RM Marrel Suryokusumo Berharap Indonesia ke depan lebih peduli lingkungan

Oleh : Kormen Barus | Senin, 27 November 2023 - 20:04 WIB

RM Gustilantika Marrel Suryokusumo Bersama anak-anak muda yang bergerak dalam "Kaliurang Explore" usai diskusi yang digelar di Nawang Jagad, Kaliurang Barat, Hargobinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta, Senin (27/11/2023).
RM Gustilantika Marrel Suryokusumo Bersama anak-anak muda yang bergerak dalam "Kaliurang Explore" usai diskusi yang digelar di Nawang Jagad, Kaliurang Barat, Hargobinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta, Senin (27/11/2023).

INDUSTRY.co.id, Sleman-Pegiat lingkungan RM Gustilantika Marrel Suryokusumo berharap Indonesia kedepan memiliki pemipin yang memiliki kepedulian lebih pada isu lingkungan. Menurutnya hal itu sangat berkaitan dengan isu krisis pangan dan energi dunia yang diprediksi terjadi dalam beberapa waktu kedepan.

"Kelestarian lingkungan adalah syarat mutlak untuk mencapai ketahanan pangan dan energi," kata Marrel disela dikusi dengan anak-anak muda yang bergerak dalam Kaliurang Explore, di Kaliurang, Hargobinangun, Pakem, Sleman, Senin (27/11/2023).

Selain itu cucu Sri Sultan HB X ini menilai, Gen Z dan milenial yang menjadi mayoritas pemilih pada pileg dan Pilpres 2024 mendatang sangat peduli pada isu lingkungan.

"Kalau mau mengambil simpati gen Z dan milenial, setiap paslon (pasangan calon, capres-cawapres) harus bisa meyakinkan mereka soal komitmen terhadap isu lingkungan," tambahnya.

Menurut Marrel hal tersebut sangatlah wajar. Pasalnya, gen Z dan milenial bakal sangat merasakan bila bencana lingkungan yang berujung pada krisis pangan dan energi benar-benar terjadi.

"Kerusakan lingkungan akan menyebabkan kerugian besar pada ekonomi di wilayah tersebut, karena kualitas air dan tanah rusak sehingga berimbas ke sektor pangan dan energi," pungkasnya.

Marrel yang memimpin Bebadan Pangreksa Loka (Badan Lingkungan Hidup) Kraton Yogyakarta selama ini dikenal begitu aktif dalam kegiatan penyelamatan lingkungan, khususnya di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta.

Mulai dari penyelamatan lingkungan lereng Gunung Merapi yang berfungsi sebagai kawasan penangkap air hujan, kawasan bantaran Kali Progo yang menjadi sumber penghidupan warga setempat dari sektor pertanian. Hingga memberdayakan masyarakat di Gunungkidul agar memiliki sumber pakan ternak secara mandiri.

Menariknya, tidak hanya menyelamatkan lingkungan. Marrel juga mendorong masyarakat di lingkungan tersebut terlibat aktif dan berdaya secara ekonomi dalam setiap kegitan tersebut. Sebagai contoh, di kawasan Kaliurang Marrel menginisiasi berdirinya sejumlah objek wisata yang pengelolaannya 100 persen oleh masyareakat lokal.

Selain itu, di Gunung Kidul gerakan tanam pohon sebagai sumber pakan ternak juga membuat ekonomi masyarakat setempat juga lebih berdaya. Selain mereka memiliki sumber pakan ternak secara mandiri, warga juga memperoleh tambahan penghasilan dengan menjual ranting-rantingnya sebagai bahan bakar biomassa PLTU milik PLN.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Bitcoin

Kamis, 29 Februari 2024 - 10:20 WIB

Harga Bitcoin Mencapai $64.000 untuk Pertama Kalinya Sejak November 2021

Harga bitcoin (BTC) mencapai $64.000 pada hari Rabu (28/2/2024), untukĀ  pertama kalinya BTC berada level tersebut sejak puncak pasar bullish terakhir pada November 2021.

Penandatanganan kerja sama PT Pertamina Lubricants dengan PT Patra Logistik (PTPL) dan PT Elnusa Petrofin (EPN)

Kamis, 29 Februari 2024 - 10:15 WIB

PTPL Perkuat Sinergi ONE PERTAMINA Lewat Pengelolaan Gudang Pelumas di Sumbagut & Sulampua

PT Pertamina Lubricants (PTPL) memperkuat sinergi ONE PERTAMINA melalui kerja sama dengan PT Patra Logistik (PTPL) dan PT Elnusa Petrofin (EPN) dalam pengelolaan gudang pelumas di wilayah Sumatera…

Wakil Direktur Utama Bank Mandiri Alexandra Askandar, bertransaksi di merchant Erajaya

Kamis, 29 Februari 2024 - 09:53 WIB

Bank Mandiri Tawarkan Benefit Eksklusif di Erajaya Digital Complex PIK

Bank Mandiri terus berupaya mengakselerasi laju pertumbuhan ekonomi nasional melalui insentif yang dapat mengerek konsumsi rumah tangga. Terbaru, bank berlogo pita emas ini menggelar program…

Aplikasi Ruang Ngaji dari J99 Corp.

Kamis, 29 Februari 2024 - 09:38 WIB

Aplikasi Ruang Ngaji Dari J99 Corp Ajak Masyarakat Optimalkan Kualitas Ibadah Ramadan

Melalui fitur-fitur unggulannya, aplikasi Ruang Ngaji Dari J99 Corp siap menemani masyarakat dalam menjalankan ibadah dan amalan sepanjang bulan Ramadan nanti.

Zoho for Startups Diluncurkan di Indonesia.

Kamis, 29 Februari 2024 - 09:18 WIB

Zoho for Startups Percepat Pertumbuhan Ekosistem Kewirausahan

Zoho for Startups sendiri merupakan sebuah program yang berkomitmen dalam memberdayakan wirausahawan dan membantu pertumbuhan perusahaan rintisan atau startup.