan Mandiri Lippo Malls Card dan Solusi Valuta Asing

Bank Mandiri bersama Lippo Malls, anak perusahaan Lippo Group memperkuat kolaborasi dengan meluncurkan kartu kredit co-branding Mandiri Lippo Malls Card. Lewat inovasi ini, diharapkan dapat…