Oona Indonesia Luncurkan Chatbot dengan Teknologi AI Generatif untuk Penjualan Asuransi Global

Oleh : Hariyanto | Kamis, 07 Desember 2023 - 14:37 WIB

Penggunaan Yoona
Penggunaan Yoona

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Platform asuransi umum digital, Oona mengumumkan kemitraan strategis dengan Yellow.ai. Kemitraan ini bertujuan untuk memberikan layanan yang lebih efisien dan tanpa hambatan kepada pelanggan Oona dengan memanfaatkan teknologi generatif percakapan yang didukung oleh kecerdasan buatan (AI) milik Yellow.ai. 

Oona belum lama ini meluncurkan produk inovatifnya, Oona Flight Delay Insurance, yang dirancang khusus untuk wisatawan dari Indonesia. Oona Flight Delay Insurance menciptakan inovasi baru di pasar Indonesia sebagai salah satu produk asuransi pertama yang dapat dibeli melalui WhatsApp dan chatbot, Yoona, di situs web.

Dengan teknologi AI Dinamis yang didukung oleh AI generatif (Gen AI), Yoona memiliki kemampuan untuk membantu pelanggan dalam berbagai layanan, termasuk pembelian asuransi penundaan penerbangan (flight delay) dan asuransi perjalanan. Dengan memanfaatkan mesin Natural Language Processing (NLP) dari Yellow.ai, Yoona dapat memberikan dukungan layanan mandiri yang lancar selain layanan penjualan. 

Hanya dalam kurun waktu dua bulan sejak diluncurkan, Yoona telah melayani lebih dari 3.000 pengguna, dan angka ini terus bertambah seiring dengan semakin banyaknya wisatawan yang mencari kemudahan dalam bertransaksi mandiri (self-service).

“Kolaborasi dengan Yellow.ai ini merupakan bukti bahwa Oona mengutamakan kepuasan pelanggannya dengan menyajikan kemajuan teknologi yang dapat diakses oleh mereka. Dengan memanfaatkan efisiensi yang telah teruji dari Yellow.ai dan teknologi generasi berikutnya, Oona berhasil meningkatkan proses saat ini menjadi pengalaman yang mudah, jelas, dan menyenangkan bagi pelanggan kami,” kata Komisaris Utama Oona Insurance Indonesia, Abhishek Bhatia di Jakarta, Kamis (7/12/2023). 

Rashid Khan, Co-Founder & Chief Product Officer Yellow.ai, mengatakan, dalam skala global, kemampuan AI generatif Yellow.ai sedang mendapatkan momentum, terutama di sektor industri Perbankan dan Jasa Keuangan (BFSI), dengan industri asuransi memegang peranan utama. Hal ini tidak terkecuali di Asia Tenggara. 

"Kami sangat antusias dapat berkolaborasi dengan Oona untuk merevolusi dunia asuransi di Indonesia. Solusi kami akan memberdayakan Oona untuk memberikan pengalaman pelanggan yang sangat personal dan menciptakan percakapan yang berkesan," ujar Rashid. 

Bhatia yakin bahwa Yoona akan menunjukan keunikan Oona dibandingkan dengan perusahaan asuransi lainnya. "Produk-produk kami terjangkau bagi seluruh masyarakat Indonesia, termasuk asuransi perjalanan dan penundaan perjalanan. Kedua produk tersebut sekarang juga dapat diakses melalui chatbot Yoona," tambahnya.

Platform Otomasi Dinamis (DAP – Dynamic Automation Platform) yang didukung AI generatif Yellow.ai menyajikan pengalaman percakapan yang berkesan melalui agen AI dinamisnya, membantu lebih dari 1000 perusahaan di 85 negara mencapai kepuasan pelanggan dan keterlibatan karyawan yang lebih tinggi. Dibangun dengan arsitektur multi-LLM yang terus dilatih pada miliaran percakapan untuk skalabilitas, kecepatan, dan akurasi, ini memberikan pengurangan biaya operasional hingga 60%.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Wuling Air ev

Jumat, 17 Mei 2024 - 16:47 WIB

Wuling Air ev Sukses Jadi 'Mitra' Mobilitas Ramah Lingkungan yang Praktis dan Hemat

Wuling Air ev sukses memikat hati para kaum urban, terutama kalangan muda. Memiliki fitur-fitur lengkap, ramah lingkungan dan harga yang terjangkau menjadi alasan konsumen meminang mobil mungil…

Kusnanto Saidi

Jumat, 17 Mei 2024 - 16:26 WIB

Dilirik Banyak Parpol, Pengamat: Sosok Birokrat Kusnanto Saidi Layak Jadi Calon Wali Kota Bekasi

Direktur RSUD Chasbullah Abdulmadjid Kota Bekasi, Kusnanto Saidi mulai dilirik sejumlah Partai Politik (Parpol) untuk mengikuti Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Bekasi 2024.

Menteri PUPR Basuki: Indonesia Siap Selenggarakan World Water Forum ke-10 Tahun 2024 di Bali

Jumat, 17 Mei 2024 - 16:11 WIB

Menteri PUPR Basuki: Indonesia Siap Selenggarakan World Water Forum ke-10 Tahun 2024 di Bali

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono selaku Ketua Harian World Water Forum ke-10 mengatakan, Pemerintah Indonesia telah menyiapkan rangkaian agenda sebagai kesiapan…

Pegadaian Peduli Transformasi Sekolah di Bengkulu

Jumat, 17 Mei 2024 - 15:30 WIB

Dukung Kualitas Pendidikan Anak Indonesia, Pegadaian Peduli Transformasi Sekolah di Bengkulu

PT Pegadaian melaksanakan rangkaian program inisiatif Pegadaian Peduli Pendidikan melalui Transformasi Sekolah, berkolaborasi dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bengkulu dan Badan Penjaminan…

Kolaborasi REI dan Rumah123

Jumat, 17 Mei 2024 - 15:17 WIB

Kolaborasi REI dan Rumah123, Akselerasi Pertumbuhan Developer Properti di Indonesia

Realestat Indonesia (REI) mempererat kolaborasinya dengan Rumah123. Kolaborasi ini didasarkan pada visi yang sejalan dalam memperkuat kualitas ekosistem industri sekaligus menghadirkan pengalaman…