Strategi Pemasaran Sekolah Dasar Dalam Membentuk Identitas

Oleh : Sinta E. Permatasari | Rabu, 24 Januari 2024 - 11:47 WIB

Sinta E. Permatasari - Mahasiswa S2 MM President University
Sinta E. Permatasari - Mahasiswa S2 MM President University

INDUSTRY.co.id - Bekasi, PT Jababeka Tbk berasal dari frasa Jababeka, yang merupakan singkatan dari Jawa Barat - Bekasi. Kombinasi dari nama Kabupaten Bekasi sebagai kawasan industri dan izin Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Kota Jababeka didirikan pada tahun 1989 sebagai kompleks industri mandiri. L'Oreal, Mattel, Samsung, Unilever, United Tractors, Akzo, Nobel, Nissin, dan cat ICI adalah beberapa tenant yang terkenal. Perkembangan pesat Kawasan Industri Jababeka telah menjadikannya sebagai kawasan industri terbesar di Asia Tenggara dalam waktu yang relatif singkat. Hal ini juga telah meningkatkan permintaan akan hunian dan ruang bisnis di Jababeka.

Jababeka mendirikan kompleks perumahan seluas 500 hektar pertamanya pada tahun 1992. Perumahan ini dibuat untuk memenuhi kebutuhan perumahan bagi para pekerja di Kawasan Industri Jababeka. Kota Jababeka mendirikan Jababeka Golf & Country Club pada pertengahan tahun 1990-an. Hal ini menambah luas area perumahan sebesar 1.500 hektar.

Dengan dibangunnya Tropikana Residence, Kemang Golf Terrace, dan Veranda Golf Townhouse pada awal tahun 2000, Jababeka memulai pembangunan cluster perumahan kelas menengah ke atas. Beberapa fasilitas yang akan menjadi jantung dari sektor perumahan Kota Jababeka mulai dibangun antara tahun 2001 dan 2007. Fasilitas-fasilitas tersebut antara lain pendirian Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengah Atas President, peluncuran Metropark Condominium, Beverly Hills Pavilion, ruko Roxy Plaza dan Pecenongan Square, Kebun Raya Jababeka, UKM Centre, President Executive Club, dan pembukaan MAPOLRES Bekasi. Kota Jababeka memiliki populasi sekitar satu juta orang pada tahun 2010, dengan ratusan perusahaan asing dan ekspatriat, menjadikannya distrik paling multikultural di koridor timur Jakarta.

PT Jababeka Tbk. mendirikan Jababeka Residence pada tahun 2013 untuk membangun dan mengoperasikan lingkungan perumahan baru di dalam Kota Jababeka yang ditujukan untuk pasar menengah ke atas. Perkembangan kota Jababeka semakin pesat antara tahun 2017 dan 2020, dengan berbagai pembangunan hunian dan komersial yang berkualitas seperti Elvis Apartment, Monroe Apartment, perumahan D'Cataluna, Cortes Town House, New Gardenville, Palm Town House, Sevilla Town House, Monaco Town House, Hollywood Junction, Ginza Business Loft, The Oscar, Kawana Golf Residence, Ruko Thamrin Boulevard, Rodeo Drive, Ruko Trace, Ruko Green market, Hollywood Boulevard, Ruko Monaco, Ruko Sevilla, Sudirman Boulevard.

Pengembangan Kota Jababeka terus berlanjut dengan berbagai item kreatif serta fasilitas dan infrastruktur yang canggih. Hal ini semakin mengukuhkan posisinya sebagai kota otonom modern terlengkap dan terbesar di Indonesia. Pengembangan Kota Jababeka terus berlanjut dengan berbagai item kreatif serta fasilitas dan infrastruktur yang canggih. Hal ini semakin mengukuhkan posisinya sebagai kota otonom modern terlengkap dan terbesar di Indonesia.

SD President, sebuah sekolah dasar swasta yang berbasis disiplin dan pendidikan karakter dengan multi etnis dan budaya, menjadi bagian dari proses pembelajaran toleransi dan Bhineka Tungal Ika. Sekolah dasar yang dinobatkan sebagai Sekolah Dasar Terbaik di Cikarang ini terletak di Kota Jababeka Cikarang - Bekasi, sebuah kawasan bisnis terbesar di Asil Tengara yang menaungi 2000 perusahaan multinasional dari 27 negara dan dilengkapi dengan berbagai infrastruktur kekinian.

Kehadiran Kawasan Industri dalam bentuk wisata industri, pengenalan ilmu pengetahuan dan teknologi, pengenalan dunia kerja, dan lain sebagainya sangat bermanfaat bagi proses pembelajaran siswa. Tim profesional dari Unit Pendidikan mempersiapkan pengembangan sekolah dengan mempertimbangkan tuntutan zaman, kapasitas siswa, dan kebutuhan pendidikan karakter anak.

Sejak didirikan pada tahun 2016, sekolah ini telah memiliki total 204 siswa. Jumlah siswa ditentukan oleh strategi pemasaran sekolah untuk menarik minat orang tua sebagai pelanggan. Sebagai sekolah dasar terbaik di Jababeka, sekolah ini telah berhasil membujuk para orang tua untuk menyekolahkan anak-anak mereka di SD President untuk melanjutkan pendidikan mereka. Strategi pemasaran sekolah dasar sangat penting untuk mempromosikan mereknya, menarik siswa, dan meningkatkan keterlibatan masyarakat. Sebuah sekolah dasar harus menggunakan berbagai strategi agar berhasil merepresentasikan ide dan penawarannya di era persaingan yang semakin ketat di antara lembaga pendidikan. 

Berikut ini adalah pelajaran yang dapat dipetik berdasarkan strategi pemasaran praktis yang diadopsi oleh tim pemasaran sekolah:

1. Sebagai permulaan, rencana pemasaran sekolah dasar harus menekankan pada proposisi penjualan yang unik (Unique Selling Propositions/USP). Apakah itu kurikulum khusus, metode pengajaran yang inovatif, atau penekanan yang kuat pada pengembangan karakter, mengidentifikasi ciri-ciri pembeda ini dapat membantu sekolah menonjol dari yang lain.

2. Membangun kehadiran online yang kuat sangat penting di era digital saat ini. Situs web yang dirancang dengan baik, profil media sosial yang aktif, dan konten yang menarik menunjukkan etos dan prestasi sekolah. Memanfaatkan platform ini untuk iklan bertarget juga dapat memperkuat jangkauan sekolah kepada calon siswa dan orang tua mereka.

3. Keterlibatan masyarakat adalah landasan lain dari strategi pemasaran yang sukses untuk sekolah dasar. Mengadakan open house, sesi informasi, dan partisipasi dalam acara-acara lokal menciptakan peluang bagi sekolah untuk terhubung dengan orang tua dan membangun kepercayaan. Promosi dari mulut ke mulut yang positif dari orang tua yang puas sering kali menjadi alat pemasaran yang ampuh.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

BRI insurance saat menerima penghargaan

Sabtu, 27 Juli 2024 - 12:56 WIB

BRI Insurance Sabet Tiga Penghargaan Sekaligus

BRI Insurance (BRINS) kembali berhasil menorehkan prestasinya dengan memboyong tiga penghargaan di acara 25th Insurance Award tahun 2024, dengan kategori sebagai The Excellent Performance General…

SEVP Digital Banking BSI Saut Parulian Saragih berbincang dan belanja bersama dengan anak-anak yatim didampingi perwakilan LAZ.

Sabtu, 27 Juli 2024 - 11:18 WIB

BSI Ajak 140 Anak Yatim Belanja, Ajarkan Literasi Transaksi Syariah

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) berkolaborasi dengan 7 (tujuh) Lembaga Amil Zakat (LAZ) menyelenggarakan acara Lebaran Anak Yatim untuk berbagi kebahagiaan berupa belanja bersama di Department…

Lokasi Bendungan Jlantah dan Jragung

Sabtu, 27 Juli 2024 - 10:32 WIB

Waskita Karya Ungkap Progres Bendungan Jlantah dan Jragung

Direktur Utama PT Waskita Karya (Persero) Tbk Muhammad hanugroho didampingi Direktur Operasi II Waskita Karya Dhetik Ariyanto mengunjungi lokasi pembangunan Bendungan Jlantah dan Jragung di…

YBM BRILiaN telah memperoleh kembali izin operasional sebagai Lembaga Amil Zakat

Sabtu, 27 Juli 2024 - 09:44 WIB

Kemenag RI Menyerahkan SK Izin Operasional Sebagai Lembaga Amil Zakat Skala Nasional Kepada YBM BRILiaN

Yayasan Baitul Maal BRILiaN atau YBM BRILiaN telah memperoleh kembali izin operasional sebagai Lembaga Amil Zakat (LAZ) Skala Nasional berdasarkan Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia…

Direktur Utama Kideco, M. Kurnia Ariawan, bersama Direktur Eksekutif IBCWE, Clara Wita Krisanti, setelah menandatangani kerja sama antara Kideco dan IBCWE

Sabtu, 27 Juli 2024 - 09:10 WIB

Dirut Kideco: Perusahaan Tambang Harus Berikan Kesempatan yang Sama Terhadap Perempuan

Direktur Utama PT Kideco Jaya Agung (Kideco), Mohammad Kurnia Ariawan mengatakan, pekerjaan tambang, tidak lagi menjadi pekerjaan yang harus didominasi oleh laki-laki. Menurutnya, kini perusahaan…