Keren! Festival 'Indonesia by the Harbour' Sukses Memukau Warga Sydney, Australia

Oleh : Candra Mata | Senin, 27 November 2023 - 19:33 WIB

Festival Indonesia by the Harbour
Festival Indonesia by the Harbour

INDUSTRY co.id - Sydney, Australia - Circular Quay, pusat kota Sydney diramaikan oleh Festival Indonesia by the Harbour pada Sabtu lalu (25/11). Festival yang diselenggarakan oleh Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Sydney ini, bekerja sama dengan berbagai mitra, menarik perhatian lebih dari 4000 pengunjung, baik warga Australia maupun diaspora Indonesia.

Pembukaan festival ini ditandai dengan upacara tradisional Australia  "Welcome to Country" oleh Elder Gumaroy Newman, yaitu upacara tradisional Australia untuk menyambut pengunjung ke tanah leluhurnya. Elder Gumaroy melakukan smoke ceremony atau upacara asap dengan membakar tumbuhan lokal yang dipilih secara khusus dan dipercaya memiliki sifat pembersihan dan penyembuhan.  " Saya harap, festival Indonesia ini dapat menjadi salah satu agenda tahunan di Sydney, dan dapat mempromosikan tidak hanya budaya Indonesia, tetapi juga potensi perdagangan investasi dan pariwisata Indonesia serta semakin mempererat hubungan pertemanan Indonesia-Australia," ujar Konjen RI Sydney, Vedi Kurnia Buana

Dalam suasana yang penuh kehangatan, Festival nbsp;Indonesia by the Harbour menghadirkan keanekaragaman budaya Indonesia, mulai dari tarian tradisional Nusantara, pertunjukan musik, hingga atraksi silat dan peragaan busana. Tak hanya itu, kehadiran aktris Indonesia seperti Acha Septriasa, Melody Septania, dan Acha Sinaga dalam peragaan busana Batik Chic menjadi sorotan utama, menambah pesona festival tersebut.

Festival ini juga memanjakan lidah para pengunjung dengan sajian kuliner khas Indonesia seperti nasi bungkus, cendol, batagor, dan mi kocok. Penampilan kesenian modern dan tradisional dari berbagai komunitas Indonesia, termasuk Tari Randai, Tari Tapuak Galembong, Tari Piring, dan Tari Merak, berhasil menciptakan nuansa tradisional khas nusantara yang kental.

Festival Indonesia by the Harbour juga memperkenalkan stand non konvensional berupa shipping container yang tidak hanya mempromosikan pariwisata dan perdagangan Indonesia tetapi juga memberikan informasi tentang kemudahan visa dan kebijakan Golden Visa.

Para pengunjung, termasuk diaspora Indonesia, memberikan apresiasi tinggi terhadap festival ini. Emma Manurung, salah satu pengunjung, menyatakan kebanggaannya, sementara Suliyanti Sunaryo, seorang importir makanan dan minuman Indonesia di Australia, mengapresiasi upaya KJRI dalam mempromosikan budaya dan kuliner di Sydney.

Festival Indonesia by the Harbour bukan hanya acara budaya, tetapi juga menjadi wadah untuk memperkuat hubungan antara warga Australia dan diaspora Indonesia di Sydney. Dengan kesuksesan tahun ini, harapannya festival ini akan menjadi acara rutin yang dinantikan setiap tahunnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Arfindi Batubara (Marketing Director LIXIL Water Technology Indonesia) dan Hasan Alatas (Head of HOIRe by Lifetime Design)

Sabtu, 13 Juli 2024 - 23:33 WIB

American Standard Warnai Instalasi Rumah Dalam Mall Arief Muhammad

Koleksi terbaru American Standard itu tampil di kids bathroom dalam instalasi rumah-dalam-mall The House Within hasil kolaborasi Lifetime Design dengan Arief Muhammad.

Karyawan SBI Pabrik Cilacap saat menyiapkan semen kantong yang siap kirim di emplasemen kereta api Karangtalun, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

Sabtu, 13 Juli 2024 - 20:35 WIB

Dinilai Memiliki Kinerja Menjanjikan, SIG Masuk Daftar Konstituen Indeks PEFINDO i-Grade

Jakarta– Saham PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) ditetapkan sebagai konstituen PEFINDO Investment Grade Index (Indeks PEFINDO i-Grade) periode Juli - Desember 2024 oleh PT Pemeringkat…

Fidi Sjamsoedin, Director Marketing & Innovation Sababay WInery

Sabtu, 13 Juli 2024 - 20:13 WIB

Sababay Winery Luncurkan SANGRIA Dengan Perpaduan Rasa Unik Dari Buah Dan Rempah Indonesia

Pelopor dalam industri wine Indonesia, Sababay Winery meluncurkan Sababay SANGRIA! Kaya akan rempah-rempah dan buah-buahan asli Indonesia, Sababay SANGRIA hadir dengan rasa yang unik.

Progres Pemulihan PDNS 2, 86 Layanan Telah Aktif

Sabtu, 13 Juli 2024 - 20:12 WIB

Menko Hadi Sampaikan Kabar! Progres Pemulihan Pusat Data Nasional Sementara 2, 86 Layanan Telah Aktif

Jakarta-Pemulihan layanan pada Pusat Data Nasional Sementara (PDNS) 2 telah bertambah menjadi 86 layanan, yang berasal dari 16 tenant.

PJI Company of The Year Competition

Sabtu, 13 Juli 2024 - 15:17 WIB

PJI, Zurich, Starbucks, dan AIG Bersinergi Bawa Pelajar Indonesia ke Kompetisi Wirausaha Tingkat Global

Untuk merayakan puncak program edukasi kewirausahaan Student Company, Prestasi Junior Indonesia (PJI) dengan dukungan Zurich Indonesia, Z Zurich Foundation, The Starbucks Foundation, Starbucks…