Jadi Pilihan Youtuber Korea Mukbang, Langkah Awal Sambal Bakar Indonesia Go Internasional

Oleh : Hariyanto | Jumat, 29 Maret 2024 - 18:42 WIB

Tzuyang
Tzuyang

INDUSTRY.co.id - Jakarta - YouTuber cantik asal Korea Selatan, Tzuyang, kembali melakukan aksi mukbang yang membuat heboh jagad dunia maya. Kali ini, perempuan berusia 26 tahun tersebut mukbang 28 menu di Sambal Bakar Indonesia. 

Tzuyang merupakan seorang konten kreator yang memiliki pengikut lebih dari 9,5 juta di YouTube. Dia kerap membuat video-video mukbang di chanel YouTube miliknya. 

Mukbang berasal dari bahasa Korea. Arti mukbang adalah portmanteau dari kata-kata Korea untuk meongneun yang artinya makan dan bangsong yang artinya siaran. Secara umum, arti mukbang adalah aktivitas makan yang disiarkan. 

Tzuyang acap kali melakukan aksi mukbang di negara asalnya, Korea Selatan. Meski memiliki tubuh yang mungil, Tzuyang secara mengejutkan mampu menghabiskan makanan dalam porsi yang besar. 

Setelah mengeksplorasi beragam makanan di Korea, dia mengunjungi Indonesia. Satu di antara tempat yang didatangi Tzuyang untuk membuat konten mukbang adalah Sambal Bakar Indonesia. 

Dalam video yang diunggah di akun YouTube miliknya, Tzuyang memesan hingga 28 menu makanan dan minuman. Beberapa menu yang dipesan olehnya adalah Soto Betawi, Soto Lamongan, Sambak Ayam, Sambak Bebek, Sambak Cumi Asin, Sambak Iga, Sambak Kikil, Sambak Kulit Ayam, Sambak Paru, Sambak Telur Barendo, serta tiga jenis minuman. 

"Hai semuanya, hari ini adalah hari ke-4 di Indonesia di Jakarta. Ada resto yang bernama Sambal Bakar. Restoran bernama Sambal Bakar ini terkenal sekali. Katanya di Indonesia juga ada banyak cabangnya," kata Tzuyang di video tersebut. 

Banyaknya menu makananan yang dipesan Tzuyang membuat pengunjung Sambal Bakar Indonesia terheran-heran. Sebab, Tzuyang memiliki tubuh yang kecil tetapi menyantap makanan dengan porsi yang banyak. 

Dia pun sangat menikmati makanan yang disajikan. Tzuyang kerap mengucapkan "Nyammm.. Enak sekali" setiap kali menyantap makanan yang ada di atas meja, serta mengangkat dua jempolnya sebagai tanda menyukai makanan tersebut. 

"Enak-enak, sangat enak," kata Tzuyang setelah menghabiskan ke-28 menu Sambal Bakar yang dipesannya. 

Renaldo Akhira Ruslan selaku Director Of Marekting & Branding Sambal Bakar Indonesia mengaku senang dengan kehadiran Tzuyang di salah satu restorannya. Renal menyebut kehadiran sang YouTuber semakin membuat Sambal Bakar Indonesia semakin dikenal masyarakat luas, baik di Indonesia maupun luar negeri. 

Pasalnya, kehadiran Tzuyang ini bukan merupakan kerjasama endorsement dengan Management Tzuyang, melainkan Tzuyang sendiri yg memilih Sambal Bakar Indonesia sebagai makanan representatif masyarakat Indonesia.  

“Kami melihat dengan semakin banyaknya Content Creator luar yang meminati kuliner khas Indonesia, maka ini akan berdampak sangat positif tidak hanya bagi brand Sambal Bakar Indonesia tapi juga untuk pelaku usaha kuliner yg lain. Artinya, kekayaan cita rasa makanan Indonesia dapat diterima tidak hanya bagi masyarakat Indonesia, namun juga mancanegara,” kata Renaldo.

“Dari sisi penjualan tentu sangat berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen. Karena, orang Korea saja bangga dengan kekayaan cita rasa masakan Indonesia apalagi masyarakat Indonesia itu sendiri,” tambahnya.

Renal mengatakan, moment ini menjadi titik dimana makanan dan Brand asal Indonesia dapat naik kelas, bukan cuman di kancah Nasional namun juga Internasional. Ini menandakan cita rasa dan budaya makanan Indonesia dapat diminati oleh turis - turis asing. 

Renal juga membuka pintu selebar-lebarnya bagi para YouTuber dan konten kreator untuk melakukan mukbang di Sambal Bakar Indonesia. Mereka pun siap melakukan inovasi agar restoran yang sudah memiliki 22 outlet tersebut semakin berkembang sehingg target menambah sekitar 20 hingga 25 gerai lagi dapat segera terwujud.

“Saat ini kami masih terus fokus untuk meningkatkan kepuasan pelanggan masyarakat Indonesia. Kami perlu hadir dan semakin dekat untuk masyarakat Indonesia,” ucapnya.

“Suatu saat bukan tidak mungkin, kami dapat melayani dan membawa nama baik Indonesia melalui kuliner di kancah Internasional melalui brand Sambal Bakar Indonesia,” harap Renaldo.

Hingga kini, video mukbang Tzuyang di Sambal Bakar Indonesia nyaris menyentuh angka 3 juta penonton, dan disukai hingga 100 ribu lebih akun. Selain itu, video tersebut juga menjadi satu di antara video trending di YouTube Indonesia.

“Bagi kami slogan ‘Sambakin Aja Yang Pasti’ bukan hanya sebuah slogan, tetapi sebagai komitmen untuk terus memberikan pelayanan maksimal bagi masyarakat Indonesia,” pungkasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Marketing Innovation (Ilustrasi)

Minggu, 19 Mei 2024 - 22:10 WIB

Innovation in Marketing Strategies That You Need to do!

In an era that continues to develop rapidly, it is important for us to always follow developments in trends to find effective marketing strategies. An effective marketing strategy must be dynamic…

Industri kesehatan

Minggu, 19 Mei 2024 - 21:35 WIB

Strategic Development of Health-Related Assistance Services in Post-Covid-19 Indonesia using PESTLE Analysis

The Covid-19 pandemic has dramatically reshaped the global healthcare landscape, highlighting both vulnerabilities and opportunities within health-related services. As Indonesia emerges from…

Meriahkan HUT Jakarta, PJ Gubernur Ajak Masyarakat Meriahkan BTN Jakim 2024

Minggu, 19 Mei 2024 - 18:35 WIB

Meriahkan HUT Jakarta, PJ Gubernur Ajak Masyarakat Meriahkan BTN Jakim 2024

Jakarta–Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Jakarta ke-497, Pemerintah Provinsi (Pemrov) DKI Jakarta bekerjasama dengan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BTN) akan menyelenggarakan…

Wahdah Islamiah dukung Palestina merdeka

Minggu, 19 Mei 2024 - 18:24 WIB

Wahdah Islamiyah Kecam Israel atas Genosida Rakyat Palestina

Ormas Islam Wahdah Islamiyah ikut mengecam penjajahan dan genosida yang dilakukan zionis Israel di Gaza Palestina, yang kini telah memasuki hari ke 225 sejak oktober 2023 yang lalu.

Emak emak aksi palestina

Minggu, 19 Mei 2024 - 15:10 WIB

Emak-Emak Ikut Aksi Bela Palestina di Kedubes Amerika Serikat

Aksi Damai didepan kedubes Amerika Serikat, dan di rumah Dubes Mesir, dari pagi hingga siang hari, diikuti sejumlah Kekuatan Masa dari berbagai Wilayah Jakarta dan sekitarnya. Nampak yang turut…