Subholding Pelindo Genjot Terobosan Baru untuk Indonesia Maju

Oleh : Wiyanto | Rabu, 25 Oktober 2023 - 05:15 WIB

Truk kontainer di Pelabuhan Pelindo
Truk kontainer di Pelabuhan Pelindo

INDUSTRY.co.id-Jakarta - PT Pelindo Solusi Logistik atau (“SPSL”) sebagai Subholding BUMN Kepelabuhanan Pelindo pada klaster logistik dan hinterland development terus berupaya mendukung Transformasi BUMN untuk Indonesia Maju dalam mewujudkan integrasi ekosistem dan efisiensi rantai logistik.

Joko Noerhudha selaku Direktur Utama SPSL memaparkan sejak merger Pelindo dan memasuki tahun ke-4 Transformasi BUMN untuk Indonesia Maju, Perseroan terus mengalami perbaikan. Hal tersebut terutama terlihat dari performa keuangan perseroan yang mampu mencatatakan kenaikan laba usaha di tahun 2023 sebesar 20% (YoY).

“Capaian ini dapat ditorehkan berkat kerjasama dari semua pihak dalam mewujudkan transformasi secara berkelanjutan. Salah satu fokus SPSL pada tahun 2023 dimulai dari standardisasi layanan operasional, optimalisasi aset, peningkatan kapasitas pegawai hingga implementasi digital yang dilaksanakan guna mendukung peningkatan kinerja dan kapasitas, sehingga secara bertahap mampu masuk ke dalam ekosistem logistik global,” ujar Joko Noerhudha, Selasa (24/10/2023) dalam keterangannya.

Berbagai pembenahan terus dilakukan di lingkungan Pelindo Group guna turut mendukung upaya penurunan biaya logistik nasional. Pada klaster logistik dan hinterland development, SPSL melakukan pembenahan yang dimulai dari standardisasi dan sistemisasi lapangan Cargo Consolidation and Distribution Center (CCDC) 100 di Makassar, Gudang CDC Banda di Jakarta, optimalisasi halal logistic dan cold storage di Jakarta yang pada tahun 2023 mengalami peningkatan utilisasi hingga 300%.

Joko Noerhudha mengungkapkan, untuk mewujudkan ekosistem logistik yang terintegrasi, SPSL akan terus berbenah dan melakukan penciptaan value di berbagai lini bisnis. Pasca merger Pelindo 2 tahun lalu, selain melakukan berbagai upaya untuk menekan biaya logistik, SPSL juga telah melakukan integrasi hinterland ke pelabuhan melalui kerjasama dengan para pelaku industri untuk membentuk ekosistem logistik melalui pelayanan transportasi logistik multimoda di Kawasan Sumatera Utara melalui jalur Sei Mangkei – Belawan, Sei Mangkei – Kuala Tanjung dan Kuala Tanjung – Belawan.

Guna mengoptimalkan peran SPSL sebagai sub Holding Logistik dan Hinterland Development, Perseroan tidak hanya berfokus pada pembenahan bisnis logistik, namun juga mengambil peran strategis untuk mendukung pertumbuhan industri. Salah satunya melalui integrasi antara pelabuhan dengan kawasan industri, sehingga menciptakan biaya logistik yang lebih efisien. Milestone yang telah dicapai yaitu melalui keberhasilan pembangunan dan pengoperasian Jalan Tol Cibitung Cilincing (JTCC) sepanjang 34,76 Km dan telah beroperasi secara penuh sejak 1 April 2023. Langkah ini diharapkan dapat mendukung efektifitas mobilitas melalui efisiensi waktu tempuh dan meningkatkan konektivitas Pelabuhan Tanjung Priok & Area Hinterland / Kawasan Industri di timur Jakarta.

Di samping itu SPS juga telah melakukan percepatan pembangunan kawasan industri Kuala Tanjung di Provinsi Sumatera Utara dengan secara pro aktif melakukan pemasaran guna menangkap peluang investasi dan komersialisasi lahan melalui penjajakan kepada beberapa calon mitra. Upaya pengembangan dan komersialisasi kawasan pendukung juga dilakukan pada kawasan pendukung Terminal Kijing yang terus menunjukan pertumbuhan positif dengan melakukan relokasi jalan nasional, pengembangan jalan utama, dan pembangunan fasilitas pendukung kawasan.

Joko Noerhudha menekankan transformasi di tubuh Perseroan akan terus berlanjut, mengingat saat ini transformasi baru berjalan selama 2 tahun. Menurut Joko Noerhudha, transformasi perlu dilakukan dalam jangka waktu panjang untuk membuahkan hasil yang lebih optimal dan menyeluruh. Hal ini sejalan dengan blueprint BUMN 2024-2034 yakni BUMN sebagai pelopor green economy, pembangunan infrastruktur yang berskala internasional dan terintegrasi, keberpihakan kepada UMKM, dan mengintegrasikan inovasi dan digitalisasi.

“Transformasi harus terus dilakukan secara berkesinambungan dan berkelanjutan agar dapat mendorong Perseroan dan Indonesia maju. Saat ini, transformasi SPSL dapat terlaksana bukan hanya didukung oleh sebuah sistem saja, akan tetapi melalui penguatan Sumber Daya Manusia (SDM), dan peningkatan Good Corporate Governance (GCG), serta penerapan value AKHLAK yang tidak hanya menjadi pedoman bagi para pegawai SPSL, melainkan harus tertanam dalam kehidupan sehari-hari,” ujar Joko Noerhudha.

SPSL selaku Anak Perusahaan BUMN akan terus melanjutkan program transformasi untuk membawa manfaat yang lebih besar bagi masyarakat terutama bagi Indonesia. Untuk tahun 2024, SPSL memiliki beberapa fokus utama salah satunya melanjutkan transformasi untuk mewujudkan ekosistem logistik yang terintegrasi sebagaimana roadmap Perusahaan tahun 2023-2024 yakni ekspansi ekosistem. Hal ini sejalan pula dengan transformasi BUMN yang telah disampaikan oleh Menteri BUMN Erick Thohir, yakni transformasi core value, infrastruktur aturan main, dan kesejahteraan para pegawai.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tingkatkan Layanan Bedah Kardiologi dan Bedah Orthopedi, Siloam Hospitals Grup Adakan Simposium

Selasa, 30 April 2024 - 15:30 WIB

Tingkatkan Layanan Bedah Kardiologi dan Bedah Orthopedi, Siloam Hospitals Grup Adakan Simposium

Siloam Hospitals Grup mengadakan Simposium bertajuk 'Progressive Updates in Cardiology and Orthopedics', di kota Balikpapan, Sabtu (27/04/2024). Pada kegiatan Simposium, disampaikan secara terkini…

HUT ke-43 Damai Putra Group Sebuah Perjalanan untuk Terus Bertumbuh, Berkontribusi, dan Mencapai Masa Depan Bersama

Selasa, 30 April 2024 - 15:26 WIB

43 Tahun Perjalanan Damai Putra Group, Terus Bertumbuh, Berkontribusi dan Mencapai Masa Depan Bersama

Jakarta-Memasuki usia yang ke-43 tahun, PT. Damai Putra Group tidak hanya merayakan pencapaian dan pertumbuhan yang positif, namun juga diikuti dengan komitmen terbaiknya dengan terus memberikan…

Jelang KTT WWF, Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto Siapkan Rencana Pengamanan Terpadu

Selasa, 30 April 2024 - 15:21 WIB

Jelang KTT WWF, Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto Siapkan Rencana Pengamanan Terpadu

Berkaca dari kesuksesan Konferensi Tingkat Tinggi Archipelagic and Island States (KTT AIS), tahun 2024 ini Indonesia kembali dipercaya sebagai tuan rumah perhelatan Internasional Konferensi…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Pimpin Upacara Peringatan HUT Kopassus Ke-72

Selasa, 30 April 2024 - 14:56 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Pimpin Upacara Peringatan HUT Kopassus Ke-72

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto, S.E., M.Si., memimpin upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Komando Pasukan Khusus (Kopassus) ke-72, bertempat di Lapangan Markas Kopassus Cijantung,…

Sandra Rachmadany Script writer Cantik Yang Bermimpi Jadi Artis Populer

Selasa, 30 April 2024 - 14:31 WIB

Sandra Rachmadany Script writer Cantik Yang Bermimpi Jadi Artis Populer

Sejak kecil Sandra Rachmadany sudah bermimpi menjadi seorang artis beken, namun karena tinggalnya di Solo, sehingga belum ada kesempatan. Namun ia tidak kehilangan akal, Sandra pun pilih sekolah…