Ini Tips dan Trick Strategi Pemasaran di Bulan Ramadhan, Auto Laris!

Oleh : Heris Muhamar, Mahasiswa Master Technology Management Presuniv | Minggu, 24 Maret 2024 - 17:35 WIB

Strategi pemasaran digital
Strategi pemasaran digital

INDUSTRY.co.id - Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah, selain karena amalan-amalan kita yang akan dibalas pahala yang berlipat, ada potensi juga bagi pembisnis online yang sekarang sedang trend si social media. 

Kalian juga bisa mendapatkan keuntungan yang berlipat, di bulan yang penuh berkah ini. Tapi ini semua semua bergantung pada strategi pemasaran di bulan Ramadhan yang Anda terapkan.

Pada bulan Ramadhan tahun 2024 ini, tentunya terdapat perbedaan dengan bulan Ramadhan tahun-tahun sebelumnya. Mulai dari peralihan dari masa pandemi, perbedaan gaya hidup, preferensi, dan kebutuhan yang sudah berbeda, tentu nya trend dalam berbelanja di kalangan masyrakat Indonesia.

Agar keuntungan bisnis online kalian melonjak tinggi saat bulan Ramadhan, bahkan bisa meningkat ratusan kali lipat secara drastis, nah berikut adalah trips dan trick untuk strategy pemasarannya. 

1. Buat Diskon atau Bundling Khusus di Bulan Ramadhan

Siapa, sih yang tidak menyukai hal-hal yang berbau diskon dan promo? Customer kalian pasti akan sangat senang dengan adanya diskon dan promo dari jualan kalian. Strategi ini telah dipercaya sejak lama dapat meningkatkan tingkat penjualan yang tentunya kaan membuat income dari bisnis kalian melonjak tinggi.

Bahkan, berdasarkan hasil sebuah survei yang dimuat dalam situs Katadata, penawaran diskon atau promo di ecommerce ataupun marketplace menjadi salah satu daya tarik utama konsumen berbelanja. 

Hal ini ditunjukkan pada besarnya persentase konsumen yang menjadikan promo atau diskon sebagai pertimbangan utama mereka dalam berbelanja online, yakni sebesar 90,9% konsumen.

Dengan demikian, penerapan diskon dan promo sangat cocok dijadikan salah satu strategi pemasaran di bulan Ramadhan. Anda dapat membuat jangka waktu pembelian tertentu bagi pelanggan yang ingin menikmati diskon tersebut, yang umumnya disebarkan melalui kode promo atau kupon.

Satu hal lagi yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan pemasukan di bulan puasa adalah melalui penerapan promo. Misalnya, Anda dapat membuat promo tertentu yang hanya berlaku ketika bulan Ramadhan saja.

2. Luncurkan Produk Spesial Ramadhan

Banyak brand brand di luar sana memunculkan product barunya dan hanya launching atau di produksi pada bulan puasa aja loh.

Strategy ini bisa menjadi tips untuk meningkatkan penjualan pada saat bulan Ramadhan tahun ini, apakah kalian inget dengan trend warna hijau sage pada tahun 2023? itu menjadi salah satu cara untuk meningkatkan penjualan kalian dengan cara mengeluarkan product dengan warna yang sedang trend di kalangan masyarakat tahun ini.

3. Perpanjangan Jam Operasional

Strategy permasaran pada saat bulan Ramadhan selanjutnya adalah memperpanjang jam operasional bisnis kalian. Biasanya beberapa masyarakat ada datang ke toko kalian online maupun offline stelah berbuka puasa atau dimalam hari setelah melaksanakan ibadah shalat tarawih.

Dengan keaktifan konsumen yang berbeda, strategi ini bisa menjadi salah satu cara untuk menaikkan keuntungan bisnis kalian pada saat bulan Ramadhan. Dengan demikian kalian tidak akan melewatkan pelanggan satupun. satupun!

4. Gencarkan Promosi di Berbagai Platform Social Media

Media sosial sangat memainkan peranan penting dalam pemasaran setelah covid era, bahkan ketika tidak sedang berada di bulan Ramadhan. Oleh karenanya, menggencarkan promosi di media sosial menjadi salah satu strategi pemasaran di bulan Ramadhan yang paling efektif.

Dengan media sosial, Anda dapat menjangkau audiens Anda secara luas, dan memberikan informasi serta edukasi mengenai produk atau layanan Anda, promo dan diskon yang sedang dijalankan, dan lain-lain.

Pada intinya, ke tiga strategi sebelum ini pun dapat diintegrasikan dalam strategi media sosial Anda sebagai sebuah konten yang dapat mengedukasi para pelanggan kalian.

Jadi, jangan remehkan kekuatan media sosial, terutama pada bulan Ramadhan ini, ya! Karena, media sosial dapat menjadi senjata yang efektif bagi bisnis Anda untuk meningkatkan keuntungan bisnis online.

Bulan Ramadhan memang membawa berkah, selain dari persoalan ibadah, bisnis kalian tentunya juga akan kecipratan berkahnya, lho! Jadi, pastikan bisnis Anda mengikuti panduan strategi pemasaran di bulan Ramadhan yang telah dijelaskan di atas, ya!

Tapi, tahukah Anda jika pada bulan puasa biasanya pembeli bisa meningkat berkali-kali lipat? Bisa-bisa Anda kewalahan mengatur semua toko online kalian dengan pembeli yang membludak ini!

Semoga tips and trick strategy marketing nya bisa bermanfaat dan bisa menjadi berkah bagi kita semua ya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Terima Audiensi Ketua Komnas HAM

Jumat, 19 April 2024 - 06:04 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Terima Audiensi Ketua Komnas HAM

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menerima Audiensi Ketua Komnas HAM Atnike Nova Sigiro yang didampingi Komisioner/Koordinator Bidang Penegakan HAM Uli Parulian Sihombing, Komisioner…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Pimpin Penyerahan Jabatan Pangkogabwilhan II dan Sertijab 3 Jabatan Strategis

Jumat, 19 April 2024 - 05:57 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Pimpin Penyerahan Jabatan Pangkogabwilhan II dan Sertijab 3 Jabatan Strategis

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto memimpin upacara Penyerahan Jabatan Pangkogabwilhan II kepada Marsda TNI M. Khairil Lubis, Sertijab Dansesko TNI dari Marsdya TNI Samsul Rizal kepada…

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono

Jumat, 19 April 2024 - 05:45 WIB

Tinjau Ruas Tol Palembang - Betung, Menteri Basuki: Tuntas Awal 2025

Dalam kunjungan kerjanya ke Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), Kamis (18/04/2024), Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono melakukan peninjauan progres pembangunan…

Perkuat Ketahanan Pangan, ID Food bersama Kostrad Lakukan Panen dan Penanaman Budidaya Padi Tahap II di Lahan Strategis

Kamis, 18 April 2024 - 22:02 WIB

Perkuat Ketahanan Pangan, ID Food bersama Kostrad Lakukan Panen dan Penanaman Budidaya Padi Tahap II di Lahan Strategis

Subang – Dalam rangka mendukung peningkatan produksi beras nasional, Holding BUMN Pangan ID Food melakukan kolaborasi bersama Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad) melalui pengembangan…

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Kamis, 18 April 2024 - 21:30 WIB

Top! Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Jakarta-Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD)…