Wow Bakal Semarak! Malam Ini Orkestra Kagungan Dalem Keraton Yogyakarta Siap Konser di Aula Simfonia Jakarta

Oleh : Kormen Barus | Jumat, 01 Maret 2024 - 12:38 WIB

Yogyakarta Royal Orchestra (YRO) siap tampil dalam Konser Hari Penegakan Kedaulatan Negara di Aula Simfonia Jakarta pada 1 hingga 2 Maret 2024. Orkestra Kagungan Dalem Keraton Yogyakarta di bawah naungan Kawedanan Kridhamardawa tersebut akan menghadirkan 10 repertoar lagu perjuangan nasional dan lagu daerah.
Yogyakarta Royal Orchestra (YRO) siap tampil dalam Konser Hari Penegakan Kedaulatan Negara di Aula Simfonia Jakarta pada 1 hingga 2 Maret 2024. Orkestra Kagungan Dalem Keraton Yogyakarta di bawah naungan Kawedanan Kridhamardawa tersebut akan menghadirkan 10 repertoar lagu perjuangan nasional dan lagu daerah.

INDUSTRY.co.id, Yogyakarta- Yogyakarta Royal Orchestra (YRO) siap tampil dalam Konser Hari Penegakan Kedaulatan Negara di Aula Simfonia Jakarta pada 1 hingga 2 Maret 2024.

Orkestra Kagungan Dalem Keraton Yogyakarta di bawah naungan Kawedanan Kridhamardawa tersebut akan menghadirkan 10 repertoar lagu perjuangan nasional dan lagu daerah.

Konser tersebut akan menjadi konser kedua YRO  dan konser perdana di ibukota yang terbuka untuk umum. Konser ini bertujuan untuk merayakan dan menggaungkan Hari Penegakan Kedaulatan Negara (HPKN) lebih luas di Tanah Air.paska ditetapkannya peristiwa Serangan Umum 1 Maret sebagai hari besar nasional melalui Keputusan Presiden Republik Indonesia (Keppres) Nomor 2 Tahun 2022.

Konser hari pertama pada Jumat (01/03) di Aula Simfonia Jakarta akan dihadiri tamu undangan dari Kementerian, Kedutaan Besar negara sahabat dan korps diplomatik, pejabat pemerintah pusat dan Pemda DIY, serta perwakilan masyarakat DIY di Jakarta, mitra dari Keraton Yogyakarta. Adapun untuk konser hari kedua pada Sabtu, (02/03) masih di tempat  yang sana bisa dihadiri masyarakat umum dengan pembelian tiket.

" Kesiapan yang sudah kami lakukan seperti mengadakan lima kali latihan sejak Sabtu (25/02) lalu sampai hari ini. Kini kita melakukan gladi atau latihan terakhir dan sugengan sebelum Kamis pagi (29/02) kami akan berangkat ke Jakarta,"  ujar Pimpinan Produksi Konser HPKN - YRO 2024 Mas Lurah Widyotantomardowo saat ditemui sebelum gladi akhir  di Taman Budaya Yogyakarta (TBY), Rabu sore (28/02).

Mas Lurah Widyotantomardowo menyampaikan pihaknya akan memboyong sekitar 62 musisi orkestra ke ibukota. Selain itu, solois vokal Daniel Christianto dan paduan suara dari PSM Universitas Indonesia  Paragita akan ikut mewarnai repertoar dalam Konser HPKN Dengan RW. Widyogunomardowo selaku conductor atau pengaba nantinya.

" Setidaknya 10 repertoar akan dipentaskan  dalam konser tersebut dan telah disusun aransemennya dipadukan dengan orkestra maupun solois baik vokal , violin, cello dan sebagainya. Yang paling spesial akan ditampilkan nomor istimewa berjudul ‘Himne Serangan Umum 1 Maret 1949’ yang merupakan Yasan Dalem atau karya Sri Sultan Hamengku Bawono X juga akan dibawakan dalam konser tersebut," ungkapnya.

Konser berdurasi total 1,5 jam tersebut akan menghadirkan pengalaman menyelami perjuangan para pahlawan dalam menegakkan kedaulatan RI melalui musik sekaligus mengajak penonton merasakan nuansa Jawa, khususnya DIY di  Jakarta.  Konser yang siap memanjakan penonton ini akan dibuka lagu Himne Serangan Umum 1 Maret 1949’ dan ditutup Sepasang Mata Bolo.

Bersamaan dengan penyelenggaraan Konser HPKN- YRO 2024, sebelum memasuki concert hall para tamu undangan hari pertama (01/03) maupun penonton hari kedua (02/03) dapat mengeksplorasi Pameran “Jayapatra: Langkah Jogja Bagi Bangsa”. Pameran ini menyajikan rentetan singkat dedikasi Yogyakarta untuk RI.

         

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Aksi donor darah di BRI Insurance

Sabtu, 27 April 2024 - 19:11 WIB

BRI Insurance Lakukan Aksi Donor Darah Sebagai Bentuk Kemanusiaan dan Kepedulian Sosial

Sebagai wujud kepedulian terhadap sosial lingkungan di momen HUT 35, BRI Insurance menggelar acara donor darah untuk Pekerja sebagai bentuk kegiatan kemanusiaan yang berlangsung di kantor pusat…

Prabowo dan Gibran (foto Istimewa)

Sabtu, 27 April 2024 - 17:20 WIB

Ini Harapan Pengusaha Kawasan Industri untuk Pemerintahan Prabowo - Gibran

Himpunan Kawasan Industri (HKI) mengucapkan selamat kepada Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai Presiden dan Wakil Presiden Indonesia terpilih.

Warung madura

Sabtu, 27 April 2024 - 14:15 WIB

KemenKopUKM Tak Pernah Larang Warung Madura Buka 24 Jam

Menanggapi pemberitaan yang beredar di tengah masyarakat terkait dengan jam operasional warung madura, Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) tidak pernah melarang warung madura untuk beroperasi…

Prodi Bisnis Digital, Jurusan Buat Kamu si Paling Gen Z

Sabtu, 27 April 2024 - 12:52 WIB

Prodi Bisnis Digital, Jurusan Buat Kamu si Paling Gen Z

Bagi kamu, Gen Z , tentu sudah tidak asing lagi dengan Jurusan Bisnis digital. Jurusan ini mempelajari tentang cara merancang bisnis yang dikembangkan menggunakan teknologi digital. Kenapa Kamu…

Cerita Film Syirik Related Dengan Gen Z dan Milenial

Sabtu, 27 April 2024 - 11:43 WIB

Cerita Film Syirik Related Dengan Gen Z dan Milenial

Film Syirik Neraka Pesisir Laut Selan Goes To School mendapat sambutann hangat dari ratusan siswa siswi SMK 3 Muhammadiyah Yogyakarta. Terbukti ratusan siswa setia menunggu keadiran aktor pendukung…