Ini Komitmen Jababeka Wujudkan Net Zero Industrial Cluster 2050

Oleh : Ridwan | Jumat, 20 Oktober 2023 - 07:35 WIB

COO PT. Jababeka Infrastruktur, Cynthia Hendrayani
COO PT. Jababeka Infrastruktur, Cynthia Hendrayani

INDUSTRY.co.id - Cikarang - PT Jababeka Tbk kembali menegaskan komitmen aksi mencapai net zero Industrial cluster 2050 pada gelaran “The Renewable Energy and Climate Summit: Indonesia – The Netherlands”, di Kedutaan Besar Kerajaan Belanda, Jakarta, Selasa (12/10) lalu.  

Dalam acara tersebut, Cynthia Hendrayani COO PT. Jababeka Infrastruktur, mewakili pengelola Kawasan Industri Jababeka, Cikarang memaparkan mengenai upaya akselerasi, tantangan dan peta jalan Kawasan Industri Jababeka dengan topik “Sustainability Efforts of One of Indonesia’s Largest Industrial Estate Companies”. 

“Saya berharap selama rangkaian kegiatan yang diadakan di Jakarta, serta telah terjalinnya hubungan bilateral antara Indonesia dan Kingdom of Netherlands, bisa membuka peluang kolaborasi dan business matching dalam bidang renewable energy di Indonesia,” kata Cynthia Hendrayani dihadapan lebih dari 50 delegasi belanda yang terdiri atas jajaran tinggi kenegaraan, perwakilan perusahaan dan investor di bidang renewable energy serta akademisi.

Gayung bersambut, pasca sesi tersebut delegasi dari Kerajaan Belanda melakukan kunjungan ke Kawasan Industri Jababeka pada keesokan harinya, yakni 13 Oktober 2023, rombongan diterima manajemen Jababeka di kantor PT. Anugerah Pharmindo Lestari yang merupakan salah satu National Distribution Center (NDC) terbesar di Indonesia, sekaligus salah satu dari anggota dari Jababeka Net Zero Industrial Cluster Community (NZICC).

Menjadi “tuan rumah” dalam diskusi rutin yang diadakan oleh Jababeka NZICC kali ini, Head of NDC PT. Anugerah Pharmindo Lestari, Ias Besatari memaparkan target dan program sustainability yang telah di laksanakan di site APL Cikarang, antara lain smart lighting pada warehouse dan ground mounted solar panels berkapasitas 800 kWp. 

Selain APL, turut hadir pula beberapa anggota Jababeka NZICC lainnya, antara lain PT. Hitachi Astemo Bekasi Manufacturing, PT. Mattel Indonesia, PT. Sibelco Lautan Minerals, PT. Kerry Ingredients Indonesia, PT. ICI Paints Indonesia, PT. Mane Indonesia, PT. TUV NORD Indonesia, PT. EON Chemical, dan PT. Nippon Steel Chemical And Material Indonesia. 

Pada kesempatan ini, Cynthia mengharapkan, kunjungan delegasi Kerajaan Belanda bisa bermanfaat sebagai wadah networking, sharing session, dan opportunity for business matching antara member Jababeka-NZICC dengan para delegasi dari Kerajaan Belanda. 

“Saya yakin, kehadiran delegasi bisa menjadi tempat untuk pertukaran pengetahuan, diskusi, bahkan berkolaborasi bagi member Jababeka NZICC yang ingin menerapkan EBT,” kata Cynthia. 

“Ini juga menjadi bukti bahwa Jababeka NZICC sebagai komunitas berhasil menjadi wadah bagi tenant-tenant di dalam Kawasan Industri Jababeka untuk melakukan sharing knowledge dan membangun partnership, untuk mewujudkan dekarbonisasi di Kawasan Industri Jababeka,” tambah Cynthia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kiri ke kanan: ignasius arrie setiawan, komisaris, melly elita, direktur, tjia tjhin hwa komisaris, kiki sadrach dirut

Kamis, 13 Juni 2024 - 17:29 WIB

Top! KKES Ekspansi ke Timur Indonesia, Targetkan Pertumbuhan Penjualan di Atas 11% dan Laba di Atas 14% pada 2024

Jakarta– PT Kusuma Kemindo Sentosa Tbk (KKES) distributor dan importir bahan kimia maupun bahan baku untuk pertanian dan industri baru saja melaksanakan RUPST & paparan publik. Dalam kegiatan…

MenKopUKM Teten Masduki

Kamis, 13 Juni 2024 - 17:13 WIB

Orasi Ilmiah di UMMI, Menteri Teten Tekankan Pentingnya Bangun Industri UMKM Berbasis Keunggulan Domestik

Menteri Koperasi dan UKM (MenkopUKM) Teten Masduki menekankan pentingnya membangun industri UMKM berbasis keunggulan domestik, serta mengolah sumber daya alam hasil perkebunan dan pertanian…

Kika: Warit Jintanawan, Direktur PT Catur Sentosa Adiprana Tbk (kedua dari kiri). Budyanto Totong, Founder dan Dirut PT Catur Sentosa Adiprana Tbk (tengah) Andy Totong, Direktur Utama Mitra10 (kedua dari kanan)

Kamis, 13 Juni 2024 - 17:05 WIB

Perkuat Pasar di Jawa Barat, Mitra10 & Atria Ekspansi ke Sawangan Depok

Depok– Mitra10 memperkuat penetrasi pasar ritel modern bahan bangunan dan pelengkapan rumah, bersama dengan Atria yang menguasai pasar ritel modern furnitur dan matras, membuka flagship store…

Jajaran direksi PT Mora Telematika Indonesia Tbk.

Kamis, 13 Juni 2024 - 16:55 WIB

Absen Tebar Deviden, Moratelindo Bakal Gencar Ekspansi Jaringan Telekomunikasi

PT Mora Telematika Indonesia Tbk (MORA) atau Moratelindo menetapkan untuk menggunakan laba bersih senilai Rp678,17 miliar sebagai laba ditahan. Kemudian, sisanya, laba bersih yang senilai Rp1…

6IXTY8IGHT

Kamis, 13 Juni 2024 - 16:37 WIB

Sepanjang 2023, PT Sinar Eka Selaras, Tbk. Catat Kenaikan Penjualan Bersih Sebesar 23%

Sepanjang tahun 2023, PT Sinar Eka Selaras, Tbk. (Perseroan) berhasil mencatatkan kenaikan penjualan bersih sebesar 23% menjadi Rp3,7 triliun dengan laba bersih yang diatribusikan kepada pemilik…