Peringati Hari Kartini, IFG Life Dukung Peran Strategis Perempuan Indonesia

Oleh : Herry Barus | Minggu, 21 April 2024 - 14:14 WIB

IFG Life
IFG Life

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Perempuan memegang peran penting dalam kehidupan sosial masyarakat dan ekonomi. Peran ganda perempuan di lingkungan pekerjaan, komunitas, juga keluarga menuntut perempuan untuk mampu multitasking atau bisa melakukan banyak hal sekaligus. Oleh karena itu, perempuan perlu lebih sadar terhadap pentingnya proteksi diri dankesehatannya.

Hal itu dikemukakan oleh Eli Wijanti, Direktur Manajemen Risiko dan Kepatuhan merangkapPlt. Direktur Utama PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life), menyambut peringatan Hari Kartini yangjatuh pada 21 April 2024.

Eli mengatakan, kini Indonesia dapat menyaksikan para perempuan dapat berperan danmengembangkan potensi sesuai dengan pilihannya sendiri. Hal ini tidak terlepas dari cita-cita R. A. Kartini, seorang aktivis perempuan kelahiran Jepara, 21 April 1879, yang aktif memperjuangkan kemerdekaan dan kesetaraan perempuan di tengah dominasi budaya patriarki yang kental ketika itu.

“Hari Kartini menjadi momen untuk menghargai peran serta kontribusi perempuan dalam pembangunan bangsa, juga untuk mendorong pencapaian para perempuan di berbagai bidang. Kartini merupakan tokoh progresif pada zamannya, berani memperjuangkan harkatdan martabat perempuan agar bisa mendapatkan hak dan perlakuan yang sama dengan lakilaki. Hingga kini, sosok dan perannya tetap relevan untuk menjadi panutan,” ujar Eli dalam keterangan resmi, Minggu (21/04/2024)

Dia menegaskan, peran perempuan Indonesia saat ini semakin luas dan berkembang.

Meskipun tetap ada sejumlah tantangan yang harus dihadapi, termasuk tantangan stereotype gender, namun kesetaraan di dunia kerja sudah semakin terasa. Kita tidak saja lebih mudah menemukan perempuan yang mampu berkompetisi di sector usaha, pekerjaan formal dan profesional, bahkan hingga ke jajaran top management. Kita juga semakin mudah menyaksikan perempuan yang mampu berpartisipasi aktif di lingkungan masyarakat melalui aktivitas organisasi dan sosial, dengan tetap menjalankan peran utama mereka di keluarga atau rumah tangga.

Di IFG Life, misalnya, sekitar 40% pegawainya merupakan perempuan. Sebanyak 15 orang di antaranya bahkan telah menjadi leaders dan dua orang merupakan direktur yang memegang peran strategis di perusahaan. Eli pun meyakini, peran perempuan di industri asuransi ke depannya akan semakin berkembang seiring dengan sifat alami perempuan yang inklusif dan kolaboratif.

“Banyaknya peran yang disematkan kepada para perempuan Indonesia, baik di bidang karir profesional, organisasi, sosial, juga rumah tangga, membuat kita sebagai perempuan harus mampu multitasking. Namun, terkadang kita masih kurang aware betapa pentingnya melindungi diri kita dan kesehatan kita,” papar Eli yang merupakan salah satu srikandi yang menjadi nakhoda perusahaan asuransi nasional ini.

Dia melanjutkan, dengan tingginya tuntutan kemampuan multitasking di era modern, perempuan harus memiliki kesehatan fisik dan psikis yang prima. Usia yang terus bertambah dan kondisi fisik yang dapat berubah seiring dengan perjalanan waktu juga telah menjadi tantangan tersendiri bagi perempuan untuk senantiasa menjaga kondisinya agar dapat terus berperan. Ada risiko penurunan kesehatan, risiko kecelakaan, hingga risiko tutup usia yang

perlu diantisipasi sejak dini. Kehadiran asuransi, menurut Eli, dapat memberikan kenyamanan dan ketenteraman terhadap proteksi perempuan sehingga dapat lebih fokus menjalankan peran yang tersemat padanya.

“Asuransi berfungsi memberikan perlindungan, utamanya perlindungan finansial, terhadap berbagai potensi risiko di masa depan. Membekali diri dengan asuransi, berarti kita sebagai perempuan telah selangkah lebih peduli untuk melindungi diri kita sendiri juga keluarga yang kita cintai dari berbagai risiko yang dapat terjadi di masa depan,” paparnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Mobil listrik

Sabtu, 18 Mei 2024 - 17:57 WIB

Strategi Marketing Dalam Penjualan Kendaraan Listrik atau EV

Dunia transportasi tengah mengalami transformasi besar dengan kemunculan kendaraan listrik (EV) sebagai pemain utama. Hal ini menandakan pergeseran menuju era baru dalam mobilitas manusia, di…

Prescon HI Drone Dragrace 2 di PIK 2

Sabtu, 18 Mei 2024 - 16:27 WIB

HOGERS Indonesia Gelar Balapan Motor Besar Harley Davidson

HOGERS Indonesia menggelar lomba balapan dan ketangkasan motor Harley terbesar di Indonesia. Event berskala Nasional buatan HOGERS Indonesia Drag Race of National Event 2 (HIDRONE2) ini dilaksanakan…

Implementasi IoT untuk pertanian

Sabtu, 18 Mei 2024 - 15:02 WIB

Jadi Mitra Kemkominfo, MSMB Implementasi Sistem Pintar Berbasis IoT untuk 7 Green House di Temanggung

PT Mitra Sejahtera Membangun Bangsa (MSMB), start up agritech dari Sleman, Yogyakarta, baru-baru ini menjadi mitra layanan implementasi teknologi berbasis IoT (Internet of Things) Kementerian…

Direktur Utama Telkomsat, Lukman Hakim Abd. Rauf

Sabtu, 18 Mei 2024 - 14:37 WIB

Telkomsat dan Starlink Tandatangani Kerja Sama Layanan Segmen Enterprise di Indonesia

Telkomsat dan Starlink melakukan Penandatanganan Kerja Sama (PKS) untuk layanan segmen enterprise berbagai wilayah di Indonesia.

SUPER AIR JET Buka Rute Baru

Sabtu, 18 Mei 2024 - 13:39 WIB

Dukung IKN, SUPER AIR JET Buka Rute Baru!

SUPER AIR JET mulai 6 Juni 2024 perkenalkan penerbangan non-stop pertama dari Bandar Udara Dhoho, Kediri, Jawa Timur ke Bandar Udara Internasional SAMS Sepinggan Balikpapan, Kalimantan Timur,…