Rayakan Hari Bangunan Indonesia 2023, Indocement Gelar Turnamen Futsal

Oleh : Kormen Barus | Selasa, 14 November 2023 - 19:46 WIB

Rayakan Hari Bangunan Indonesia 2023, Indocement Gelar Turnamen Futsal
Rayakan Hari Bangunan Indonesia 2023, Indocement Gelar Turnamen Futsal

INDUSTRY.co.id,  Jakarta- PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk (Indocement) menyelenggarakan turnamen futsal untuk pelaku industri konstruksi di Indonesia yang diselenggarakan di Galaxy Sport Center, PIK 2, Jakarta. Turnamen futsal ini diikuti oleh 16 tim yang mewakili kementerian, perusahaan beton siap-pakai,

kontraktor, pengembang, alumni program Sekolah Tukang Tiga Roda, dan pihak[1]pihak lainnya. Pembukaan acara ini dihadiri oleh Dirjen Bina Konstruksi Kementerian PUPR Rachman Arief Dienaputra dan Direktur Indocement Troy D. Soputro.

Pembukaan juga dihadiri oleh para pimpinan perusahaan yang mengikuti kompetisi ini. “Pada 1–3 November yang lalu Kementerian PUPR telah menyelenggarakan event Konstruksi Indonesia, dimana Indocement turut menjadi bagian dari acara tersebut, berbagai pengetahuan baru dibagikan dalam berbagai rangkaian seminar, saling mengedukasi melalui booth pameran dan juga lomba pekerja konstruksi Indonesia, yang diikuti oleh perwakilan dari berbagai provinsi di Indonesia. Untuk melengkapi dan memperkuat kebersamaan insan konstruksi Indonesia sekaligus memperingati Hari Bangunan Indonesia pada 11 November, kami berinisitif untuk menyelenggarakan kegiatan yang lebih fun berupa turnamen futsal,” ucap Troy D. Soputro.

Pemenang turnamen futsal ini akan mendapatkan hadiah uang tunai dan Piala HBI Kementerian PUPR. Piala ini terbuat dari Semen Tiga Roda dikombinasikan dengan limbah sak semen bekas pakai, piala ini menjadi sebuah simbol pentingnya keberlanjutan bagi seluruh insan konstruksi Indonesia.

Direktur Jenderal Bina Konstruksi, Rachman Arief Dienaputra, secara resmi membuka turnamen futsal ini. Rachman Arief menyampaikan diselenggarakannya turnamen Futsal HBI 2023 ini dapat membuat keakraban, persatuan, dan kesatuan para pelaku konstruksi untuk menghadapi tantangan ke depan sehingga industri jasa konstruksi semakin maju dan memberi manfaat bagi banyak pihak. Harapannya melalui kompetisi futsal ini menjadi ajang untuk meningkatkan kebersamaan antara pemerintah, pelaku bisnis dan industri jasa konstruksi, dan masyarakat jasa konstruksi.

Turnamen ini dimenangkan oleh tim perwakilan Kementerian PUPR yang berhasil mengalahkan PT PPLI di laga final yang berlangsung sengit. Piala ini akan kembali diperebutkan pada HBI tahun mendatang.

Indocement Terus Perbaiki Infrastruktur dan Bangunan di Desa Mitra Dalam rangka HBI 2023, Indocement juga secara serempak melakukan sejumlah kegiatan di tiga area operasional kompleks pabriknya. Seluruh kegiatan ini juga melibatkan karyawan dan pemangku kepentingan terkait di masing-masing lokasi.

-Kompleks Pabrik Citeureup

-Gotong royong karyawan dan masyarakat dalam merenovasi dua unit rumah tidak layak huni (rutilahu) di Desa Gunung Sari, Citeureup Kompleks Pabrik Cirebon

-Manajemen dan karyawan melakukan renovasi satu rutilahu di Desa Palimanan Barat dan satu di Desa Gempol

-Perbaikan kantor dan tempat pengumpulan sampah milik Bank Sampah Indah Makmur di Desa Kedung Bunder

-Pelatihan pekerja konstruksi desa mitra Kompleks Pabrik Tarjun

-Membangun pos satkambling di Desa Tegalrejo

-Merenovasi fasilitas posyandu di Desa Tarjun

-Membangun Jembatan Matawigi di Desa Cantung Kiri Hilir

-Mengajak Masyarakat Mengapresiasi Profesi Tukang Bangunan

Dalam rangka peringatan HBI 2023, pada 11 November 2023, Indocement berkolaborasi dengan Conture Concrete Lab mengadakan event dengan mengajak masyarakat mengapresiasi profesi tukang bangunan. Event tersebut dilaksanakan di Hotel Grand Kemang Jakarta, sebagai bagian dari pameran ICAD (Indonesia Contemporary Art and Design).

Dalam kegiatan ini ditampilkan berbagai keahlian para tukang bagunan mulai dari stand-up comedy, bina raga, dan bermain musik dengan perlengkapan tukang bangunan. Pada kegiatan ini masyarakat juga diajak mengikuti challenge untuk mengangkat beban yang terbuat dari semen selama 3 menit dan mendapatkan hadiah menarik.

“Melalui event ini kami ingin memberikan apresiasi kepada profesi tukang banguan, dan mengajak masyarakat untuk semakin mengapresiasi profesi ini, dengan challenge angkat beban ini para peserta bisa merasakan betapa luar biasa tenaga yang dikonstribusikan tukang bangunan saat membangun rumah,” demikian disampaikan Dion Sumedi, Senior Sales Advisor Semen Tiga Roda.

Edukasi Pemeliharaan Bangunan Cagar Budaya Masih dalam rangkaian peringatan Hari Bangunan Indonesia 2023, berkolaborasi dengan Dinas Kebudayaan Provinsi Jogjakarta, Indocement menyelenggarakan sosialisasi pendamping pemugaran 2023, dalam rangka kegiatan tata kelola cagar budaya dan warisan budaya. Pada kegiatan ini dilakukan seminar dan edukasi kepada 70 orang pendamping pemugaran bangunan cagar budaya di Jogjakarta. Hadir sebagai pembicara Bapak Rahmat Jatmikanto, Technical Marketing Manager Indocement.

Pada seminar kali ini Bapak Rahmat memperkenalkan Mortar TR15 dan Mortar TR30 sebagai material yang cocok digunakan untuk pemeliharaan bangunan cagar budaya. Pada kesempatan ini juga dibuat mockup yang disaksikan oleh peserta. Beberapa peserta juga diberikan kesempatan untuk menggunakan produk mortar tersebut.

“Produk semen dan mortar merupakan penyempurnaan dari bahan bangunan jaman kolonial sehingga mendapatkan kualitas yang lebih tinggi dan konstan. Untuk dinding tanpa retak dan durabilitas tinggi, produk Mortar Tiga Roda hadir dengan kualitas terjamin yang disesuaikan dengan bangunan tropis di Indonesia, sehingga sangat sesuai digunakan untuk pemeliharaan bangunan cagar budaya,” kata Rahmat.

Indocement adalah salah satu produsen semen terbesar di Indonesia yang memproduksi Semen Tiga Roda dan Semen Rajawali. Saat ini Indocement dan entitas anaknya bergerak dalam beberapa bidang usaha yang meliputi pabrikasi dan penjualan semen (sebagai usaha inti) dan beton siap-pakai, serta tambang agregat dan trass, dengan jumlah karyawan sekitar 3.400 orang. Indocement mempunyai 13 pabrik dengan total kapasitas produksi tahunan sebesar 25,5 juta ton semen. Sepuluh pabrik berlokasi di Kompleks Pabrik Citeureup, Bogor, Jawa Barat; dua pabrik di Kompleks Pabrik Cirebon, Cirebon, Jawa Barat; dan satu pabrik di Kompleks Pabrik Tarjun, Kotabaru, Kalimantan Selatan. Pada 2022, Indocement telah mengoperasikan Pabrik Maros setelah menandatangani Perjanjian Sewa Pakai Aset dengan PT Semen Bosowa Maros dan PT Bosowa Corporindo. Heidelberg Materials AG telah menjadi pemegang saham mayoritas Indocement sejak 2001.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Prodi Bisnis Digital, Jurusan Buat Kamu si Paling Gen Z

Sabtu, 27 April 2024 - 12:52 WIB

Prodi Bisnis Digital, Jurusan Buat Kamu si Paling Gen Z

Bagi kamu, Gen Z , tentu sudah tidak asing lagi dengan Jurusan Bisnis digital. Jurusan ini mempelajari tentang cara merancang bisnis yang dikembangkan menggunakan teknologi digital. Kenapa Kamu…

Cerita Film Syirik Related Dengan Gen Z dan Milenial

Sabtu, 27 April 2024 - 11:43 WIB

Cerita Film Syirik Related Dengan Gen Z dan Milenial

Film Syirik Neraka Pesisir Laut Selan Goes To School mendapat sambutann hangat dari ratusan siswa siswi SMK 3 Muhammadiyah Yogyakarta. Terbukti ratusan siswa setia menunggu keadiran aktor pendukung…

HK Realtindo Jalin Kerjasama Dengan All Play Indonesia

Sabtu, 27 April 2024 - 10:29 WIB

Ciptakan Ruang Rekreasi Kolaboratif, HK Realtindo Jalin Kerjasama Dengan All Play Indonesia

Dalam upaya meningkatkan fasilitas dan kepuasan penghuni apartemennya, anak perusahaan PT Hutama Karya (Persero) yaitu PT HK Realtindo (HKR) menjalin kerjasama dengan PT All Play Indonesia (All…

Bahana TCW

Sabtu, 27 April 2024 - 10:00 WIB

Ingin Memulai Berinvestasi di Reksa Dana Syariah, Perhatikan Hal Ini Agar Tak Salah Pilih

Sebagai salah satu negara dengan populasi penduduk muslim terbesar di dunia, menemukan investasi dengan konsep syariah tentu tak sulit di Indonesia. Namun, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan…

Film Syirik Goes To School di SMA N 1 Gamping Meriah.

Sabtu, 27 April 2024 - 09:12 WIB

Meski Diguyur Hujan Deras, Film Syirik Goes To School di SMA N 1 Gamping Meriah.

Biasanya kalau acara di tempat terbuka diguyur hujan akan ditinggalkan penonton, tapi lain halnya saat Acara Film SyirikSyirik Neraka Pesisir Laut Selatan Goes To School di SMA N 1 Gamping Yogyakarta…