Forum Alumni Indonesia Hebat (FAUI) Meminta Presiden Joko Widodo Mengambil Cuti selama berlangsungnya Pilpres 2024

Oleh : Kormen Barus | Senin, 27 November 2023 - 18:35 WIB

Dewan Presidium Forum Alumni Untuk Indonesia Hebat
Dewan Presidium Forum Alumni Untuk Indonesia Hebat

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Dinamika politik seputar Pemilihan Presiden 2024 saat ini,  telah melahirkan tuduhan adanya sikap sepihak di kalangan pejabat pemerintah. Merespon kondisi ini,  Forum Alumni untuk  Indonesia Hebat (FAUI) menduga adanya sikap sepihak tersebut sebagai upaya untuk menguntungkan pihak penguasa saat ini. FAUI khawatir, sikap sepihak pejabat pemerintah berasal dari arahan di balik layar dari kepemimpinan Pemerintah.

"Bulan November mengingatkan kita pada peristiwa Semanggi I di tahun 1998. Setidaknya tercatat 17 anak bangsa menjadi korban hilang nyawa dlm peristiwa itu. Semua demi tegaknya demokrasi di bumi Indonesia. Jangan kita melupakan sejarah. Bangsa yang melupakan sejarahnya maka akan terpaksa mengulangi lagi sejarah yg sama," ujar Dedy Syech, Dewan Presidium FAUI, usai membacakan pernyataan sikap FAUI, di Jakarta, Senin sore (27/11/2023).

Lanjutnya, seperti yang kita ketahui, anak Presiden Joko Widodo sendiri menjadi kontestan dalam Pemilihan Presiden 2024. Situasi ini menimbulkan risiko konflik kepentingan yang signifikan bagi Presiden Republik Indonesia. Tidak lama ini, kita menyaksikan contoh yang jelas mengenai konflik kepentingan di Mahkamah Konstitusi, yang berakhir dengan pemecatan Ketua Mahkamah Konstitusi karena pelanggaran etika yang parah terkait Kontestasi Presiden 2024.

FAUI  juga sangat khawatir tentang insiden-insiden terbaru yang melibatkan mobilitas pejabat desa untuk mendukung kandidat tertentu. Bahkan, telah ada laporan tentang pemanggilan pejabat desa untuk dimintai keterangan oleh Polisi, seperti yang terlihat dalam peristiwa terkini di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Kami menduga kuat bahwa tindakan-tindakan ini merupakan intimidasi terhadap pejabat desa oleh aparat penegak hukum.

Berdasarkan keprihatinan ini, FAUI menuntut Presiden Joko Widodo, sebagai Kepala Pemerintahan yang anak kandungnya ikut serta dalam kontestasi Pemilihan Presiden 2024, mengambil cuti sementara dari jabatan Presiden Republik Indonesia hingga berakhirnya Pemilihan Presiden 2024.

“Kami mengharapkan presiden bisa menjaga netralitasnya atau jika tidak maka lebih bijak presiden mengambil cuti untuk dirinya.” Ungkap Pande, Dewan Presidium FAUI.

Senada dengan Pande, Visna Vulovik yang juga Dewan Presidium FAUI menyampaikan bahwa langkah cuti ini sangat penting untuk menjaga netralitas pejabat pemerintah di semua tingkatan dan menjaga integritas Pemilihan Presiden 2024.

“Kami khawatir kepercayaan rakyat terhadap negara akan terkikis jika pejabat pemerintah gagal untuk tetap netral selama proses pemilihan yang sedang berlangsung,” ungkap Visna

Forum Alumni UI untuk Indonesia Hebat, menyampaikan tuntutan ini demi menjaga keadilan dan kepercayaan dalam proses demokrasi kita.

Pernyataan sikap oleh Dewan Presidium Forum Alumni Untuk Indonesia Hebat  ini disampaikan oleh 15 Dewan pengurus, antara lain:
1. Pande K. Trimayuni
2. Visna Vulovik
3. Manik Marganamahendra
4. Sigit Edi Sutomo
5. Agandha Armen
6. Thomas Djunianto
7. Harris muttaqin
8. Arif Suhaemi
9. Chandra
10. Dedy Syeh
11. Agus Q. S
12. Gratami
13. Maizul Huda
14. Inda Marlinda
15. Ike Alhidayah

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

TIKI Raih Penghargaan Indonesia TOP Digital PR Award 2024 Kategori Jasa Pengiriman

Kamis, 29 Februari 2024 - 11:48 WIB

TIKI Raih Penghargaan Indonesia TOP Digital PR Award 2024 Kategori Jasa Pengiriman

PT. Citra Van Titipan Kilat (TIKI), perusahaan jasa pengiriman terkemuka di Indonesia dengan rekam jejak lebih dari 53 tahun di Indonesia, meraih penghargaan Indonesia TOP Digital PR Award 2024…

Garuda indonesia

Kamis, 29 Februari 2024 - 11:26 WIB

Maskapai GIA Group Menang Ditingkat Banding Atas Gugatan Greyflag Entities

Langkah perbaikan kinerja usaha PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk melalui payung hukum restrukturisasi terus diperkuat pasca Pengadilan Tingkat Banding Paris menolak permohonan banding yang…

IT Active Watch Curve WR01

Kamis, 29 Februari 2024 - 11:13 WIB

IT Perkenalkan Produk Smartwatch Bidik Penggemar Gaya Hidup Aktif

Erajaya Active Lifestyle (ERAL) melalui private label IT (Immersive Tech) memperkenalkan IT Active Watch Curve WR01, produk perdana dari kategori smartwatch.

Ilustrasi Bitcoin

Kamis, 29 Februari 2024 - 10:20 WIB

Harga Bitcoin Mencapai $64.000 untuk Pertama Kalinya Sejak November 2021

Harga bitcoin (BTC) mencapai $64.000 pada hari Rabu (28/2/2024), untukĀ  pertama kalinya BTC berada level tersebut sejak puncak pasar bullish terakhir pada November 2021.

Penandatanganan kerja sama PT Pertamina Lubricants dengan PT Patra Logistik (PTPL) dan PT Elnusa Petrofin (EPN)

Kamis, 29 Februari 2024 - 10:15 WIB

PTPL Perkuat Sinergi ONE PERTAMINA Lewat Pengelolaan Gudang Pelumas di Sumbagut & Sulampua

PT Pertamina Lubricants (PTPL) memperkuat sinergi ONE PERTAMINA melalui kerja sama dengan PT Patra Logistik (PTPL) dan PT Elnusa Petrofin (EPN) dalam pengelolaan gudang pelumas di wilayah Sumatera…