Summarecon Bangun Fasilitas Pendidikan Terpadu di Ibukota Negara Nusantara

Oleh : Abraham Sihombing | Senin, 13 Mei 2024 - 15:03 WIB

Pembangunan gedung Sekolah Islam Al Azhar Summarecon di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. (Foto: Humas SMRA)
Pembangunan gedung Sekolah Islam Al Azhar Summarecon di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. (Foto: Humas SMRA)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - PT Summarecon Agung Tbk (SMRA), salah satu pengembang properti terkemuka di Indonesia, bekerjasama dengan Yayasan Pesantren Islam (YPI) Al Azhar, membangun sekolah terpadu bernafaskan Islami di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

 

Pembangunan gedung Sekolah Islam Al Azhar Summarecon IKN secara resmi akan dimulai melalui acara Peletakan Batu Pertama dan dihadiri oleh Presiden Joko Widodo, pada akhir Mei 2024 di area Sub Zona Sarana Pelayanan Umum (SPU) 1. 

 

Sekolah Islam Al Azhar Summarecon IKN akan dibangun di atas lahan seluas 2,9 hektar dan saat ini sedang dalam proses penerbitan SK Lahan oleh pihak Otorita Ibu Kota Negara (OIKN).

 

Sekolah tersebut menghadirkan jenjang pendidikan SD, SMP dan SMA. Sekolah ini juga akan menjadi bangunan modern berwawasan lingkungan yang akan dilengkapi dengan fasilitas olahraga, laboratorium dan gedung serbaguna.

 

Selain itu juga akan hadir Masjid Al Azhar Summarecon IKN sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari pendidikan Islam di Sekolah Islam Al Azhar Summarecon IKN dan juga dapat dimanfaatkan oleh masyarakat umum di IKN. 

 

Adrianto P. Adhi, Presiden Direktur SMRA, mengemukakan, Summarecon senantiasa mendukung program pemerintah. Kehadiran Sekolah Islam Al Azhar Summarecon menjadi wujud nyata kontribusi Summarecon bagi pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Selama lebih dari 48 tahun Summarecon berpengalaman mengembangkan kawasan terpadu di berbagai wilayah di Indonesia. Di setiap kawasan yang dikembangkan, fasilitas pendidikan menjadi salah satu pilar utama.

 

“Kehadiran Al Azhar Summarecon sebagai fasilitas pendidikan berkualitas di Ibu Kota Negara (IKN) diharapkan dapat bermanfaat bagi keluarga Aparatur Sipil Negara dan masyarakat umum untuk melahirkan generasi muda yang unggul,” ujar Adrianto.

 

Hadirnya Sekolah Islam Al Azhar di Summarecon tidak pernah lepas dari peran Yayasan Syiar Bangsa yang didirikan oleh Summarecon pada tahun 2012. Yayasan ini diinisiasi oleh Presiden Komisaris SMRA, Soetjipto Nagaria, yang memprakarsai kerjasama antara Summarecon dan Sekolah Islam Al Azhar.

 

Summarecon melalui Yayasan Syiar Bangsa memilih Sekolah Islam Al Azhar yang bernaung dibawah Yayasan Pesantren Islam (YPI) Al Azhar sebagai mitra dalam menghadirkan fasilitas pendidikan terpadu di kawasan Summarecon. Sekolah Islam Al Azhar dipilih dengan pertimbangan telah memiliki pengalaman dan kredibilitas selama 72 tahun, serta menjadi salah satu pelopor sekolah Islam modern pertama di Indonesia.


H. Edi Darnadi, Ketua Dewan Pembina Yayasan Syiar Bangsa mengungkapkan, Yayasan Syiar Bangsa yang berada dibawah naungan Summarecon mengemban amanah dalam membangun kerjasama dengan Yayasan Pesantren Islam (YPI) Al Azhar. Kerjasama ini telah menghasilkan fasilitas dan sistem pendidikan berkualitas di 4 kawasan yang dikembangkan oleh Summarecon.

 

“Pengalaman ini menjadi bekal yang akan kami terapkan di Sekolah Islam Al Azhar di IKN Nusantara. Hadirnya fasilitas pendidikan ini akan menjadi tonggak bersejarah dalam perjalanan kami dan akan membawa berkah serta manfaat yang luas bagi generasi muda Indonesia,” tutur Edi Darmadi.

 

Sementara itu, Ketua Umum Yayasan Pesantren Islam Al Azhar, Dr. Fuad Bawazier, MA., menjelaskan, YPI Al Azhar selama 72 tahun mampu bertahan dengan memberikan layanan pendidikan premium bagi seluruh masyarakat Indonesia. Kehadiran YPI Al Azhar di IKN dalam waktu beberapa tahun mendatang diharapkan dapat tumbuh dengan pesat sehingga berdampak positif bagi lingkungan sekitar.

 

“Dengan pengalaman yang dimiliki Al Azhar, insya Allah, akan memberikan kontribusi secara bersama-sama dengan lembaga pendidikan lain yang juga akan hadir di kawasan ini,” tambah Fuad. 

 

Hingga kini, kerjasama Yayasan Syiar Bangsa dan YPI Al Azhar telah memasuki tahun ke-12. Melalui kerjasama ini sebanyak empat sekolah Islam Al Azhar telah dikembangkan di perumahan Summarecon. Sebanyak 3.000 murid tersebar di Summarecon Bekasi yang memulai aktivitas pendidikan pada 2013, Summarecon Serpong pada 2018, Summarecon Bandung pada 2021 dan Summarecon Mutiara Makassar pada 2022. ***

Komentar Berita

Industri Hari Ini

(kiri-kanan). Penandatangan kerjasama dilakukan oleh Direktur Sales and Distribution BSI Anton Sukarna (dua dari kiri), Direktur Sales PT Telekomunikasi Selular Adiwinahyu Basuki Sigit, Direktur PT Pertamedika Bali Hospital Mochamad Sonny Irawan, Direktur PT Adi Sarana Armada Tbk dan PT Adi Sarana Transportasi Jerry Fandy Tunjungan (paling kanan)

Jumat, 21 Juni 2024 - 23:36 WIB

Perkuat Ekosistem Halal, BSI Gandeng Mitra Strategis

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) terus menunjukkan komitmennya dalam memajukan ekosistem halal di Indonesia.

Dari ki-ka: Vice Grand Sheikh of University Al Azhar Cairo Mesir HE. Prof. Dr. Mohammed Abdel Rahman Al-Duweiny, Direktur Utama BSI Hery Gunardi, Komisaris Utama BSI Muliaman D. Hadad, dan Direktur Eksekutif BSI Maslahat Sukoriyanto Saputro saat setelah Seminar International "Collaborative Framework for Holistic Islamic Ecosystem" pada gelaran BSI International Expo di JCC Senayan Jakarta

Jumat, 21 Juni 2024 - 23:17 WIB

BSI dan Al-Azhar Mesir Satukan Visi untuk Ekosistem Islam yang Berkelanjutan di BSI International Expo

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) menunjukkan komitmen yang kuat terhadap pengembangan ekosistem Islam di sektor pendidikan melalui kolaborasi strategis dengan Al-Azhar Cairo Mesir.

Membaca nyaring untuk bangun kegemaran anak sejak dini.

Jumat, 21 Juni 2024 - 22:44 WIB

Bangun Kegemaran Membaca Anak Sejak Dini Dengan Membaca Nyaring

Orang tua sebagai model pertama bagi anak-anak dapat mendorong mereka untuk membaca dengan cara yang menyenangkan dan membangun minat terhadap literasi sejak dini lewat membaca nyaring.

BRI masuk 500 perusahaan terbesar di Asia Tenggara yang dinilai berdasarkan revenue, profit dan aset.

Jumat, 21 Juni 2024 - 22:23 WIB

Kembali Torehkan Prestasi Elite, BRI Jadi Institusi Keuangan No.1 di Indonesia dan Peringkat 4 di Asia Tenggara Dalam Daftar Fortune Southeast Asia 500

Media ekonomi terkemuka dunia, Fortune pada hari Selasa (18/06) mengumumkan daftar Fortune Southeast Asia 500 untuk pertama kalinya. Daftar ini berisikan 500 perusahaan terbesar di Asia Tenggara…

Panandatanganan MoU Sarana Jaya dengan KONI

Jumat, 21 Juni 2024 - 19:15 WIB

Sarana Jaya - KONI Teken MoU Dukung Para Atlet Menuju PON XXI/2024 Aceh - Sumut

Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) bersama Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Pembangunan Sarana Jaya resmi menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) tentang perekrutan atlet berprestasi peraih…