Bertolak ke NTB, Menperin Agus Dorong Program Hilirisasi Rumput Laut

Oleh : Candra Mata | Sabtu, 02 Maret 2024 - 10:50 WIB

Menperin Agus dan Menko Luhut di NTB
Menperin Agus dan Menko Luhut di NTB

INDUSTRY.co.id - Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita melakukan kunjungan kerja ke perairan Ekas Teluk Awang, Lombok Timur, NTB.

Kunjungan kerja ke NTB tersebut dalam rangka program hilirisasi rumput laut. 

"Pagi ini (29/2) saya berada di perairan Ekas Teluk Awang, Lombok Timur, NTB untuk mendampingi Menko Marinves, Pak @luhut.pandjaitan mengunjungi Showcase Pilot Project Budidaya Rumput Laut Skala Besar menggunakan Mekanisasi dan Teknologi," kata Menperin Agus seperti dikutip redaksi INDUSTRY.co.id dari keterangannya di akun Instagram miliknya @agusgumiwangk, pada Sabtu (2/3/2024).

Menperin Agus menuturkan, dimana Showcase Pilot Project Budidaya Rumput Laut tersebut membentang di perairan seluas 100 hektar dan terintegrasi dari hulu hingga ke hilir, serta menyerap tenaga kerja sebanyak 100 orang sekaligus bermitra dengan petani yang ada disekitar lokasi tersebut.

Ia juga mengungkapkan, bahwa Pilot project dengan nilai investasi US$ 2,5 juta tersebut dapat menghasilkan rumput laut basah hingga 15 ribu ton per tahun, yang mana setara dengan produksi biostimulan setara 1-2 juta lahan pertanian.

Adapun program hilirisasi rumput laut tersebut diawali dengan penyediaan bibit unggul rumput laut yang berkualitas serta pelatihan petani rumput laut, sampai penggunaan teknologi pemantauan berbasis GPS serta proses panen hingga pengolahan rumput laut yang menggunakan mesin terpadu.

Sehingga, papar Menperin Agus, hal ini  dapat menghasilkan diversifikasi produk turunan dengan nilai tambah berkali-kali lipat seperti produk pangan (kaarangenan, jelly, dan panganan rumput laut lainnya), biostimulan, plastik biodegrable hingga biofuel.

"Potensi dari program ini sungguh luar biasa, karena Indonesia memiliki perairan yang sangat luas (12 juta hektar), dan rumput laut merupakan sumber daya kelautan yang renewable," imbuhnya.

"Sehingga akselerasi pengembangan program ini akan menciptakan multiplier effect yang sangat luas dan bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat Indonesia dan generasi kita yang akan datang," pungkas Menperin Agus.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Inovasi Pharmacademy dari Sanofi berdayakan apoteker lewat platform PharmAcademy.

Sabtu, 25 Mei 2024 - 21:42 WIB

Setahun Pharmacademy, Kuatkan Kompetensi 2.750 Apoteker di Indonesia

Inovasi Pharmacademy dari Sanofi hadirkan platform PharmAcademy yang telah menguatkan Kompetensi 2.750 Apoteker di Indonesia.

BNI Agen46

Sabtu, 25 Mei 2024 - 21:38 WIB

BNI Agen46 Bidik Seratus Ribu Pengunjung Java Jazz Festival

BNI Agen46, mitra PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI yang menyediakan berbagai layanan jasa keuangan, memeriahkan Jakarta International BNI Java Jazz Festival (BNI JJF) 2024 yang…

UMKM yang mengikuti PackFest 2024

Sabtu, 25 Mei 2024 - 17:40 WIB

PackFest 2024 Kembali Hadir, Telkom Ajak UMKM Naik Kelas Melalui Kemasan Yang Kekinian

Telkom Indonesia melalui Rumah BUMN Telkom kembali mengajak para pelaku UMKM di seluruh Indonesia untuk naik kelas melalui Program Packaging Festival (PackFest) 2024. PackFest merupakan program…

Festival Java jazz

Sabtu, 25 Mei 2024 - 17:31 WIB

Musisi Apresiasi BNI Java Jazz Festival

Pelaksanaan BNI Java Jazz Festival 2024 mendapatkan apresiasi dari kalangan musisi. Salah satunya datang dari Barry Likumahuwa yang juga menjadi salah satu musisi yang tampil dalam gelaran tahunan…

Ilustrasi Mobile Banking BNI

Sabtu, 25 Mei 2024 - 15:01 WIB

Pengunjung Java Jazz Festival Didorong Gunakan M-Banking BNI

BNI Java Jazz Festival 2024 kembali hadir memanjakan telinga dengan alunan musik merdu dari musisi ternama dunia. Festival yang berlangsung selama 3 hari, dari tanggal 24 hingga 26 Mei 2024…