Hari Ikan Nasional, eFishery Terus Ajak Masyarakat Gemar Konsusmsi Ikan

Oleh : Nina Karlita | Senin, 27 November 2023 - 23:52 WIB

eFishery gelar rangkaian acara peringatan Hari Ikan Nasional (Harkannas) 2023.
eFishery gelar rangkaian acara peringatan Hari Ikan Nasional (Harkannas) 2023.

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Peringati Hari Ikan Nasional (Harkannas) yang jatuh tiap tanggal 21 November, eFishery ajak masyarakat lebih gemar mengkonsumsi ikan. Karena sebagai bahan yang relatif terjangkau dan mudh didapat, ikan memiliki banyak kandungan baik untuk tubuh.

Sesuai dengan visi dan misi eFishery untuk berkomitmen menyediakan kebutuhan pangan dunia melalui akuakultur. Perusahaan mengambil bagian dalam kampanye Harkannas 2023 dengan berbagai upaya mendorong peningkatan konsumsi ikan melalui edukasi dan kolaborasi.

eFishery siap mendukung terlaksananya Harkannas 2023 melalui perikanan budidaya berkelanjutan untuk ketahanan pangan Indonesia. Serangkaian kegiatan ini juga merupakan upaya sinergi antara pemerintah dan swasta dalam meningkatkan pemahaman masyarakat akan pentingnya konsumsi ikan. 

"Keterlibatan Kementerian Kelautan dan Perikanan serta rekan media pada Harkannas 2023, membuat kami optimis dapat memperluas penyebaran informasi tentang manfaat ikan untuk ketahanan pangan, pencegahan stunting dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat,” ujar Luciana Dita Chandra Murni, Head of Regulatory and Government Affairs eFishery.

Salah satu inisiatif yang dilakukan oleh eFishery untuk mendukung peningkatan tingkat konsumsi ikan adalah menyelenggarakan kelas memasak ikan bersama rekan-rekan media dengan tujuan meningkatkan pemahaman media mengenai pentingnya konsumsi ikan dan mengajarkan teknik-teknik memasak ikan yang inovatif dan menggugah selera. 

Kelas memasak dipimpin oleh Chef Eddy Siswanto, seorang chef profesional, dengan menu sajian nusantara yaitu ikan gurame pesmol. Ikan yang dimasak adalah ikan dari pembudidaya eFishery yang dibudidaya secara berkelanjutan dan memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh.

“Kelas memasak bersama media ini juga menjadi salah satu upaya eFishery dalam meningkatkan pemahaman media mengenai pentingnya mengonsumsi ikan, sekaligus memperkaya pengetahuan tentang teknik-teknik memasak ikan yang mudah, inovatif, dan menggugah selera," kata Luciana. 

Pembina Mutu Hasil Kelautan dan Perikanan Ahli Utama Kementerian Kelautan dan Perikanan, Innes Rahmaniar, mengapresiasi inisiatif eFishery dalam memeriahkan Harkannas 2023. Mulai dari membagikan ikan, kelas memasak, hingga edukasi kepada masyarakat tentang sumber gizi pada ikan.

Tingkat konsumsi ikan masih tergolong rendah yaitu hanya sekitar 56 kg per kapita. Angka ini masih di bawah target Kementerian Kelautan dan Perikanan yang menaikkan target konsumsi ikan nasional menjadi 61,02 kg per kapita.

"Selain itu, komitmen eFishery dalam mengelola sumber daya ikan secara berkelanjutan akan menjadi kunci keberhasilan dalam menjamin ketersediaan ikan yang berkualitas di masa mendatang dalam mewujudkan Generasi Emas Indonesia," kata Innes. 

Sebelumnya, eFishery bersama Kementerian Kelautan dan Perikanan membagikan ikan air tawar kepada 450 pengunjung kegiatan Harkannas 2023, yang terdiri dari balita hingga manula, di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, pada tanggal 19-21 November, bagi para penerima manfaat Harkannas dari mulai balita hingga manula. 

Pada kesempatan tersebut, eFishery juga melakukan seremonial penandatanganan Perjanjian Kerjasama dengan Direktorat Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan. 

Perjanjian kerjasama tersebut membahas tentang Optimalisasi Pemanfaatan Teknologi Untuk Mendukung Penguatan Daya Saing Hasil Perikanan. Tujuan dari adanya perjanjian kerjasama ini adalah untuk mengoptimalisasi pemanfaatan teknologi untuk mendukung penguatan daya saing hasil perikanan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Danamon Sasar Peningkatan Bisnis Konsumer Melalui Partisipasi di IIMS 2024

Rabu, 21 Februari 2024 - 14:36 WIB

Danamon Sasar Peningkatan Bisnis Konsumer Melalui Partisipasi di IIMS 2024

Tahun ini merupakan tahun ketiga PT Bank Danamon Indonesia Tbk (“Danamon”) dan MUFG Bank Ltd. (MUFG) kembali menjadi official bank partner, dan PT Adira Dinamika Multi Finance, Tbk. (“Adira…

ALFI Siap laksanakan Amanah Wapres RI Kaji Skema Integrasi Logistik Nasional

Rabu, 21 Februari 2024 - 14:29 WIB

ALFI Siap laksanakan Amanah Wapres RI Kaji Skema Integrasi Logistik Nasional

Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin meminta Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI) periode 2023-2028 untuk mengkaji skema logistik nasional demi memastikan terwujudnya sistem yang terintegrasi…

PT Siloam International Hospitals Tbk. (SILO)

Rabu, 21 Februari 2024 - 14:22 WIB

Ekspansi Digital SILO untuk Layani Pasien

PT Siloam International Hospitals Tbk. (SILO), anak usaha PT Lippo Karawaci Tbk. (LPKR) di sektor layanan kesehatan, berkomitmen melanjutkan investasi pada saluran digital yang mumpuni untuk…

Presiden Jokowi hadiri Pertemuan Industri Jasa Keuangan 2024

Rabu, 21 Februari 2024 - 13:32 WIB

Hadiri Pertemuan IJK 2024, Presiden Jokowi Sampaikan Optimistisme Ekonomi Indonesia di Tahun 2024

Presiden Joko Widodo didampingi Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menghadiri Pertemuan Industri Jasa Keuangan 2024 di Ballroom The St. Regis, Jakarta, Selasa (20/2/2024). Pada…

Peluncuran Satelit Merah Putih 2 dari Cape Canaveral, Florida

Rabu, 21 Februari 2024 - 13:04 WIB

Satelit Merah Putih 2 Sukses Diluncurkan dari Cape Canaveral Florida

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) bersama anak usahanya, Telkomsat sukses meluncurkan Satelit Merah Putih 2 langsung dari Cape Canaveral, Florida pada Selasa (20/2) pukul 15.11 waktu…