Alhamdulilah! 5.592 Keluarga di Cianjur Nikmati Sambungan Listrik Gratis

Oleh : Kormen Barus | Rabu, 27 September 2023 - 16:38 WIB

Ilustrasi meteran listrik (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)
Ilustrasi meteran listrik (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)

INDUSTRY.co.id, Cianjur-Sebanyak 5.592 rumah tangga di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat teraliri listrik melalui Program Bantuan Pasang Baru Listrik (BPBL). Program ini kerjasama dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) bekerja sama dengan Komisi VII DPR RI menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan Tahun Anggaran 2023.

"Di Jawa Barat ini dapat bantuan tertinggi di Cianjur, yang paling tinggi di Cidaun, begitu besar perhatian Pemerintah untuk masyarakat," ujar Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Jisman Hutajulu pada Peresmian dan Penyalaan Pertama Program BPBL di Desa Cisalak, Kecamatan Cidaun, Kabupaten Cianjur, Selasa (26/9).

Menurut Jisman, Rasio Elektrifikasi (RE) yang merupakan perbandingan jumlah rumah tangga yang memiliki listrik dibandingkan dengan total rumah tangga di Indonesia, telah mencapai 99,70% hingga Juni 2023. Salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan rasio ini dan membantu masyarakat memperoleh akses listrik adalah melalui program ini, serta perluasan jaringan melalui program listrik perdesaan.

Untuk tahun anggaran 2023, program ini akan menyasar 125.000 rumah tangga di seluruh Indonesia, dengan 22.000 rumah tangga dialokasikan ke Provinsi Jawa Barat.

"Ini bantuannya gratis, kalau ada yang bayar kasih tahu saya, dipasangin listrik dan dapat token seratus ribu, sehingga bisa dirasakan warga," jelas Jisman.

Jisman menyatakan bahwa banyak masalah dapat dikurangi dengan kehadiran Program BPBL, seperti memotong sambungan listrik dari tetangga. "Masih banyak yang nyalur ke tetangga, kadang ada yang diminta bayar tinggi, sekarang pake token jadi bisa mengontrol penggunaaan listrik sendiri," ujar Jisman.

Selaras dengan Jisman, Wakil Ketua Komisi VII DPR RI Eddy Sorparno menyampaikan bahwa Program BPBL diperjuangkan oleh Pemerintah untuk masyarakat. "Di Jawa Barat paling tinggi penerima BPBL, diperjuangkan oleh Pemerintah, jadi Saya juga bahagia bisa membantu menghadirkan listrik ke rumah Ibu-Bapak," tambah Eddy.

Menurut Edi Srimulyanti, Direktur Niaga dan Retail PT PLN (Persero), PT PLN (Persero) berkomitmen penuh dan mengerahkan segala upaya untuk menjalankan amanah tersebut. Kementerian ESDM telah menugaskan PT PLN (Persero) untuk melaksanakan kegiatan pengadaan dan pemasangan BPBL.

"Program BPBL ini langsung dapat dirasakan masyarakat dan kita sudah bisa menyaksikan sendiri bahwa kalau memang tidak ada listrik kehidupan kurang lengkap," kata Edi.

Warga Desa Cisalak, Kecamatan Cidaun, Kabupaten Cianjur, Ismail mengucapkan terima kasih atas perhatian pemerintah yang memberikan listrik. Pria berusia 34 tahun ini, yang bekerja sebagai pencari dan penjual kayu bakar, bersyukur bahwa adik kandungnya tidak lagi memberinya listrik.

"Alhamdulillah, sekarang rasanya nyaman dibanding yg kemarin," ucapnya dengan rasa syukur. (Kementerian ESDM)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PT JIEP Segera Hadirkan Salah Satu Masjid Terbesar di Jakarta Timur

Sabtu, 04 Mei 2024 - 04:17 WIB

PT JIEP Segera Hadirkan Salah Satu Masjid Terbesar di Jakarta Timur

PT Jakarta Industrial Estate Pulogadung (JIEP) menggelar seremoni peletakan batu pertama (groundbreaking) Pembangunan Masjid JIEP Jayakarta yang akan menjadi salah satu Masjid terbesar di Jakarta…

Moshiro Hadir di BeautyFest Asia di Lima Kota

Sabtu, 04 Mei 2024 - 04:06 WIB

Moshiro Hadir di BeautyFest Asia di Lima Kota

Festival kecantikan terbesar di Asia Tenggara, BeautyFest Asia 2024. Tahun ini, BeautyFest Asia siap memukau para penggemar kecantikan di lima kota! Acara perdana dimulai di hotel bergengsi…

Tim Bank Mandiri Singapura

Jumat, 03 Mei 2024 - 20:48 WIB

BMSG Lanjutkan Komitmen Keberlanjutan Bank Mandiri di Mancanegara

Bank Mandiri Singapura (BMSG) baru-baru ini menyelenggarakan acara bertajuk “BMSG on Preference“ mengusung tema “Elevating ESG Impact,“ acara perdana ini bertujuan meningkatkan kesadaran,…

Stok Beras di Pasar Induk Beras Cipinang Dipastikan Aman Memasuki Panen Raya 2024

Jumat, 03 Mei 2024 - 20:36 WIB

Alhamdulilah! Stok Beras di Pasar Induk Beras Cipinang Dipastikan Aman

Jakarta - Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Provinsi DKI Jakarta, PT Food Station Tjipinang Jaya (Perseroda) memastikan stok beras di Jakarta dinyatakan aman memasuki panen raya.

(kiri ke kanan) Direktur Network & IT Solution Herlan Wijanarko, Direktur Wholesale & International Service Bogi Witjaksono, Direktur Strategic Portfolio Budi Setyawan Wijaya, Direktur Digital Busines Muhamad Fajrin Rasyid, Direktur Utama Ririek Adriansyah, Direktur Keuangan & Manajemen Risiko Heri Supriadi, Direktur Human Capital Management Afriwandi, Direktur Group Business Development Honesti Basyir, dan Direktur Enterprise & Business Service FM Venusiana R

Jumat, 03 Mei 2024 - 20:12 WIB

Telkom Bagikan Dividen Rp17,68 Triliun atau Tumbuh 6,5% YoY

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk telah menyelesaikan Rapat Umum Pemegang Saham Tahun Buku 2023 di Jakarta pada Jumat (3/5). Rapat menyetujui pembagian dividen tunai sebesar Rp17,68 triliun…