TRIPATRA Dukung Pupuk Kaltim Tekan Emisi dan Adopsi Teknologi Ramah Lingkungan Melalui Proyek Pembaruan Pabrik Amonia-2

Oleh : Herry Barus | Selasa, 14 November 2023 - 14:19 WIB

TRIPATRA Dukung Pupuk Kaltim Tekan Emisi dan Adopsi Teknologi Ramah Lingkungan Melalui Proyek Pembaruan Pabrik Amonia-2
TRIPATRA Dukung Pupuk Kaltim Tekan Emisi dan Adopsi Teknologi Ramah Lingkungan Melalui Proyek Pembaruan Pabrik Amonia-2

Jakarta - PT Tripatra Engineers and Constructors (TRIPATRA), penyedia solusi berbasis rekayasa teknik terkemuka di Indonesia, dipercaya untuk mendukung PT Pupuk Indonesia (Persero) dalam upaya mengadopsi teknologi ramah lingkungan yang lebih efisien dalam konsumsi energi sehingga dapat meningkatkan daya saing proses produksi pupuk nasional. Upaya tersebut ditandai dengan penandatanganan kontrak Engineering, Procurement dan Construction (EPC) proyek Revamping atau Pembaruan Pabrik Amonia-2, yang merupakan pabrik tertua PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) yang telah beroperasi sejak 1984, yang dilakukan baru-baru ini di Kantor Pupuk Kaltim Jakarta.

Penandatanganan kontrak EPC proyek Pembaruan Pabrik Amonia-2 dilakukan oleh President Director & CEO TRIPATRA, Raymond Naldi Rasfuldi bersama dengan Direktur Utama Pupuk Kaltim, Budi Wahju Soesilo yang turut disaksikan langsung oleh Direktur Utama PT Pupuk Indonesia (Persero), Rahmad Pribadi dan Komisaris Utama Pupuk Kaltim, Eka Sastra.

President Director & CEO TRIPATRA, Raymond Naldi Rasfuldi, mengungkapkan rasa bersyukurnya karena telah dipercaya untuk bisa membantu dan mendukung objektif usaha dari PT Pupuk Kaltim dan juga PT Pupuk Indonesia melalui proyek Pembaruan Pabrik Amonia-2. "Kami sangat merasa terhormat dapat diberikan kesempatan untuk bisa mendukung Pupuk Kaltim dalam memperbaiki dan meningkatkan fasilitas yang sudah ada agar tetap kompetitif dan berkontribusi dalam menurunkan emisi guna mendukung komitmen Indonesia menuju net zero emissions tahun 2060. Untuk itu, kami akan berkomitmen untuk memberikan solusi rekayasa teknik terbaik agar proyek ini dapat berjalan sesuai dengan perencanaan," kata Raymond. 

 

Dalam proyek Pembaruan Pabrik Amonia-2, terdapat dua hal yang menjadi fokus TRIPATRA. Pertama adalah keamanan dan keselamatan untuk memastikan semua yang berpartisipasi di proyek ini bisa terjamin keselamatannya. Dan kedua untuk memastikan bisnis objektif dari Pupuk Kaltim dan juga Pupuk Indonesia bisa tercapai, terutama dari sisi efisiensi energi dan juga optimalisasi emisi yang ada di pabrik Pabrik Amonia-2.

Selain meningkatkan efisiensi produksi, proyek pembaruan pabrik juga ditargetkan dapat mengurangi konsumsi gas yang berdampak pada penurunan emisi CO2. Melalui proyek pembaruan ini, diharapkan Pupuk Kaltim nantinya dapat menurunkan konsumsi energi sebesar 4 MMBtu/ton amonia, sehingga turut menekan emisi CO2 setara dengan penurunan emisi sebesar 110.000 ton CO2 ekuivalen per tahun.

 

Di usia ke-50 pada tahun 2023 ini, TRIPATRA terus bertransformasi dan beradaptasi untuk menyediakan berbagai solusi berbasis rekayasa teknik, salah satunya menghadirkan unit bisnis baru yang khusus untuk aset solusi. Unit bisnis aset solusi ini berfokus untuk mendukung klien kami yang mempunyai aset agar bisa membantu mereka dalam hal menyediakan solusi baik dari sisi operasi, pengembangan, brownfield modification dan expansion, proses improvement, maupun decommissioning nantinya apabila diperlukan, dengan target untuk bisa melakukan efisiensi energi dan juga memitigasi atau mengoptimasi emisi yang ada di industri.

“Kepercayaan yang diberikan kepada TRIPATRA sebagai kontraktor EPC untuk memimpin proyek revamping Pabrik 2 Pupuk Kaltim ini diharapkan bisa memberikan dukungan penting bagi Pupuk Kaltim untuk menerapkan strategi operasional berstandar tinggi. Kami berharap, proyek revamping pabrik tertua yang beroperasi di Pupuk Kaltim sejak 1984 ini bisa diselesaikan tepat waktu.” tutup Raymond.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Direktur Utama BSI Hery Gunardi (kanan kedua) bersama Direktur Sales & Distribution BSI Anton Sukarna (kanan pertama), Direktur Compliance Human Capital BSI Tribuana Tunggadewi (kiri kedua) dan SVP Corporate Secretary & Communication BSI Wisnu Sunandar (kiri pertama) saat konferensi pers BSI International Expo di Sentosa Senayan Jakarta.

Jumat, 14 Juni 2024 - 18:17 WIB

Wujudkan Komitmen Perkuat Ekosistem Halal Indonesia, BSI Gelar International Expo 2024

PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BSI) siap menggelar BSI International Expo 2024 yang akan diikuti lebih dari 270 tenant para pelaku usaha halal dalam dan luar negeri, serta potential buyer dari…

Press Conference Telapak

Jumat, 14 Juni 2024 - 17:09 WIB

Sebut Tak Ada Pelanggaran HAM di Kawasan Konsesi Blok Tanamalia PTVI, Telapak Sampaikan Rekomendasi

Perkumpulan Telapak Indonesia (Telapak), sebuah perkumpulan aktivis LSM, praktisi bisnis, akademisi, afiliasi media, serta masyarakat adat, menyampaikan rekomendasi kepada tiga pihak yakni PT…

Peran Multidisiplin untuk Penanganan Cedera Olahraga Secara Komprehensif

Jumat, 14 Juni 2024 - 16:42 WIB

Peran Multidisiplin untuk Penanganan Cedera Olahraga Secara Komprehensif

Cedera olahraga seringkali menjadi kendala yang menghalangi para atlet dan olahragawan, bahkan sport enthusiast, untuk mencapai performa terbaiknya. Namun, dengan pendekatan penanganan yang…

Ritel modern (Ist)

Jumat, 14 Juni 2024 - 16:10 WIB

Kemenperin Beberkan Sulitnya Produk IKM Masuk Ritel Modern

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) membeberkan permasalahan sulitnya produk-produk hasil produksi Industri Kecil dan Menengah (IKM) masuk ke ritel modern di Tanah Air.

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Terima CC Panglima US Indo-Pacom Bahas Kerja Sama Militer

Jumat, 14 Juni 2024 - 13:48 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Terima CC Panglima US Indo-Pacom Bahas Kerja Sama Militer

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menerima dari Courtesy Call (CC) Commanding General United States Army Pacific,Jenderal Samuel J. Paparo, yang menjadikan Indonesia sebagai tujuan pertamanya…