Bertolak ke NTB, Menperin Agus Dorong Program Hilirisasi Rumput Laut

Oleh : Candra Mata | Sabtu, 02 Maret 2024 - 10:50 WIB

Menperin Agus dan Menko Luhut di NTB
Menperin Agus dan Menko Luhut di NTB

INDUSTRY.co.id - Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita melakukan kunjungan kerja ke perairan Ekas Teluk Awang, Lombok Timur, NTB.

Kunjungan kerja ke NTB tersebut dalam rangka program hilirisasi rumput laut. 

"Pagi ini (29/2) saya berada di perairan Ekas Teluk Awang, Lombok Timur, NTB untuk mendampingi Menko Marinves, Pak @luhut.pandjaitan mengunjungi Showcase Pilot Project Budidaya Rumput Laut Skala Besar menggunakan Mekanisasi dan Teknologi," kata Menperin Agus seperti dikutip redaksi INDUSTRY.co.id dari keterangannya di akun Instagram miliknya @agusgumiwangk, pada Sabtu (2/3/2024).

Menperin Agus menuturkan, dimana Showcase Pilot Project Budidaya Rumput Laut tersebut membentang di perairan seluas 100 hektar dan terintegrasi dari hulu hingga ke hilir, serta menyerap tenaga kerja sebanyak 100 orang sekaligus bermitra dengan petani yang ada disekitar lokasi tersebut.

Ia juga mengungkapkan, bahwa Pilot project dengan nilai investasi US$ 2,5 juta tersebut dapat menghasilkan rumput laut basah hingga 15 ribu ton per tahun, yang mana setara dengan produksi biostimulan setara 1-2 juta lahan pertanian.

Adapun program hilirisasi rumput laut tersebut diawali dengan penyediaan bibit unggul rumput laut yang berkualitas serta pelatihan petani rumput laut, sampai penggunaan teknologi pemantauan berbasis GPS serta proses panen hingga pengolahan rumput laut yang menggunakan mesin terpadu.

Sehingga, papar Menperin Agus, hal ini  dapat menghasilkan diversifikasi produk turunan dengan nilai tambah berkali-kali lipat seperti produk pangan (kaarangenan, jelly, dan panganan rumput laut lainnya), biostimulan, plastik biodegrable hingga biofuel.

"Potensi dari program ini sungguh luar biasa, karena Indonesia memiliki perairan yang sangat luas (12 juta hektar), dan rumput laut merupakan sumber daya kelautan yang renewable," imbuhnya.

"Sehingga akselerasi pengembangan program ini akan menciptakan multiplier effect yang sangat luas dan bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat Indonesia dan generasi kita yang akan datang," pungkas Menperin Agus.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

SEVP Digital Banking BSI Saut Parulian Saragih berbincang dan belanja bersama dengan anak-anak yatim didampingi perwakilan LAZ.

Sabtu, 27 Juli 2024 - 11:18 WIB

BSI Ajak 140 Anak Yatim Belanja, Ajarkan Literasi Transaksi Syariah

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) berkolaborasi dengan 7 (tujuh) Lembaga Amil Zakat (LAZ) menyelenggarakan acara Lebaran Anak Yatim untuk berbagi kebahagiaan berupa belanja bersama di Department…

Lokasi Bendungan Jlantah dan Jragung

Sabtu, 27 Juli 2024 - 10:32 WIB

Waskita Karya Ungkap Progres Bendungan Jlantah dan Jragung

Direktur Utama PT Waskita Karya (Persero) Tbk Muhammad hanugroho didampingi Direktur Operasi II Waskita Karya Dhetik Ariyanto mengunjungi lokasi pembangunan Bendungan Jlantah dan Jragung di…

YBM BRILiaN telah memperoleh kembali izin operasional sebagai Lembaga Amil Zakat

Sabtu, 27 Juli 2024 - 09:44 WIB

Kemenag RI Menyerahkan SK Izin Operasional Sebagai Lembaga Amil Zakat Skala Nasional Kepada YBM BRILiaN

Yayasan Baitul Maal BRILiaN atau YBM BRILiaN telah memperoleh kembali izin operasional sebagai Lembaga Amil Zakat (LAZ) Skala Nasional berdasarkan Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia…

Direktur Utama Kideco, M. Kurnia Ariawan, bersama Direktur Eksekutif IBCWE, Clara Wita Krisanti, setelah menandatangani kerja sama antara Kideco dan IBCWE

Sabtu, 27 Juli 2024 - 09:10 WIB

Dirut Kideco: Perusahaan Tambang Harus Berikan Kesempatan yang Sama Terhadap Perempuan

Direktur Utama PT Kideco Jaya Agung (Kideco), Mohammad Kurnia Ariawan mengatakan, pekerjaan tambang, tidak lagi menjadi pekerjaan yang harus didominasi oleh laki-laki. Menurutnya, kini perusahaan…

Launching Mandiri Lippo Malls Card

Sabtu, 27 Juli 2024 - 08:18 WIB

Penuhi Kebutuhan Lifestyle, Bank Mandiri Luncurkan Mandiri Lippo Malls Card dan Solusi Valuta Asing

Bank Mandiri bersama Lippo Malls, anak perusahaan Lippo Group memperkuat kolaborasi dengan meluncurkan kartu kredit co-branding Mandiri Lippo Malls Card. Lewat inovasi ini, diharapkan dapat…