Menperin Agus Bicara 'Blak-blakan' Soal Investasi Apple di Indonesia

Oleh : Ridwan | Jumat, 19 April 2024 - 09:55 WIB

Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita
Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Indonesia tengah mendorong komitmen investasi dari Apple Inc. untuk menanamkan investasi di Tanah Air. 

Hal ini menindaklanjuti pertemuan CEO Apple Inc. Tim Cook dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka pada Rabu (17/4).

Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita yang turut hadir mendampingi Presiden Jokowi menyebut bahwa salah satu fokus yang ingin didorong oleh pemeirntah adalah menciptakan nilai tambah. Khususnya, dalam rangka mendorong tingkat komponen dalam negeri (TKDN) pada produk-produk Apple di Indonesia.

"Kepentingan dari Indonesia tetap adalah menciptakan nilai tambahnya di Indonesia. Banyak cara untuk menghitung atau menciptakan nilai tambah banyak cara untuk menghitung TKDN," terang Menperin Agus.

Dikatakan Menperin, pemerintah telah lama berkomunikasi dengan Apple terkait rencana penanaman modal tersebut. Dirinya pun berharap investasi Apple di Tanah Air dapat segera terwujud.

"Ya, mudah-mudahan. Kalau sama Apple kan kita sudah bicara, sudah cukup lama kita bicara, ada kebijakan, ini saya tidak mengatakan kebijakan khusus ya, tapi ada kebijakan yang kita keluarkan untuk Apple," kata Agus.

Menperin Agus menyampaikan bahwa dalam pendekatan investasinya, perusahaan yang dinahkodai oleh Cook itu memiliki cara yang unik dalam memenuhi TKDN di Indonesia, yaitu melalui investasi dengan komitmen membuat akademi pengembang (developer) di Indonesia.

"TKDN Itu berdasarkan investasi dan investasi mereka itu adalah di dalam membangun infrastruktur pendidikan bagi calon-calon pengembang namanya, Apple Developer Academy," ucapnya.

Bahkan, lanjut Menperin Agus, komitmen Apple adalah membangun empat akademi pengembang di Indonesia. Adapun, saat ini terdapat 3 akademi yang telah berdiri, yaitu di Batam, Tangerang Selatan, Surabaya. Terakhir, proyek selanjutnya akan berdiri di Bali dengan total investasi mencapai Rp1,6 triliun.

"Nah, itu nilai total investasinya sekitar Rp1,6 triliun dari keempat kota nanti dari 3+1 nanti di Bali dan tentu nanti ke depannya kami juga ingin bersama-sama dengan Kemkominfo kami akan dalam tanda petik meminta apple untuk membangun Apple Development Academy lainnya," katanya. 

Selain itu, Menperin Agus melanjutkan bahwa langkah mendorong investasi masih belum berhenti, sebab pemerintah akan melobi Tim Cook untuk membangun Apple Developer Academy di tempat lain, termasuk kawasan Timur dan juga di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur.

"Kami mau mengarahkan mungkin di timur satu, di Makassar dan di IKN ya untuk Apple Developer Academy. Nah, itu cara-cara menghitung TKDN yang mungkin kita tidak boleh kaku, tapi investasi masuk," tutup Menperin Agus.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dok. Kemenperin

Kamis, 02 Mei 2024 - 12:16 WIB

Kemenperin: Standar Industri Hijau Wujudkan Pembangunan Berkelanjutan

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus berupaya untuk meningkatkan daya saing industri manufaktur yang menerapkan prinsip berkelanjutan. Salah satu upayanya adalah melalui kebijakan industri…

Andi Rizaldi, Kepala Badan Standardisasi dan Kebijakan Jasa Industri (BSKJI) Kemenperin.

Kamis, 02 Mei 2024 - 12:15 WIB

Kemenperin: Standar Industri Hijau Wujudkan Pembangunan Berkelanjutan

Kementerian Perindustrian terus berupaya untuk meningkatkan daya saing industri manufaktur yang menerapkan prinsip berkelanjutan. Salah satu upayanya adalah melalui kebijakan industri hijau…

Ninja Xpress

Kamis, 02 Mei 2024 - 11:24 WIB

Kode Promo dalam Pemasaran: Memahami Manfaatnya dan Mengoptimalkan Penggunaannya ala Ninja Xpress

Kode promo telah menjadi salah satu strategi pemasaran yang paling populer dan efektif dalam industri ritel modern. Dengan kode promo, konsumen dapat menikmati diskon, penawaran khusus, atau…

Pendampingan Teknologi Bagi IKM Alas Kaki

Kamis, 02 Mei 2024 - 10:18 WIB

Kemenperin Pacu Pengembangan IKM Alas Kaki Lewat Pendampingan Teknologi

Industri alas kaki nasional, khususnya skala kecil dan menengah, semakin tumbuh dan berkembang. Ini terlihat dari bermunculannya berbagai jenama (brand) lokal yang memiliki kualitas dan desain…

Ilustrasi pembiayaan BNI ke PLTB Sidrap

Kamis, 02 Mei 2024 - 10:18 WIB

BNI Danai Akuisisi PLTB Sidrap oleh Barito Group

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI menunjukkan komitmennya dalam mendukung transisi energi hijau dengan mendanai akuisisi Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) Sidrap berkapasitas…