Putera Puteri Maritim Indonesia 2023 Kembali Digelar, 63 Finalis Dari 20 Provinsi Siap bersaing

Oleh : Nina Karlita | Senin, 27 November 2023 - 23:12 WIB

Pembukaan Putera Puteri Maritim Indonesia 2023.
Pembukaan Putera Puteri Maritim Indonesia 2023.

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Yayasan Putera Puteri Maritim Indonesia kembali selenggarakan pemilihan Putera Puteri Maritim Indonesia tahun 2023. Tahun ini mengusung tema “Peran Pemuda dalam Kemajuan Teknologi dan Kelestarian Lingkungan Maritim”. 

Sebanyak 63 finalis yang terdiri dari 30 Putera dan 33 Puteri yang mewakili 20 provinsi resmi diterima di Bhumi Marinir Cilandak, Jakarta Selatan pada hari Minggu, 26 November 2023.
 
Pemilihan Putera Puteri Maritim Indonesia 2023 dibuka secara langsung dengan upacara militer oleh Letnan kolonel Marinir Dadang Widyanto, M.Tr.Opsla. selaku Komandan Batalyon (Danyon) Infanteri 2 Marinir, di Batalyon Infanteri 2 Pasopati, Ksatrian Marinir Hartono, Cilandak Jakarta Selatan, Minggu 26 November 2023.
 
Pemilihan ppmi 2023 merupakan suatu rangkaian kegiatan pembinaan personal dalam rangka meningkatkan kompetensi yang mengarah pada peningkatan mutu pemuda dan pemudi bangsa agar lebih handal dan profesional terutama di bidang kepemimpinan dan kemaritiman. 

Selama kurang lebih 10 hari para Putera Puteri Maritim akan diberikan pembekalan dasar-dasar kemiliteran, dan pengetahuan tentang kemaritiman, dan juga materi kepariwisataan, ilmu komunikasi dan informasi, public speaking, table manner, beauty class, serta tata kelola lingkungan hidup,  serta IPTEK.
 
Penandatanganan Pakta Integritas Penyerahan Peserta Latihan dari Laksamana Madya TNI (Purn) Gunadi kepada Letkol Marinir Dadang Widyanto, M.Tr.Opsla.

“Kami mengharapkan para peserta bisa memanfaatkan waktu dan kesempatan yang baik ini agar dapat membina, menimba ilmu dan pengalaman dari para pembina, pelatih dan juga lingkungan yang ada di sekitar anda semua," kata Letkol Marinir Dadang. 

Pemilihan Putera Puteri Maritim ini juga dpt memberikan makna yang lain yaitu membangkitkan rasa percaya diri, kejujuran, setia kawan yang dilandasi sikap disiplin tinggi. 

"Saya berharap Putera Puteri Maritim ini sungguh-sungguh berlatih dengan serius, jaga kesehatan, mematuhi petunjuk pelatih, berpikir positif dalam menerima semua pelajaran yang diberikan. Karena semua bertujuan untuk membentuk  karakter Putera Puteri Maritim yang profesional dan bertaraf international,"kata Letkol Marinir Dadang.
 
Tahun ini Putera Puteri Maritim Indonesia adalah gelaran ke-5, setelah 3 tahun fakum karena pandemic. 
Menurut Letkol Marinir Dadang, sejak penyelenggaraan pertama di tahun 2016, pihaknya telah banyak bertemu dengan para generasi muda yang punya pengalaman luar biasa. 

"Setelah itu mereka kita rekrut untuk masuk didalam pemilihan Putera Puteri Maritim Indonesia dan di sana para peserta kita bina dan berikan wawasan kemaritiman, untuk mengenal lebih jauh tentang  potensi maritim Indonesia terkait masalah budaya, teknologi, ekonomi  dan pertahanan maritim," kata Letkol Marinir Dadang.

"Tidak hanya itu, para peserta juga diberikan materi lain seperti kelas kecantikan, table manner, IPTEK, public speaking, serta tata kelola lingkungan," jelas Laksdya TNI (Purn) Gunadi. MDA selaku Ketua Pelaksana Pemilihan Putera Puteri Maritim Indonesia 2023.
 
Setiap tahunnya Marinir TNI Angkatan Laut selalu mengevaluasi para Duta Maritim di setiap daerah. Putera Puteri maritim Indonesia juga diberikan pendidikan table manner untuk memberikan pengetahuan beretika dan etiket di meja makan.

"Karena pastinya mereka nanti akan menghadiri undangan resmi dari instansi atau undangan pejabat daerah<.” Jelas Ibu Anna Tedjo selaku Ketua Yayasan Putera Puteri Maritim Indonesia.

Kegiatan Pendidikan dan pelatihan para finalis Putera-Puteri Maritim Indonesia nantinya akan ditutup dengan Grand Final malam penganugerahan Putera-Puteri Maritim Indonesia tahun 2023 pada tanggal 5 Desember 2023.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Mitsubishi L100 EV

Rabu, 21 Februari 2024 - 16:15 WIB

Ini Dia Sejumlah Keuntungan Miliki Mitsubishi L100 EV

PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) akhirnya mengumumkan dimulainya penjualan Mitsubishi L100 EV di Indonesia, termasuk harga yang ditawarkan.

Food, Hotel & Tourism Bali (FHTB) Hadir Kembali di 2024

Rabu, 21 Februari 2024 - 16:02 WIB

Food, Hotel & Tourism Bali (FHTB) Hadir Kembali di 2024 Dengan Semangat Kewirausahaan dan Ekonomi Untuk Bisnis Yang Berkelanjutan

Seiring dengan pulihnya ekonomi Global dan tumbuhnya ekonomi Nasional, Food, Hotel & Tourism Bali (FHTB) kembali hadir di tahun 2024 sebagai pameran dagang Internasional terdepan dan utama di…

Retribusi Pasar Naik Mendadak, Ketua DPRD Klungkung Panggil Dinas Terkait

Rabu, 21 Februari 2024 - 15:56 WIB

Retribusi Pasar Naik Mendadak, Ketua DPRD Klungkung Panggil Dinas Terkait

Pedagang Pasar Tematik Semarapura mendatangi gedung DPRD Klungkung pada Senin lalu (19/02/2024). Para pedagang yang berjumlah 80 orang tersebut meminta peraturan kenaikan tarif retribusi dilakukan…

Mitsubishi XForce

Rabu, 21 Februari 2024 - 15:35 WIB

Beli Mitsubishi Xforce di IIMS 2024 Banjir Segudang Promo

PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) menghadirkan segudang promo-promo menarik di gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024 yang berlangsung di JIExpo Kemayoran,…

Pegawai Jtrust Bank

Rabu, 21 Februari 2024 - 15:23 WIB

Tahun 2024, J Trust Bank Optimis Penyaluran Kredit dan Dana Pihak Ketiga Lanjut Positif

PT Bank JTrust Indonesia Tbk (J Trust Bank) mencatat pertumbuhan positif untuk kredit dan dana pihak ketiga (DPK) per Januari 2024.