Difitnah Sebagai Pro Israel, Danone Indonesia Justru Banyak Bantu Palestina

Oleh : Wiyanto | Senin, 11 Desember 2023 - 13:22 WIB

Rapat Ulama dengan suguhan air Aqua
Rapat Ulama dengan suguhan air Aqua

INDUSTRY.co.id-Jakarta -- Kabar hoaks terus menerpa Danone Indonesia yang diisukan memiliki afiliasi dengan Israel. Padahal, fitnah tersebut sangat jauh dari data dan fakta yang ada. Danone Indonesia sebagai perusahaan juga telah menegaskan bahwa mereka tidak memiliki afiliasi politik dengan pihak manapun.

Bertolak belakang dengan kabar hoaks yang sengaja disebar, Danone Indonesia justru sudah memberikan bantuan kepada korban agresi militer Israel di tanah Palestina. Bantuan diberikan dalam beberapa bentuk dan disalurkan melalui berbagai lembaga berbeda.

Bantuan pertama diserahkan Danone Indonesia sebesar Rp 2 miliar kepada Lazis Muhammadiyah (LazisMU) dan Lazis Nahdlatul Ulama (LazisNU). Kedua organisasi masyarakat ini dinilai Danone memiliki kapabilitas dan jaringan yang kuat, sehingga bantuan dapat disalurkan dengan cepat dan tepat sasaran.

Danone memberikan bantuan Rp 1 miliar masing-masing lembaga. Bantuan tersebut diserahkan pada November 2023 lalu. VP General Secretary Danone Indonesia, Vera Galuh Sugijanto mengatakan pemberian donasi ini memang dilakukan dengan membawa misi kemanusiaan untuk membantu rakyat Palestina.  "Kami hadir ke Kedutaan Besar Palestina mewakili Danone Indonesia dan 13 ribu karyawan kami di Indonesia," katanya.

Bantuan lain disalurkan Danone Indonesia melalui Badan Amil Zakat Nasional Republik Indonesia (BAZNAS RI) pada Jumat (24/11) lalu. Danone Indonesia menyumbangkan bantuan Rp 500 juta untuk warga Palestina.

Danone Indonesia juga sempat menyerahkan bantuan langsung kepada kedutaan besar Palestina di Indonesia. Bantuan sebesar Rp 630 juta itu diterima langsung oleh wakil Duta Besar Palestina, Ahmed Metani.

Dalam beberapa sumbangan yang diberikan Danone Indonesia untuk warga Palestina selalu melibatkan seluruh karyawan Danone Indonesia dan AQUA. Sustainability Director Danone Indonesia, Karyanto Wibowo berharap krisis di Palestina bisa segera berakhir sehingga mereka bisa menjalankan kehidupan dengan aman, tentram dan damai.

"Insya Allah infak akan terus berjalan oleh teman-teman Karisma atau Karyawan Islam Danone Indonesia. Semoga kedepan lebih banyak lagi," katanya.

Begitu banyak fakta di lapangan bertentangan dengan kabar hoaks yang disebarkan guna membentuk opini negatif publik terhadap Danone Indonesia. Sebaliknya, Danone Indonesia sangat peduli terhadap nasib warga Palestina yang dijajah Israel.

Dalam konteks gerakan Boikot, Divestasi dan Sanksi (BDS) fitnah sengaja disebar agar masyarakat tidak lagi menggunakan AQUA. Padahal, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Bogor menyajikan AQUA sebagai minuman dalam kegiatan mereka.

Hal tersebut menunjukan bahwa MUI tidak memboikot AQUA tapi memanfaatkannya karena banyak memberikan kebaikan di tengah publik. Hal tersebut tercermin dari sejumlah bantuan untuk kemanusiaan kepada warga Palestina.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tim Bank Mandiri Singapura

Jumat, 03 Mei 2024 - 20:48 WIB

BMSG Lanjutkan Komitmen Keberlanjutan Bank Mandiri di Mancanegara

Bank Mandiri Singapura (BMSG) baru-baru ini menyelenggarakan acara bertajuk “BMSG on Preference“ mengusung tema “Elevating ESG Impact,“ acara perdana ini bertujuan meningkatkan kesadaran,…

Stok Beras di Pasar Induk Beras Cipinang Dipastikan Aman Memasuki Panen Raya 2024

Jumat, 03 Mei 2024 - 20:36 WIB

Alhamdulilah! Stok Beras di Pasar Induk Beras Cipinang Dipastikan Aman

Jakarta - Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Provinsi DKI Jakarta, PT Food Station Tjipinang Jaya (Perseroda) memastikan stok beras di Jakarta dinyatakan aman memasuki panen raya.

(kiri ke kanan) Direktur Network & IT Solution Herlan Wijanarko, Direktur Wholesale & International Service Bogi Witjaksono, Direktur Strategic Portfolio Budi Setyawan Wijaya, Direktur Digital Busines Muhamad Fajrin Rasyid, Direktur Utama Ririek Adriansyah, Direktur Keuangan & Manajemen Risiko Heri Supriadi, Direktur Human Capital Management Afriwandi, Direktur Group Business Development Honesti Basyir, dan Direktur Enterprise & Business Service FM Venusiana R

Jumat, 03 Mei 2024 - 20:12 WIB

Telkom Bagikan Dividen Rp17,68 Triliun atau Tumbuh 6,5% YoY

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk telah menyelesaikan Rapat Umum Pemegang Saham Tahun Buku 2023 di Jakarta pada Jumat (3/5). Rapat menyetujui pembagian dividen tunai sebesar Rp17,68 triliun…

56% Perempuan Pemilik UKM di Indonesia Mengalami Peningkatan Pendapatan Sejak Menerima Pembayaran Digital

Jumat, 03 Mei 2024 - 17:35 WIB

56% Perempuan Pemilik UKM di Indonesia Mengalami Peningkatan Pendapatan Sejak Menerima Pembayaran Digital

Visa, pemimpin global dalam pembayaran digital, melakukan survei terhadap usaha kecil dan menengah (UKM) di Indonesia . Temuan menunjukkan bahwa 54% UKM yang dipimpin oleh perempuan dan 48%…

Reboisasi lahan kritis merupakan upaya Telkom dalam pencegahan terjadinya erosi tanah

Jumat, 03 Mei 2024 - 16:48 WIB

Telkom Dukung Pemulihan 82,1 Ha Lahan Kritis melalui Reboisasi 33.800 Bibit Pohon

Data Kementerian Kemaritiman & Investasi tahun 2022 menyebut luas lahan kritis nasional sebesar 12.744.925 Ha. Hal ini terjadi dikarenakan tidak seimbangnya penebangan pohon dengan penanaman…