Ini Tips dan Trick Strategi Pemasaran di Bulan Ramadhan, Auto Laris!
Oleh : Heris Muhamar, Mahasiswa Master Technology Management Presuniv | Minggu, 24 Maret 2024 - 17:35 WIB

Strategi pemasaran digital
INDUSTRY.co.id - Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah, selain karena amalan-amalan kita yang akan dibalas pahala yang berlipat, ada potensi juga bagi pembisnis online yang sekarang sedang trend si social media.
Kalian juga bisa mendapatkan keuntungan yang berlipat, di bulan yang penuh berkah ini. Tapi ini semua semua bergantung pada strategi pemasaran di bulan Ramadhan yang Anda terapkan.
Pada bulan Ramadhan tahun 2024 ini, tentunya terdapat perbedaan dengan bulan Ramadhan tahun-tahun sebelumnya. Mulai dari peralihan dari masa pandemi, perbedaan gaya hidup, preferensi, dan kebutuhan yang sudah berbeda, tentu nya trend dalam berbelanja di kalangan masyrakat Indonesia.
Agar keuntungan bisnis online kalian melonjak tinggi saat bulan Ramadhan, bahkan bisa meningkat ratusan kali lipat secara drastis, nah berikut adalah trips dan trick untuk strategy pemasarannya.
1. Buat Diskon atau Bundling Khusus di Bulan Ramadhan
Siapa, sih yang tidak menyukai hal-hal yang berbau diskon dan promo? Customer kalian pasti akan sangat senang dengan adanya diskon dan promo dari jualan kalian. Strategi ini telah dipercaya sejak lama dapat meningkatkan tingkat penjualan yang tentunya kaan membuat income dari bisnis kalian melonjak tinggi.
Bahkan, berdasarkan hasil sebuah survei yang dimuat dalam situs Katadata, penawaran diskon atau promo di ecommerce ataupun marketplace menjadi salah satu daya tarik utama konsumen berbelanja.
Hal ini ditunjukkan pada besarnya persentase konsumen yang menjadikan promo atau diskon sebagai pertimbangan utama mereka dalam berbelanja online, yakni sebesar 90,9% konsumen.
Dengan demikian, penerapan diskon dan promo sangat cocok dijadikan salah satu strategi pemasaran di bulan Ramadhan. Anda dapat membuat jangka waktu pembelian tertentu bagi pelanggan yang ingin menikmati diskon tersebut, yang umumnya disebarkan melalui kode promo atau kupon.
Satu hal lagi yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan pemasukan di bulan puasa adalah melalui penerapan promo. Misalnya, Anda dapat membuat promo tertentu yang hanya berlaku ketika bulan Ramadhan saja.
2. Luncurkan Produk Spesial Ramadhan
Banyak brand brand di luar sana memunculkan product barunya dan hanya launching atau di produksi pada bulan puasa aja loh.
Strategy ini bisa menjadi tips untuk meningkatkan penjualan pada saat bulan Ramadhan tahun ini, apakah kalian inget dengan trend warna hijau sage pada tahun 2023? itu menjadi salah satu cara untuk meningkatkan penjualan kalian dengan cara mengeluarkan product dengan warna yang sedang trend di kalangan masyarakat tahun ini.
3. Perpanjangan Jam Operasional
Strategy permasaran pada saat bulan Ramadhan selanjutnya adalah memperpanjang jam operasional bisnis kalian. Biasanya beberapa masyarakat ada datang ke toko kalian online maupun offline stelah berbuka puasa atau dimalam hari setelah melaksanakan ibadah shalat tarawih.
Dengan keaktifan konsumen yang berbeda, strategi ini bisa menjadi salah satu cara untuk menaikkan keuntungan bisnis kalian pada saat bulan Ramadhan. Dengan demikian kalian tidak akan melewatkan pelanggan satupun. satupun!
4. Gencarkan Promosi di Berbagai Platform Social Media
Media sosial sangat memainkan peranan penting dalam pemasaran setelah covid era, bahkan ketika tidak sedang berada di bulan Ramadhan. Oleh karenanya, menggencarkan promosi di media sosial menjadi salah satu strategi pemasaran di bulan Ramadhan yang paling efektif.
Dengan media sosial, Anda dapat menjangkau audiens Anda secara luas, dan memberikan informasi serta edukasi mengenai produk atau layanan Anda, promo dan diskon yang sedang dijalankan, dan lain-lain.
Pada intinya, ke tiga strategi sebelum ini pun dapat diintegrasikan dalam strategi media sosial Anda sebagai sebuah konten yang dapat mengedukasi para pelanggan kalian.
Jadi, jangan remehkan kekuatan media sosial, terutama pada bulan Ramadhan ini, ya! Karena, media sosial dapat menjadi senjata yang efektif bagi bisnis Anda untuk meningkatkan keuntungan bisnis online.
Bulan Ramadhan memang membawa berkah, selain dari persoalan ibadah, bisnis kalian tentunya juga akan kecipratan berkahnya, lho! Jadi, pastikan bisnis Anda mengikuti panduan strategi pemasaran di bulan Ramadhan yang telah dijelaskan di atas, ya!
Tapi, tahukah Anda jika pada bulan puasa biasanya pembeli bisa meningkat berkali-kali lipat? Bisa-bisa Anda kewalahan mengatur semua toko online kalian dengan pembeli yang membludak ini!
Semoga tips and trick strategy marketing nya bisa bermanfaat dan bisa menjadi berkah bagi kita semua ya.
Industri Hari Ini

Sabtu, 19 April 2025 - 13:58 WIB
Dana Aman, Transaksi Non-Tunai KJP Plus Tetap Lancar Lewat EDC Bank DKI
Bank DKI memastikan layanan transaksi non-tunai bagi penerima manfaat Kartu Jakarta Pintar (KJP) Plus tetap berjalan normal, khususnya untuk transaksi menggunakan mesin EDC milik Bank DKI.

Sabtu, 19 April 2025 - 12:28 WIB
Penghapusan Kuota Impor Bikin 70% Pengusaha Tekstil Pilih Banting Setir jadi Pedagang
Wakil Ketua Umum API, Ian Syarif mengatakan kebijakan penghapusan kuota impor berpotensi membuat pengusaha tidak lagi berminat pada industri tekstil nasional. Dirinya memperkirakan sekitar 70%…

Sabtu, 19 April 2025 - 10:08 WIB
Dorong Kolaborasi Multi Sektor dalam Upaya Konservasi Hulu ke Hilir, AQUA Terapkan Pembayaran Jasa Lingkungan
Melihat langsung proses konservasi berbasis Daerah Aliran Sungai (DAS) dan implementasi skema Pembayaran Jasa Lingkungan (PJL) yang dikembangkan oleh AQUA Klaten bersama mitra di Sub DAS Pusur,…

Sabtu, 19 April 2025 - 09:37 WIB
Kinerja Mandiri Utama Finance (MUF) Kuartal I-2025 Menunjukkan Ketahanan di Tengah Tantangan Ekonomi
Jakarta– PT Mandiri Utama Finance (MUF), anak usaha PT Bank Mandiri (Persero) Tbk yang bergerak di sektor pembiayaan, memperkuat posisinya dengan kinerja solid sepanjang kuartal pertama tahun…

Sabtu, 19 April 2025 - 09:05 WIB
Menperin Agus Rayu Arab Saudi Tingkatkan Investasi di Sektor Industri Petrokimia Hingga Hilirisasi Mineral
Indonesia dan Arab Saudi terus berupaya meningkatkan kerja sama yang komprehensif di berbagai bidang, termasuk di sektor industri. Kedua negara telah memiliki hubungan diplomatik yang sudah…
Komentar Berita