Kembali Digelar, Festival Jajanan Bango 2023 Ajak Eksplorasi Lebih Dari 100 Kuliner Nusantara

Oleh : Nina Karlita | Jumat, 27 Oktober 2023 - 21:33 WIB

Festival Jajanan Bango 2023.
Festival Jajanan Bango 2023.

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Festival Jajanan Bango kembali digelar. Bertempat di Plaza Parkir Timur Senayan, 27-29 Oktober 2023, festival kuliner akbar ini menghadirkan petualangan kuliner yang berbeda, berupa pengalaman multisensori saat menikmati ragam hidangan yang disajikan oleh lebih dari 100 legenda kuliner dari berbagai wilayah Indonesia. 

Pelaksanaan Festival Jajanan Bango 2023 kembali didukung oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI dan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah RI berkat persamaan misi untuk memajukan dan melestarikan kekayaan kuliner nusantara sekaligus mendorong kiprah pelaku UMKM kuliner tradisional.

Menurut Amaryllis Esti Wijono atau akrab disapa Lilis, selaku Direktur Nutrition PT Unilever Indonesia, sejak 1928, Bango selalu konsisten menjaga kualitas melalui penggunaan 4 bahan alami terbaik dan proses pembuatan yang otentik. 

"Hingga kini menginjak 95 tahun, upaya ini terus dilakukan agar kecap manis yang berkualitas dapat terus lestari sebagai culinary gem kebanggaan Indonesia yang menyatukan kelezatan aneka kuliner nusantara sejak dulu hingga nanti,” kata Lilis. 

Bango juga konsisten melestarikan kekayaan kuliner Nusantara melalui berbagai platform, salah satunya Festival Jajanan Bango yang digagas sejak tahun 2005. Setelah awal Oktober lalu sukses memuaskan selera lebih dari 22.000 masyarakat Makassar dengan 45 hidangan otentik persembahan legenda kuliner lokal maupun nasional.

"Kini Festival Jajanan Bango Jakarta 2023 menghadirkan lebih dari 100 penjaja kuliner legendaris dari berbagai wilayah; mencerminkan keunikan kota ini sebagai melting pot yang dijuluki ‘ibukota kuliner nusantara’,” lanjut Lilis.

Festival Jajanan Bango 2023 kembali didukung oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI untuk membuktikan bahwa pesona Indonesia tidak hanya terpancar dari keindahan alam ataupun keanekaragaman seni dan budayanya, namun juga dari kelezatan dan kearifan lokal yang terkandung dalam begitu banyak ragam kulinernya. 

Selain itu, Festival Jajanan Bango turut berkontribusi pada upaya Kemenparekraf RI untuk memajukan kuliner nusantara, khususnya yang menggunakan kecap manis sebagai culinary gem yang ikut membawa kuliner Indonesia mendunia melalui program “Indonesia Spice Up the World”.

"Saya berharap Festival Jajanan Bango 2023 dapat mendorong semangat para pengusaha kuliner dan masyarakat Indonesia untuk terus mempertahankan warisan kuliner nusantara sehingga Indonesia dapat menjadi tujuan wisata gastronomi dunia,” kata Menparekraf Sandiaga Uno.

Yang tak kalah penting, Festival Jajanan Bango juga mendukung upaya Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah RI untuk memajukan geliat industri UMKM kuliner lokal, karena keikutsertaan para pelaku UMKM di festival ini selalu berhasil mendorong popularitas mereka di antara para pecinta kuliner.

“Festival Jajanan Bango ini lebih dari sekedar acara, melainkan wadah penting bagi pelaku UKM untuk berinovasi, berkolaborasi, dan memanfaatkan kekayaan budaya Nusantara sebagai keunggulan kompetitif di kancah global," kata Menkop UKM Teten Masduki yang diwakili oleh Deputi Bidang UKM, Kemenkop UKM Ir. R.S. Hanung Harimba Rachman, S.E, M.S.  

Digelar di momen Hari Sumpah Pemuda, Bango mempersembahkan sesuatu yang berbeda di Festival Jajanan Bango Jakarta 2023 agar festival ini menjadi pengalaman yang mengesankan dan impactful, khususnya bagi generasi muda sebagai pemegang tongkat estafet pelestarian kuliner nusantara.

Sebagai acara puncak, Festival Jajanan Bango Jakarta 2023 ditutup dengan penampilan Rossa yang akan menyempurnakan petualangan kuliner para pengunjung dengan penampilannya yang atraktif dan lagu-lagu hits yang sudah sangat akrab di telinga.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Cintaquran dan snackvideo

Minggu, 16 Juni 2024 - 15:40 WIB

SnackVideo dan Cinta Quran Berkolaborasi Meriahkan Idul Adha dengan Kompetisi Konten Kreatif

Dalam rangka memeriahkan Hari Raya Idul Adha, SnackVideo, platform media sosial berbasis video pendek, berkolaborasi dengan salah satu lembaga Independent terkenal Cinta Quran Foundation membantu…

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo

Minggu, 16 Juni 2024 - 14:31 WIB

Demi Ketertiban Umum, Jangan Biarkan Pisau Hukum Tumpul

MASYARAKAT hanya bisa prihatin dan mengeluh ketika melihat dan merasakan semakin tumpulnya pisau penegakan hukum yang nyata-nyata berakibat pada menurunnya derajat ketertiban umum. Rasa keadilan…

Senior Vice President Wealth Management BSI Asri Natanegeri (kiri kedua) bersama Funding & Transaction Business Deputy BSI Regional Surabaya Silvia Permatasari (kanan kedua) dan Area Manager BSI Surabaya Kota Achmad Dhany Nasution (kiri pertama) saat potong pita pada pembukaan outlet BSI Prioritas Area Surabaya pada 13 Juni 2024 lalu.

Minggu, 16 Juni 2024 - 14:28 WIB

Tingkatkan Layanan Wealth Management Syariah, BSI Resmikan Outlet BSI Prioritas di Surabaya & Pondok Indah

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) membuka outlet BSI Prioritas baru, yaitu outlet BSI Prioritas Surabaya dan meresmikan outlet BSI Prioritas Pondok Indah Jakarta. Hal tersebut sebagai bukti…

Pembungkusan daging hewan kurban nonplastik ( Dompet Dhuafa)

Minggu, 16 Juni 2024 - 12:55 WIB

Dompet Dhuafa Pilih Pembungkus Nonplastik untuk Kurban, Langkah Nyata Kurangi Sampah Plastik

Lembaga Kemanusiaan Dompet Dhuafa selalu konsisten dalam distribusi daging kurban dari tahun ke tahun menggunakan pembungkus nonplastik. Langkah ini diambil untuk menjaga kualitas daging kurban…

Menperin Agus bertemu Produsen Otomotif Tiongkok

Minggu, 16 Juni 2024 - 12:03 WIB

Ditemui Menperin Agus, 4 Produsen Otomotif Ini Sepakat Jadikan Indonesia Hub Basis Produksi EV untuk Ekspor

Kunjungan kerja Menteri Perindustrian¬†Agus Gumiwang Kartasasmita¬†ke Tiongkok makin membuka peluang bagi para pelaku industri otomotif asal Negeri Tirai Bambu untuk meningkatkan ekspor kendaraan…