Visa Foundation Bantu Tingkatkan Lebih Dari Empat Juta UKM

Oleh : Herry Barus | Senin, 25 Maret 2024 - 14:14 WIB

Visa Foundation Bantu Tingkatkan Lebih Dari Empat Juta UKM
Visa Foundation Bantu Tingkatkan Lebih Dari Empat Juta UKM

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Visa Foundation merilis Impact Report perdana, yang merekam kegiatan hibah dan investasi berdampak selama enam tahun sejak berdirinya. Sebagai yayasan korporat Visa, Visa Foundation bermitra dengan organisasi lokal untuk berinvestasi pada usaha kecil dan mikro (UKM) yang sebagian besar dimiliki oleh perempuan, menciptakan dampak positif bagi para wirausahawan dan karyawan mereka, serta pelanggan dan komunitas yang mereka layani.

Berdasarkan laporan tersebut, Visa Foundation memberikan dampak positif bagi para penerima bantuan dan investasi. Visa Foundation telah mendukung lebih dari empat juta UKM di 60 negara, mendukung penciptaan lebih dari satu juta lapangan kerja, dan memberikan modal usaha hingga US$2 miliar untuk masyarakat setempat di seluruh dunia, yang menegaskan kembali tujuan Yayasan untuk meningkatkan kehidupan semua orang, di mana saja, melalui kekuatan mobilitas ekonomi.

UKM merupakan tulang punggung ekonomi lokal. Mereka mendorong inovasi, menciptakan lapangan kerja, dan mendorong mobilitas ke atas. Namun, sebanyak 67% UKM di seluruh dunia masih berjuang untuk bertahan hidup dan 80% UKM milik perempuan di Indonesia masih belum dapat memenuhi kebutuhan pembiayaannya. Visa Foundation memajukan inklusi keuangan dengan memberikan edukasi seputar literasi digital dan keuangan, serta pembiayaan yang menjadi katalisator bagi pemilik UKM dengan berinvestasi kepada pelaku usaha perempuan.

Di Indonesia, Visa Foundation sejauh ini telah berinvestasi sekitar US$4 juta, dan melalui jaringan pemerima bantuannya, menjangkau lebih dari 900.000 usaha kecil dan mendukung sekitar 100.000 lapangan kerja, selaras dengan visinya untuk mendorong perubahan yang berkelanjutan dan meningkatkan ketahanan ekonomi masyarakat. Selain dukungan bagi UKM, Visa Foundation juga secara aktif mendukung upaya bantuan bencana, misalnya melalui pemberian hibah kepada Mercy Corps untuk membantu korban Gempa Bumi dan Tsunami Sulawesi pada tahun 2023.

"Sebagai yayasan korporat Visa, kami turut menjalankan misi global untuk meningkatkan kehidupan semua orang, di mana pun, dan menggunakan jangkauan global kami untuk memungkinkan individu, bisnis, dan ekonomi berkembang," ujar Graham Macmillan, Presiden Visa Foundation. "Kami sangat senang berada di Jakarta untuk terus bekerja sama dengan mitra lokal di lapangan dan memprioritaskan UKM milik perempuan yang kurang terlayani. Bersama-sama, kami akan terus berinvestasi ke dalam masyarakat, mendorong perubahan positif, dan memastikan masa depan yang lebih setara bagi semua."

Riko Abdurrahman, Presiden Direktur Visa Indonesia mengatakan, "Kami merasa terhormat dapat menjadi tuan rumah bagi Visa Foundation, para mitra dan penerima bantuan, serta para tamu kami di Indonesia belum lama ini, dalam sebuah sesi khusus untuk berbagi inisiatif dan gagasan berdampak sosial yang dapat memajukan misi bersama kami untuk meningkatkan kehidupan semua orang, di mana pun. Fokus kami dalam memberdayakan UKM, terutama yang dipimpin oleh perempuan, telah menjadi salah satu prioritas kami dalam beberapa tahun terakhir ini.Dalam rangka Hari Perempuan Internasional bulan ini, kami berharap untuk dapat memperluas program-program terkait di Indonesia, dengan bekerja sama dengan semua pemangku kepentingan untuk memastikan kami dapat terus mendukung perempuan pelaku bisnis, dan berinvestasi dalam pemberdayaan yang berkesinambungan."

Komitmen Visa Foundation yang berkelanjutan menegaskan dedikasinya dalam membangun ekonomi inklusif dan mendorong perubahan transformatif di Indonesia dan dunia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Inovasi Pharmacademy dari Sanofi berdayakan apoteker lewat platform PharmAcademy.

Sabtu, 25 Mei 2024 - 21:42 WIB

Setahun Pharmacademy, Kuatkan Kompetensi 2.750 Apoteker di Indonesia

Inovasi Pharmacademy dari Sanofi hadirkan platform PharmAcademy yang telah menguatkan Kompetensi 2.750 Apoteker di Indonesia.

BNI Agen46

Sabtu, 25 Mei 2024 - 21:38 WIB

BNI Agen46 Bidik Seratus Ribu Pengunjung Java Jazz Festival

BNI Agen46, mitra PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI yang menyediakan berbagai layanan jasa keuangan, memeriahkan Jakarta International BNI Java Jazz Festival (BNI JJF) 2024 yang…

UMKM yang mengikuti PackFest 2024

Sabtu, 25 Mei 2024 - 17:40 WIB

PackFest 2024 Kembali Hadir, Telkom Ajak UMKM Naik Kelas Melalui Kemasan Yang Kekinian

Telkom Indonesia melalui Rumah BUMN Telkom kembali mengajak para pelaku UMKM di seluruh Indonesia untuk naik kelas melalui Program Packaging Festival (PackFest) 2024. PackFest merupakan program…

Festival Java jazz

Sabtu, 25 Mei 2024 - 17:31 WIB

Musisi Apresiasi BNI Java Jazz Festival

Pelaksanaan BNI Java Jazz Festival 2024 mendapatkan apresiasi dari kalangan musisi. Salah satunya datang dari Barry Likumahuwa yang juga menjadi salah satu musisi yang tampil dalam gelaran tahunan…

Ilustrasi Mobile Banking BNI

Sabtu, 25 Mei 2024 - 15:01 WIB

Pengunjung Java Jazz Festival Didorong Gunakan M-Banking BNI

BNI Java Jazz Festival 2024 kembali hadir memanjakan telinga dengan alunan musik merdu dari musisi ternama dunia. Festival yang berlangsung selama 3 hari, dari tanggal 24 hingga 26 Mei 2024…