Ini Komitmen Jababeka Wujudkan Net Zero Industrial Cluster 2050

Oleh : Ridwan | Jumat, 20 Oktober 2023 - 07:35 WIB

COO PT. Jababeka Infrastruktur, Cynthia Hendrayani
COO PT. Jababeka Infrastruktur, Cynthia Hendrayani

INDUSTRY.co.id - Cikarang - PT Jababeka Tbk kembali menegaskan komitmen aksi mencapai net zero Industrial cluster 2050 pada gelaran “The Renewable Energy and Climate Summit: Indonesia – The Netherlands”, di Kedutaan Besar Kerajaan Belanda, Jakarta, Selasa (12/10) lalu.  

Dalam acara tersebut, Cynthia Hendrayani COO PT. Jababeka Infrastruktur, mewakili pengelola Kawasan Industri Jababeka, Cikarang memaparkan mengenai upaya akselerasi, tantangan dan peta jalan Kawasan Industri Jababeka dengan topik “Sustainability Efforts of One of Indonesia’s Largest Industrial Estate Companies”. 

“Saya berharap selama rangkaian kegiatan yang diadakan di Jakarta, serta telah terjalinnya hubungan bilateral antara Indonesia dan Kingdom of Netherlands, bisa membuka peluang kolaborasi dan business matching dalam bidang renewable energy di Indonesia,” kata Cynthia Hendrayani dihadapan lebih dari 50 delegasi belanda yang terdiri atas jajaran tinggi kenegaraan, perwakilan perusahaan dan investor di bidang renewable energy serta akademisi.

Gayung bersambut, pasca sesi tersebut delegasi dari Kerajaan Belanda melakukan kunjungan ke Kawasan Industri Jababeka pada keesokan harinya, yakni 13 Oktober 2023, rombongan diterima manajemen Jababeka di kantor PT. Anugerah Pharmindo Lestari yang merupakan salah satu National Distribution Center (NDC) terbesar di Indonesia, sekaligus salah satu dari anggota dari Jababeka Net Zero Industrial Cluster Community (NZICC).

Menjadi “tuan rumah” dalam diskusi rutin yang diadakan oleh Jababeka NZICC kali ini, Head of NDC PT. Anugerah Pharmindo Lestari, Ias Besatari memaparkan target dan program sustainability yang telah di laksanakan di site APL Cikarang, antara lain smart lighting pada warehouse dan ground mounted solar panels berkapasitas 800 kWp. 

Selain APL, turut hadir pula beberapa anggota Jababeka NZICC lainnya, antara lain PT. Hitachi Astemo Bekasi Manufacturing, PT. Mattel Indonesia, PT. Sibelco Lautan Minerals, PT. Kerry Ingredients Indonesia, PT. ICI Paints Indonesia, PT. Mane Indonesia, PT. TUV NORD Indonesia, PT. EON Chemical, dan PT. Nippon Steel Chemical And Material Indonesia. 

Pada kesempatan ini, Cynthia mengharapkan, kunjungan delegasi Kerajaan Belanda bisa bermanfaat sebagai wadah networking, sharing session, dan opportunity for business matching antara member Jababeka-NZICC dengan para delegasi dari Kerajaan Belanda. 

“Saya yakin, kehadiran delegasi bisa menjadi tempat untuk pertukaran pengetahuan, diskusi, bahkan berkolaborasi bagi member Jababeka NZICC yang ingin menerapkan EBT,” kata Cynthia. 

“Ini juga menjadi bukti bahwa Jababeka NZICC sebagai komunitas berhasil menjadi wadah bagi tenant-tenant di dalam Kawasan Industri Jababeka untuk melakukan sharing knowledge dan membangun partnership, untuk mewujudkan dekarbonisasi di Kawasan Industri Jababeka,” tambah Cynthia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pegawai menjelaskan produk Bank Mandiri ke nasabah

Kamis, 09 Mei 2024 - 12:16 WIB

Bank Mandiri Raih Peringkat Satu Bank Pelat Merah Terbaik Versi Forbes

Bank Mandiri kembali dinobatkan sebagai salah satu bank terbaik dalam daftar World´s Best Bank 2024 versi Forbes. Media ekonomi internasional ini menobatkan Bank Mandiri sebagai bank pelat…

Merger Tjufoo dan Sinbad : Berlayar Menuju ‘Horizon’ Baru

Kamis, 09 Mei 2024 - 11:25 WIB

Tjufoo dan Sinbad Wujudkan Omnichannel Consumer Goods Berbasis Teknologi

TNB Aura, perusahaan modal ventura asal Singapura yang beroperasi di Asia Tenggara, telah menyelesaikan proses merger antara Tjufoo dan Sinbad, yang menghasilkan perusahaan baru bernama ‘Horizon’.…

Ketua Umum Asosiasi Pemasok Energi, Mineral, dan Batu bara Indonesia (ASPEBINDO) Anggawira

Kamis, 09 Mei 2024 - 11:11 WIB

Ketum ASPEBINDO: Hari Buru Internasional Jadi Momentum Membangun Kolaborasi Positf antara Pengusaha dan Pekerja

Ketua Asosiasi Pemasok Energi, Mineral, dan Baturbara Indonesia (ASPEBINDO), Anggawira menilai Hari Buruh Internasional menjadi momentum adanya kolaborasi pengusaha dengan pekerja untuk mewujudkan…

Kamis, 09 Mei 2024 - 11:03 WIB

The Architecture of Love

Dua orang yg pernah terluka, bertemu dan jatuh cinta lagi. Bisa jadi saling menyembuhkan atau malah menambah luka dan gelisah ? Hampir dua jam, film ini menuturkan luka awal Raia, yabg dimainkan…

Ilustrasi Industry 4.0

Kamis, 09 Mei 2024 - 10:42 WIB

Bagaimana Industry 4.0 Telah Mendefinisikan Kembali Sektor Manufaktur di Indonesia

Evolusi teknologi adalah perjalanan yang menarik di sepanjang waktu. Sejak awal, evolusi ini penuh dengan tonggak sejarah yang mengubah cara kita hidup, bekerja, dan berinteraksi. Dan, di jantung…