Menperin Agus Bicara 'Blak-blakan' Soal Investasi Apple di Indonesia

Oleh : Ridwan | Jumat, 19 April 2024 - 09:55 WIB

Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita
Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Indonesia tengah mendorong komitmen investasi dari Apple Inc. untuk menanamkan investasi di Tanah Air. 

Hal ini menindaklanjuti pertemuan CEO Apple Inc. Tim Cook dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka pada Rabu (17/4).

Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita yang turut hadir mendampingi Presiden Jokowi menyebut bahwa salah satu fokus yang ingin didorong oleh pemeirntah adalah menciptakan nilai tambah. Khususnya, dalam rangka mendorong tingkat komponen dalam negeri (TKDN) pada produk-produk Apple di Indonesia.

"Kepentingan dari Indonesia tetap adalah menciptakan nilai tambahnya di Indonesia. Banyak cara untuk menghitung atau menciptakan nilai tambah banyak cara untuk menghitung TKDN," terang Menperin Agus.

Dikatakan Menperin, pemerintah telah lama berkomunikasi dengan Apple terkait rencana penanaman modal tersebut. Dirinya pun berharap investasi Apple di Tanah Air dapat segera terwujud.

"Ya, mudah-mudahan. Kalau sama Apple kan kita sudah bicara, sudah cukup lama kita bicara, ada kebijakan, ini saya tidak mengatakan kebijakan khusus ya, tapi ada kebijakan yang kita keluarkan untuk Apple," kata Agus.

Menperin Agus menyampaikan bahwa dalam pendekatan investasinya, perusahaan yang dinahkodai oleh Cook itu memiliki cara yang unik dalam memenuhi TKDN di Indonesia, yaitu melalui investasi dengan komitmen membuat akademi pengembang (developer) di Indonesia.

"TKDN Itu berdasarkan investasi dan investasi mereka itu adalah di dalam membangun infrastruktur pendidikan bagi calon-calon pengembang namanya, Apple Developer Academy," ucapnya.

Bahkan, lanjut Menperin Agus, komitmen Apple adalah membangun empat akademi pengembang di Indonesia. Adapun, saat ini terdapat 3 akademi yang telah berdiri, yaitu di Batam, Tangerang Selatan, Surabaya. Terakhir, proyek selanjutnya akan berdiri di Bali dengan total investasi mencapai Rp1,6 triliun.

"Nah, itu nilai total investasinya sekitar Rp1,6 triliun dari keempat kota nanti dari 3+1 nanti di Bali dan tentu nanti ke depannya kami juga ingin bersama-sama dengan Kemkominfo kami akan dalam tanda petik meminta apple untuk membangun Apple Development Academy lainnya," katanya. 

Selain itu, Menperin Agus melanjutkan bahwa langkah mendorong investasi masih belum berhenti, sebab pemerintah akan melobi Tim Cook untuk membangun Apple Developer Academy di tempat lain, termasuk kawasan Timur dan juga di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur.

"Kami mau mengarahkan mungkin di timur satu, di Makassar dan di IKN ya untuk Apple Developer Academy. Nah, itu cara-cara menghitung TKDN yang mungkin kita tidak boleh kaku, tapi investasi masuk," tutup Menperin Agus.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Mobil listrik

Sabtu, 18 Mei 2024 - 17:57 WIB

Strategi Marketing Dalam Penjualan Kendaraan Listrik atau EV

Dunia transportasi tengah mengalami transformasi besar dengan kemunculan kendaraan listrik (EV) sebagai pemain utama. Hal ini menandakan pergeseran menuju era baru dalam mobilitas manusia, di…

Prescon HI Drone Dragrace 2 di PIK 2

Sabtu, 18 Mei 2024 - 16:27 WIB

HOGERS Indonesia Gelar Balapan Motor Besar Harley Davidson

HOGERS Indonesia menggelar lomba balapan dan ketangkasan motor Harley terbesar di Indonesia. Event berskala Nasional buatan HOGERS Indonesia Drag Race of National Event 2 (HIDRONE2) ini dilaksanakan…

Implementasi IoT untuk pertanian

Sabtu, 18 Mei 2024 - 15:02 WIB

Jadi Mitra Kemkominfo, MSMB Implementasi Sistem Pintar Berbasis IoT untuk 7 Green House di Temanggung

PT Mitra Sejahtera Membangun Bangsa (MSMB), start up agritech dari Sleman, Yogyakarta, baru-baru ini menjadi mitra layanan implementasi teknologi berbasis IoT (Internet of Things) Kementerian…

Direktur Utama Telkomsat, Lukman Hakim Abd. Rauf

Sabtu, 18 Mei 2024 - 14:37 WIB

Telkomsat dan Starlink Tandatangani Kerja Sama Layanan Segmen Enterprise di Indonesia

Telkomsat dan Starlink melakukan Penandatanganan Kerja Sama (PKS) untuk layanan segmen enterprise berbagai wilayah di Indonesia.

SUPER AIR JET Buka Rute Baru

Sabtu, 18 Mei 2024 - 13:39 WIB

Dukung IKN, SUPER AIR JET Buka Rute Baru!

SUPER AIR JET mulai 6 Juni 2024 perkenalkan penerbangan non-stop pertama dari Bandar Udara Dhoho, Kediri, Jawa Timur ke Bandar Udara Internasional SAMS Sepinggan Balikpapan, Kalimantan Timur,…