Tren Warna Ramadan 2024, Nippon Paint Luncurkan Empat Tema Warna yang Terinspirasi Dari Keindahan Alam

Oleh : Hariyanto | Kamis, 07 Maret 2024 - 20:35 WIB

Nippon Paint Luncurkan Empat Tema Warna
Nippon Paint Luncurkan Empat Tema Warna

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Ramadan menjadi momen yang sangat dinantikan umat Muslim di seluruh dunia. Perubahan suasana di bulan yang istimewa semakin terasa tak hanya dalam aktivitas religi namun juga dapat tercipta melalui sentuhan warna baru di rumah. Keindahan Ramadan dalam sentuhan warna baru yang membawa nuansa penuh makna ini terwujud dalam Tren Warna Ramadan 2024 persembahan Nippon Paint dengan mengusung empat tema utama, yaitu Find Calm, Find Balance, Find Freedom, dan Find Renewal.

“Nippon Paint Indonesia, selalu berkomitmen untuk hadirkan sentuhan warna kehidupan dalam momen Ramadan di setiap tahunnya. Tahun ini, Nippon Paint hadirkan atmosfer alam dalam momen Ramadan yang bisa menjadi pilihan menakjubkan untuk menciptakan ruang yang tenang, damai, dan mendukung refleksi spiritual.” kata Mark Liew, General Manager (TU Division) Nippon Paint Indonesia dalam peluncuran Tren Warna Ramadan 2024 di Jakarta, Kamis (7/3/2024). 

Keempat tema warna yang diluncurkan oleh Nippon Paint terinspirasi dari keindahan alam yang seirama dengan indahnya bulan suci Ramadan yang identik dengan; ‘Teduhnya Ibadah’ (Find Calm), ‘Sukacita di Hari Kemenangan’ (Find Freedom), ‘Harmoni Kebersamaan’ (Find Balance), dan ‘Kembali Murni’ (Find Renewal). 

“Untuk Find Calm kami menawarkan pilihan warna netral untuk hasil yang memberikan rasa tenang pada ruangan. Kemudian pada Find Freedom kami memberikan referensi warna-warna cerah dan ceria yang memancarkan warna kekinian dan segar. Lalu Find Balance sangat cocok bagi yang mengutamakan elegan dalam ruangan lewat pilihan warna yang seimbang. Serta Find Renewal yang menyuguhkan warna-warna hijau kebiruan dari alam bahari yang memberikan nuansa pembaharuan.” ungkap Mark Liew. 

Mengenai tren warna bernuansa alam, Grace Hartanti, Principal Designer of Grace Hartanti Design Lab mengatakan, warna-warna alam banyak disukai, karena dapat memberikan kesan ketenangan, menghadirkan keseimbangan, mewakili kehidupan dan kesederhanaan tetapi tetap elegan. Sehingga warna-warna ini dapat memberikan rasa rileks dan kesan terbuka untuk menerima pesan-pesan spiritual dan refleksi yang disampaikan terutama selama bulan Ramadan. 

"Warna-warna alam seringkali dikaitkan dengan kehidupan yang berkelanjutan dan siklus alam yang terus berlanjut. Dalam konteks persiapan Ramadan, ini bisa menjadi pengingat tentang pentingnya siklus ibadah dan pertumbuhan spiritual," ungkap Grace Hartanti. 

Menurutnya, penggunaan warna-warna alam dalam desain interior atau eksterior bangunan tentu saja dapat membawa dampak psikologis yang signifikan terhadap penghuninya di antaranya; meningkatkan kesejahteraan emosional, mengurangi stress dan meningkatkan konsentrasi serta produktivitas, mengurangi rasa kelelahan, meningkatkan koneksi dengan alam sehingga dapat membantu penghuninya merasa lebih terhubung dengan alam dan lingkungan sekitarnya.

“Dengan memahami dampak psikologis dari penggunaan warna-warna alam dalam desain bangunan, arsitek dan desainer dapat menciptakan lingkungan yang mendukung kesejahteraan dan kenyamanan penghuninya. Hal ini juga dapat membantu meningkatkan kualitas hidup dan produktivitas di dalam bangunan tersebut,” papar Grace.

Menanggapi empat tema warna yang diluncurkan oleh Nippon Paint, Aghnia Fuad, sebagai seorang praktisi Interior Designer/Principal Designer Suasana Studio, turut memberikan pendapat profesionalnya bahwa keempat tema warna tersebut dapat saling melengkapi. “Range warna yang luas dapat memberikan banyak pilihan bagi teman-teman yang mau merenovasi rumah dengan suasana yang berbeda. Pilihan warnanya juga versatile sehingga dapat diaplikasikan di berbagai ruang dengan fungsi yang berbeda," ujar Aghnia Fuad. 

Berbicara mengenai pengaruh cat terhadap sebuah ruang, Aghnia memaparkan bahwa point penting untuk menciptakan suasana yang tepat pada suatu ruang adalah pada pemilihan warna cat. “Walaupun perbedaannya sangat tipis tapi pemilihan warna yang kurang tepat sangat berpengaruh pada hasil akhir suatu ruang,” urainya.

Bagi kalangan awam yang masih terkendala dalam memilih warna yang tepat untuk mengubah suasana rumah, Nippon Paint memberikan solusi melalui layanan Colour Scheme Service, yaitu layanan visualisasi warna cat pada bangunan dengan tiga alternatif kombinasi warna dan rekomendasi produk. 

“Jadi bagi Anda yang sedang bingung untuk mengkombinasikan warna menyambut Idul Fitri, bisa menggunakan layanan Colour Scheme Service ini. Lalu kami juga memiliki layanan Nippon Paint WhatsApp Care bagi Anda yang membutuhkan informasi seputar konsultasi warna, produk, sistem pengecatan bahkan hingga rekomendasi toko terdekat dan mitra tukang cat, dapat langsung menghubungi WhatsApp kami di 0811-1283-028,” jelas Mark Liew lebih detail.

Melalui warna-warna baru yang dihadirkan Nippon Paint dalam Tren Warna Ramadan 2024 dapat menjadi solusi bagi para pemilik rumah yang ingin menghadirkan nuansa berbeda dalam menyambut momen sarat makna di bulan yang suci Ramadan. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Inovasi Pharmacademy dari Sanofi berdayakan apoteker lewat platform PharmAcademy.

Sabtu, 25 Mei 2024 - 21:42 WIB

Setahun Pharmacademy, Kuatkan Kompetensi 2.750 Apoteker di Indonesia

Inovasi Pharmacademy dari Sanofi hadirkan platform PharmAcademy yang telah menguatkan Kompetensi 2.750 Apoteker di Indonesia.

BNI Agen46

Sabtu, 25 Mei 2024 - 21:38 WIB

BNI Agen46 Bidik Seratus Ribu Pengunjung Java Jazz Festival

BNI Agen46, mitra PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI yang menyediakan berbagai layanan jasa keuangan, memeriahkan Jakarta International BNI Java Jazz Festival (BNI JJF) 2024 yang…

UMKM yang mengikuti PackFest 2024

Sabtu, 25 Mei 2024 - 17:40 WIB

PackFest 2024 Kembali Hadir, Telkom Ajak UMKM Naik Kelas Melalui Kemasan Yang Kekinian

Telkom Indonesia melalui Rumah BUMN Telkom kembali mengajak para pelaku UMKM di seluruh Indonesia untuk naik kelas melalui Program Packaging Festival (PackFest) 2024. PackFest merupakan program…

Festival Java jazz

Sabtu, 25 Mei 2024 - 17:31 WIB

Musisi Apresiasi BNI Java Jazz Festival

Pelaksanaan BNI Java Jazz Festival 2024 mendapatkan apresiasi dari kalangan musisi. Salah satunya datang dari Barry Likumahuwa yang juga menjadi salah satu musisi yang tampil dalam gelaran tahunan…

Ilustrasi Mobile Banking BNI

Sabtu, 25 Mei 2024 - 15:01 WIB

Pengunjung Java Jazz Festival Didorong Gunakan M-Banking BNI

BNI Java Jazz Festival 2024 kembali hadir memanjakan telinga dengan alunan musik merdu dari musisi ternama dunia. Festival yang berlangsung selama 3 hari, dari tanggal 24 hingga 26 Mei 2024…