Sukses BMT Menjadi Supplier Otomotif Terpercaya Dari Jababeka

Oleh : M. Amru, Eddi, Abi | Sabtu, 02 Maret 2024 - 10:10 WIB

Andika PT BMT
Andika PT BMT

INDUSTRY.co.id - Jababeka, Cikarang - Produsen suku cadang otomotif PT Bumiputra Manufaktur Teknologi sukses mengarungi dunia bisnis dari kawasan Jababeka selama 20 tahun lebih. Kini, di tangan generasi kedua BMT kian berkibar menjadi pemasok untuk belasan perusahaan otomotif  seperti Astra Honda Motor, Astra Otoparts dan Suzuki.

Ketika dijumpai redaksi media INDUSTRY.co.id grup di pabriknya di kawasan Jababeka, Andika Alam, generasi kedua BMT yang kini menjabat sebagai direktur bisnis perusahaan mengungkapkan, perusahaan yang dirintis orang tuanya tersebut  telah melalui pasang surut bisnis sebelum meraih sukses seperti saat ini. 

“Kami sudah merintis bisnis dari tahun 2002 di kawasan Jababeka 1 sebagai pemasok suku cadang perusahaan perakit atau pembuat sepeda motor,” urai Andika saat diwawancara di pabrik BMT di Jababeka.

Andika sendiri merasa beruntung orang tuanya merintis bisnis di Jababeka karena perkembangan kawasannya sangat progresif. 

“Dari awalnya mesti lewat jalan umum kini sudah  ada jalan tol. Belum lagi berbagai fasilitas dan sarana yang semakin lengkap mendukung pertumbuhan bisnis perusahaan. Jadi sangat nyaman sekali dan jadi poin plus buat kita berusaha di Jababeka,” jelas Andika.

Ditambah lagi klien produsen otomotifnya juga banyak yang berada di kawasan Jababeka sehingga sangat memudahkan aspek logistik pengiriman hasil produksinya. Hingga akhirnya berkat kerja keras segenap jajaran perusahaan, kini berbagai perusahaan otomotif maupun suku cadang otomotif nasional mengalihdayakan produksinya ke BMT.

Meski demikian, Andika ingat, bisnis tidak selalu berjalan mulus untuk perusahaannya. Justru, ketika dirinya baru memasuki perusahaan sekian tahun silam, BMT tengah berada di titik kritis. Pasalnya, kondisi perusahaan dari aspek manajemen dan pendapatan kala itu tengah goyah.

Untung saja, Andika sebelum bergabung ke perusahaan keluarganya telah bekerja sebagai professional di perusahaan manufaktur nasional. Sehingga dirinya memiliki bekal manajemen dan  bahkan dengan luwes mampu turun ke lapangan untuk berkomunikasi langsung dengan pekerja pabrik. 

“Selain kondisi manajemen, problem  kedua yang sangat kritis adalah kualitas produksi karena tidak ada yang mengontrol secara ketat saat itu,” jelas Andika.

Plus, rupanya customer BMT, yang tinggal satu-satunya saat itu juga tengah limbung. “Jadi ketika saya awal gabung kondisinya nyaris tidak ada titik terang, semua minus. Sampai operator pabrik datang ke pabrik bingung mau mengerjakan apa lagi,” ungkap Andika blak-blakan.

Meski demikian, kondisi itu rupanya jadi titik balik kebangkitan bagi BMT. Pemegang saham, mitra serta manajemen perusahaan lantas bergerak cepat menggelar perubahan. 

“Salah satu faktor utama yang kita tingkatkan adalah kualitas produk. Kita berusaha sekuat tenaga membuktikan kepada customer maupun calon customer bahwa kualitas produksi kita tidak kalah dengan perusahaan luar negeri,” jelas Andika.

Perlahan namun pasti, perusahaan sukses keluar dari lorong gelap keterpurukan. Customer baru satu demi satu sukses diraih BMT dan kapasitas produksi pun meningkat pesat. 

“Dibandingkan ketika awal saya masuk, omset perusahaan kini telah meningkat 300% atau 3 kali lipat dari sebelumnya,” jelas Andika yang hobi bermusik itu dengan semringah.

Dari kedua pabriknya yang berlokasi di Kawasan Industri Jababeka 1 di Jalan Jababeka VIIIA Blok B No. 11Q-R dan di Jalan Jababeka XVIIB Blok U No. 19L-M,
Karang Baru, Cikarang Utara, Jawa Barat, kini BMT memproduksi berbagai komponen otomotif seperti lever & component, bracket & footrest, holder mirror, engine covers dan lain sebagainya. 

Berbagai perusahaan yang mempercayakan produksi suku cadang kendaraan bermotornya kepada BMT antara lain, Astra Honda Motor, Suzuki, Astemo, FCC, Toyodenso, Meiwa, Kyowa, Zeno, Astra Otoparst, Shei Tai Industrial dan lain sebagainya.

Komitmen perubahan yang dijalankan segenap jajaran perusahaan pun berhasil meraih pengakuan dari berbagai pihak. Di antaranya BMT berhasil meraih penghargaan The Best Vendor Performance dari PT Suzuki Indomobil Motor dari tahun 2014 hingga 2017, serta meraih The Best Vendor Performance pada tahun 2021 dari PT  Hitachi Astemo Bekasi Brake Systems.

Menanggapi keberhasilan BMT kini, Andika mengungkapkan pencapaian terbesarnya yang membuatnya bahagia adalah ketika melihat karyawannya mendapatkan kembali semangat dan kebanggaan  bekerja di BMT. 

Terlihat jelas di mata karyawan kini, keyakinan   bahwa perusahaan akan semakin berkembang ke depannya. 

“Mendapatkan kepercayaan dari karyawan itu sama membanggakannya dengan meraih kepercayaan customer. Jadi saya senang bahwa perubahan yang kami lakukan bertahun-tahun lalu berbuah manis,” urai Andika tersenyum kecil, seraya menutup perbincangan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kiri ke kanan: ignasius arrie setiawan, komisaris, melly elita, direktur, tjia tjhin hwa komisaris, kiki sadrach dirut

Kamis, 13 Juni 2024 - 17:29 WIB

Top! KKES Ekspansi ke Timur Indonesia, Targetkan Pertumbuhan Penjualan di Atas 11% dan Laba di Atas 14% pada 2024

Jakarta– PT Kusuma Kemindo Sentosa Tbk (KKES) distributor dan importir bahan kimia maupun bahan baku untuk pertanian dan industri baru saja melaksanakan RUPST & paparan publik. Dalam kegiatan…

MenKopUKM Teten Masduki

Kamis, 13 Juni 2024 - 17:13 WIB

Orasi Ilmiah di UMMI, Menteri Teten Tekankan Pentingnya Bangun Industri UMKM Berbasis Keunggulan Domestik

Menteri Koperasi dan UKM (MenkopUKM) Teten Masduki menekankan pentingnya membangun industri UMKM berbasis keunggulan domestik, serta mengolah sumber daya alam hasil perkebunan dan pertanian…

Kika: Warit Jintanawan, Direktur PT Catur Sentosa Adiprana Tbk (kedua dari kiri). Budyanto Totong, Founder dan Dirut PT Catur Sentosa Adiprana Tbk (tengah) Andy Totong, Direktur Utama Mitra10 (kedua dari kanan)

Kamis, 13 Juni 2024 - 17:05 WIB

Perkuat Pasar di Jawa Barat, Mitra10 & Atria Ekspansi ke Sawangan Depok

Depok– Mitra10 memperkuat penetrasi pasar ritel modern bahan bangunan dan pelengkapan rumah, bersama dengan Atria yang menguasai pasar ritel modern furnitur dan matras, membuka flagship store…

Jajaran direksi PT Mora Telematika Indonesia Tbk.

Kamis, 13 Juni 2024 - 16:55 WIB

Absen Tebar Deviden, Moratelindo Bakal Gencar Ekspansi Jaringan Telekomunikasi

PT Mora Telematika Indonesia Tbk (MORA) atau Moratelindo menetapkan untuk menggunakan laba bersih senilai Rp678,17 miliar sebagai laba ditahan. Kemudian, sisanya, laba bersih yang senilai Rp1…

6IXTY8IGHT

Kamis, 13 Juni 2024 - 16:37 WIB

Sepanjang 2023, PT Sinar Eka Selaras, Tbk. Catat Kenaikan Penjualan Bersih Sebesar 23%

Sepanjang tahun 2023, PT Sinar Eka Selaras, Tbk. (Perseroan) berhasil mencatatkan kenaikan penjualan bersih sebesar 23% menjadi Rp3,7 triliun dengan laba bersih yang diatribusikan kepada pemilik…