Kali Bekasi Tercemar Limbah Laundry, Air Produksi PDAM Turun

Oleh : Irvan AF | Minggu, 23 Juli 2017 - 01:11 WIB

Ilustrasi pencemaran kali. (Timur Matahari/AFP)
Ilustrasi pencemaran kali. (Timur Matahari/AFP)

INDUSTRY.co.id, Bekasi - Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Patriot Kota Bekasi, Jawa Barat, terpaksa menurunkan kapasitas produksi hingga 50 persen akibat pencemaran limbah di sumber air baku Kali Bekasi sejak sepekan terakhir.

"Kami selama ini sangat mengandalkan sumber air baku dari aliran Kali Bekasi. Bila sumber ini tercemar, secara otomatis produksi kami juga ikut terganggu," kata Direktur Umum PDAM Tirta Patriot Kota Bekasi Sugianto di Bekasi, Sabtu (22/7/2017).

Menurut dia, kapasitas produksi normal mencapai 420 liter per detik, namun jika ada pencemaran di Kali Bekasi maka produksi diturunkan.

"Penurunannya bergantung pada parahnya kontaminasi limbah di sumber air baku kami. Bahkan, penurunan produksi bisa mencapai hingga 50 persen dari produksi normal," katanya.

Kondisi itu membuat produksi air menjadi tidak stabil dan berdampak pada berkurangnya distribusi air bersih kepada para pelanggannya.

"Sejauh ini belum ada komplain dari pelanggan sejak pencemaran Kali Bekasi terjadi pada Senin (17/7)," katanya.

Sebelumnya, Kali Bekasi berubah warna dari semula hijau kecoklatan menjadi biru pekat pada Senin (17/7) akibat ulah oknum pengusaha binatu jeans PT Millenium Laundry di Kecamatan Bantargebang.

Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi telah merespons persoalan itu dengan menutup paksa bangunan tempat usaha yang mempekerjakan sekitar 20 orang itu pada Kamis (20/7) setelah memperoleh kepastian dari hasil laboratorium yang disampaikan Dinas Lingkungan Hidup setempat.(ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dirut IPCC Chiefy Adi Kusmargono saat peremian cafe di Tanjung Priok

Kamis, 25 April 2019 - 12:50 WIB

IPCC Kini Punya Cafe di Pelabuhan

Jakarta – PT Indonesia Kendaraan Terminal Tbk / IPC Car Terminal (IPCC) mempunyai kantin/kafe perdana yang bernuansa milenial dan instagramable di tengah hiruk pikuk area pelabuhan untuk para…

Ilustrasi angkatan muda Partai Golkar. (Romeo Gacad/AFP)

Kamis, 25 April 2019 - 11:55 WIB

Ini 5 Caleg Kaltim Berpotensi ke Senayan

Partai Golkar menduduki posisi teratas perolehan suara sementara pileg daerah pemilihan Kaltim tahun 2019.m

OPPO F11 Pro Avengers

Kamis, 25 April 2019 - 11:39 WIB

OPPO Gandeng Marvel Studio Luncurkan F11 Pro Avengers: Endgame Edisi Terbatas

OPPO mengumumkan kerja sama dengan Marvel Studios yang memproduksi film Avengers: Endgame untuk meluncurkan edisi terbatas F11 Pro Avengers. Produk eksklusif ini akan menghadirkan pengalaman…

Ramadhan Buffet Millennium Hotel

Kamis, 25 April 2019 - 11:06 WIB

Berbagi Keindahan Semangat Ramadhan bersama Millennium Hotel Sirih Jakarta

Menyambut datangnya bulan suci penuh berkah yang menjadi perayaan penting bagi umat Muslim di seluruh dunia ini, Millennium Hotel Sirih Jakarta kembali hadir dengan berbagai penawaran promo…

Perkenalan jajaran direksi BGR Logistics

Kamis, 25 April 2019 - 10:49 WIB

Kementerian BUMN Lakukan Perubahan Susunan Direksi BGR Logistics

Menteri Badan Usaha Milik Negara, Rini M. Soemarno, dalam lRapat Umum Pemegang Saham (RUPS) PT Bhanda Ghara Reksa (Persero) atau BGR Logistics, melakukan perubahan susunan direksi BGR Logistics…