Pameran Energi Terbesar di Indonesia dalam Rangka Hari Listrik Nasional Ke-78, Enlit Asia 2023 Resmi Digelar

Oleh : Herry Barus | Selasa, 14 November 2023 - 16:22 WIB

Pameran Energi Terbesar di Indonesia
Pameran Energi Terbesar di Indonesia

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Komitmen pemerintah untuk mendorong transisi energi dan menetapkan target Net Zero Emission pada 2060 terus ditingkatkan. Transisi energi ini juga menjadi komitmen pemerintah untuk memperluas akses terhadap teknologi yang terjangkau dan bersih sehingga dapat mendorong pemulihan ekonomi berkelanjutan dan lebih hijau.

Para pemangku kepentingan di sektor energi berkumpul dalam pameran energi terbesar di Indonesia dalam rangka Hari Listrik Nasional (HLN) ke-78 – Enlit Asia 2023 di Indonesia Convention Exhibition, BSD, pada 14-16 November 2023 untuk menunjukkan dukungan, solusi, serta berkolaborasi dalam upaya mendorong transisi energi dan mencapai target Net Zero Emission 2060.

Acara ini dibuka oleh Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia - Bapak Nezar Patria, Dirjen Energi Baru Terbarukan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral - Bapak Yudo Dwinanda Priadi, Dirjen Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral - Bapak Jisman Hutajulu, Ketua Dewan Pengawas MKI sekaligus Direktur Utama PT PLN (Persero) - Bapak Darmawan Prasojo, CEO of Clarion Events Asia - Richard Ireland dan Ketua Umum Masyarakat Ketenagalistrikan Indonesia (MKI) Evy Haryadi, Sekretaris Jenderal MKI  & Ketua Pelaksana HLN78 - Ibu Arsyadany G. Akmalaputri.

 

Dalam rangkaian acara pembukaan hari ini juga dilakukan penandatanganan nota kesepahaman oleh:

  • PT PLN Persero dan China Southern Power Grid International (HK) Co Limited
  • PT PLN Persero dan Hitachi Sakti Energy Indonesia
  • PT PLN Persero dan Electricite De France
  • PT PLN Persero dan GE Vernova
  • PT PLN Persero dan Danish Energy Agency
  • PT PLN Persero dan Huawei

 

Ketua Dewan Pengawas MKI sekaligus Direktur Utama PT PLN (Persero) Bapak Darmawan Prasodjo mengatakan, “Saat ini kita menghadapi tantangan baik dari sisi kebijakan, strategi, inovasi teknologi, hingga risiko investasi. Di sini kita tidak hanya mengidentifikasi tantangan namun juga bersama-sama menjawab tantangan perubahan iklim dengan berbagai cara. Ini adalah tantangan global yang harus dihadapi bersama dengan demikian kita bisa mengatasi hal itu dengan berkumpul pada acara hari ini. Hari ini ada event yang sangat luar biasa yaitu Enlit Asia 2023 bekerja sama dengan Masyarakat Ketenagalistrikan Indonesia yang menyelenggarakan pameran hingga CEO dialogue untuk saling berbagi peran dalam menghadapi perubahan iklim ini. Kita yang tadinya terfragmentasi menjadi bersatu dan kompak  berkolaborasi dalam hal strategi, teknologi, dan investasi bersama-sama sehingga tantangan yang kita hadapi dalam perubahan iklim ini bisa kita selesaikan satu persatu. Ini adalah salah satu event yang luar biasa dengan antusiasme dari para peserta dan terlihat dari berbagai CEO yang hadir dari seluruh dunia. Kita semua akan berbagi ide dan inovasi untuk bersama-sama mendinginkan bumi.”

 

Dalam sambutan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia yang diwaikili oleh Dirjen Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Bapak Jisman Hutajulu disebutkan bahwa untuk mencapai target NZE tersebut pemerintah telah menetapkan beberapa program pengembangan energi terbarukan sebagai strategi jangka Panjang ketenagalistrikan nasional, yang tercantum dalam Rencana Umum Ketenagalistrikan Nasional (RUKN). Acara Enlit Asia 2023 bersamaan dengan Hari Listrik Nasional ke-78, merupakan wujud dari semangat bersinergi dan dedikasi untuk keberhasilan transformasi sektor ketenagalistrikan mencapai target transisi energi menuju NZE.

 

CEO of Clarion Events Asia Richard Ireland mengatakan, “Enlit Asia 2023 tidak hanya sekedar acara energi di tingkat regional. Acara ini merupakan tempat berkumpulnya para pelaku industri energi dan kelistrikan dalam satu wadah dan mencari solusi inovatif bersama dalam rangka mendorong transisi energi dan mencapai target Net Zero Emission. Enlit Asia 2023 memberikan kesempatan bagi para ekshibitor dan pengunjung untuk melakukan networking dan membahas isu-isu terbaru terkait energi. Ada lebih dari 200 pembicara yang terlibat dalam rangkaian acara. Setidaknya lebih dari 12.000 pengunjung akan hadir dalam tiga hari pameran Enlit Asia 2023. Kami berharap acara yang berlangsung pada 14 hingga 15 November 2023 di ICE BSD ini dapat menjadi momen untuk menyatukan suara antar pemangku kepentingan sehingga target transisi energi dan Net Zero Emission dapat dikejar.”

Sementara itu Gabriel Bobby warawan senior yang juga hadir di waktu yang sama  mengatakan,” PT Banten West Java (BWJ) yang mengelola destinasi wisata Tanjung Lesung yang ada di Pandeglang, Banten dan PT Jababeka Morotai hadir di pameran Adapun kedua perusahaan tersebut ada d ibawah Jababeka”.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tim Bank Mandiri Singapura

Jumat, 03 Mei 2024 - 20:48 WIB

BMSG Lanjutkan Komitmen Keberlanjutan Bank Mandiri di Mancanegara

Bank Mandiri Singapura (BMSG) baru-baru ini menyelenggarakan acara bertajuk “BMSG on Preference“ mengusung tema “Elevating ESG Impact,“ acara perdana ini bertujuan meningkatkan kesadaran,…

Stok Beras di Pasar Induk Beras Cipinang Dipastikan Aman Memasuki Panen Raya 2024

Jumat, 03 Mei 2024 - 20:36 WIB

Alhamdulilah! Stok Beras di Pasar Induk Beras Cipinang Dipastikan Aman

Jakarta - Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Provinsi DKI Jakarta, PT Food Station Tjipinang Jaya (Perseroda) memastikan stok beras di Jakarta dinyatakan aman memasuki panen raya.

(kiri ke kanan) Direktur Network & IT Solution Herlan Wijanarko, Direktur Wholesale & International Service Bogi Witjaksono, Direktur Strategic Portfolio Budi Setyawan Wijaya, Direktur Digital Busines Muhamad Fajrin Rasyid, Direktur Utama Ririek Adriansyah, Direktur Keuangan & Manajemen Risiko Heri Supriadi, Direktur Human Capital Management Afriwandi, Direktur Group Business Development Honesti Basyir, dan Direktur Enterprise & Business Service FM Venusiana R

Jumat, 03 Mei 2024 - 20:12 WIB

Telkom Bagikan Dividen Rp17,68 Triliun atau Tumbuh 6,5% YoY

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk telah menyelesaikan Rapat Umum Pemegang Saham Tahun Buku 2023 di Jakarta pada Jumat (3/5). Rapat menyetujui pembagian dividen tunai sebesar Rp17,68 triliun…

56% Perempuan Pemilik UKM di Indonesia Mengalami Peningkatan Pendapatan Sejak Menerima Pembayaran Digital

Jumat, 03 Mei 2024 - 17:35 WIB

56% Perempuan Pemilik UKM di Indonesia Mengalami Peningkatan Pendapatan Sejak Menerima Pembayaran Digital

Visa, pemimpin global dalam pembayaran digital, melakukan survei terhadap usaha kecil dan menengah (UKM) di Indonesia . Temuan menunjukkan bahwa 54% UKM yang dipimpin oleh perempuan dan 48%…

Reboisasi lahan kritis merupakan upaya Telkom dalam pencegahan terjadinya erosi tanah

Jumat, 03 Mei 2024 - 16:48 WIB

Telkom Dukung Pemulihan 82,1 Ha Lahan Kritis melalui Reboisasi 33.800 Bibit Pohon

Data Kementerian Kemaritiman & Investasi tahun 2022 menyebut luas lahan kritis nasional sebesar 12.744.925 Ha. Hal ini terjadi dikarenakan tidak seimbangnya penebangan pohon dengan penanaman…