Alhamdulilah! 5.592 Keluarga di Cianjur Nikmati Sambungan Listrik Gratis

Oleh : Kormen Barus | Rabu, 27 September 2023 - 16:38 WIB

Ilustrasi meteran listrik (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)
Ilustrasi meteran listrik (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)

INDUSTRY.co.id, Cianjur-Sebanyak 5.592 rumah tangga di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat teraliri listrik melalui Program Bantuan Pasang Baru Listrik (BPBL). Program ini kerjasama dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) bekerja sama dengan Komisi VII DPR RI menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan Tahun Anggaran 2023.

"Di Jawa Barat ini dapat bantuan tertinggi di Cianjur, yang paling tinggi di Cidaun, begitu besar perhatian Pemerintah untuk masyarakat," ujar Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Jisman Hutajulu pada Peresmian dan Penyalaan Pertama Program BPBL di Desa Cisalak, Kecamatan Cidaun, Kabupaten Cianjur, Selasa (26/9).

Menurut Jisman, Rasio Elektrifikasi (RE) yang merupakan perbandingan jumlah rumah tangga yang memiliki listrik dibandingkan dengan total rumah tangga di Indonesia, telah mencapai 99,70% hingga Juni 2023. Salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan rasio ini dan membantu masyarakat memperoleh akses listrik adalah melalui program ini, serta perluasan jaringan melalui program listrik perdesaan.

Untuk tahun anggaran 2023, program ini akan menyasar 125.000 rumah tangga di seluruh Indonesia, dengan 22.000 rumah tangga dialokasikan ke Provinsi Jawa Barat.

"Ini bantuannya gratis, kalau ada yang bayar kasih tahu saya, dipasangin listrik dan dapat token seratus ribu, sehingga bisa dirasakan warga," jelas Jisman.

Jisman menyatakan bahwa banyak masalah dapat dikurangi dengan kehadiran Program BPBL, seperti memotong sambungan listrik dari tetangga. "Masih banyak yang nyalur ke tetangga, kadang ada yang diminta bayar tinggi, sekarang pake token jadi bisa mengontrol penggunaaan listrik sendiri," ujar Jisman.

Selaras dengan Jisman, Wakil Ketua Komisi VII DPR RI Eddy Sorparno menyampaikan bahwa Program BPBL diperjuangkan oleh Pemerintah untuk masyarakat. "Di Jawa Barat paling tinggi penerima BPBL, diperjuangkan oleh Pemerintah, jadi Saya juga bahagia bisa membantu menghadirkan listrik ke rumah Ibu-Bapak," tambah Eddy.

Menurut Edi Srimulyanti, Direktur Niaga dan Retail PT PLN (Persero), PT PLN (Persero) berkomitmen penuh dan mengerahkan segala upaya untuk menjalankan amanah tersebut. Kementerian ESDM telah menugaskan PT PLN (Persero) untuk melaksanakan kegiatan pengadaan dan pemasangan BPBL.

"Program BPBL ini langsung dapat dirasakan masyarakat dan kita sudah bisa menyaksikan sendiri bahwa kalau memang tidak ada listrik kehidupan kurang lengkap," kata Edi.

Warga Desa Cisalak, Kecamatan Cidaun, Kabupaten Cianjur, Ismail mengucapkan terima kasih atas perhatian pemerintah yang memberikan listrik. Pria berusia 34 tahun ini, yang bekerja sebagai pencari dan penjual kayu bakar, bersyukur bahwa adik kandungnya tidak lagi memberinya listrik.

"Alhamdulillah, sekarang rasanya nyaman dibanding yg kemarin," ucapnya dengan rasa syukur. (Kementerian ESDM)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kiri ke kanan: ignasius arrie setiawan, komisaris, melly elita, direktur, tjia tjhin hwa komisaris, kiki sadrach dirut

Kamis, 13 Juni 2024 - 17:29 WIB

Top! KKES Ekspansi ke Timur Indonesia, Targetkan Pertumbuhan Penjualan di Atas 11% dan Laba di Atas 14% pada 2024

Jakarta– PT Kusuma Kemindo Sentosa Tbk (KKES) distributor dan importir bahan kimia maupun bahan baku untuk pertanian dan industri baru saja melaksanakan RUPST & paparan publik. Dalam kegiatan…

MenKopUKM Teten Masduki

Kamis, 13 Juni 2024 - 17:13 WIB

Orasi Ilmiah di UMMI, Menteri Teten Tekankan Pentingnya Bangun Industri UMKM Berbasis Keunggulan Domestik

Menteri Koperasi dan UKM (MenkopUKM) Teten Masduki menekankan pentingnya membangun industri UMKM berbasis keunggulan domestik, serta mengolah sumber daya alam hasil perkebunan dan pertanian…

Kika: Warit Jintanawan, Direktur PT Catur Sentosa Adiprana Tbk (kedua dari kiri). Budyanto Totong, Founder dan Dirut PT Catur Sentosa Adiprana Tbk (tengah) Andy Totong, Direktur Utama Mitra10 (kedua dari kanan)

Kamis, 13 Juni 2024 - 17:05 WIB

Perkuat Pasar di Jawa Barat, Mitra10 & Atria Ekspansi ke Sawangan Depok

Depok– Mitra10 memperkuat penetrasi pasar ritel modern bahan bangunan dan pelengkapan rumah, bersama dengan Atria yang menguasai pasar ritel modern furnitur dan matras, membuka flagship store…

Jajaran direksi PT Mora Telematika Indonesia Tbk.

Kamis, 13 Juni 2024 - 16:55 WIB

Absen Tebar Deviden, Moratelindo Bakal Gencar Ekspansi Jaringan Telekomunikasi

PT Mora Telematika Indonesia Tbk (MORA) atau Moratelindo menetapkan untuk menggunakan laba bersih senilai Rp678,17 miliar sebagai laba ditahan. Kemudian, sisanya, laba bersih yang senilai Rp1…

6IXTY8IGHT

Kamis, 13 Juni 2024 - 16:37 WIB

Sepanjang 2023, PT Sinar Eka Selaras, Tbk. Catat Kenaikan Penjualan Bersih Sebesar 23%

Sepanjang tahun 2023, PT Sinar Eka Selaras, Tbk. (Perseroan) berhasil mencatatkan kenaikan penjualan bersih sebesar 23% menjadi Rp3,7 triliun dengan laba bersih yang diatribusikan kepada pemilik…