Kegiatan PILM Tasikmalaya Digelar Perpusnas, Bahas Keterbatasan Bahan Bacaan Sebagai Masalah Literasi

Oleh : Nina Karlita | Sabtu, 23 September 2023 - 21:58 WIB

Kegiatan PILM yang digelar Perpusnas di Tasikmalaya.
Kegiatan PILM yang digelar Perpusnas di Tasikmalaya.

INDUSTRY.co.id  - Tasikmalaya - Hari ini (23/9/2023) digelar kegiatan Peningkatan Indeks Literasi Masyarakat (PILM) dari Perpustakaan Nasional (Perpusnas) di Tasikmalaya.

Dalam sambutan kegiatan PILM, Rektor Universitas Perjuangan Tasikmalaya Yus Darusman mengungkap bahwa kini perguruan tinggi dihadapkan pada kondisi masyarakat dengan pemahaman literasi beragam.

"Belajar tanpa membaca sama dengan tidak belajar. Tidak ada kesejahteraan tanpa pengetahuan dan keterampilan," ujar  Yus Darusman pada PILM di Tasikmalaya (23/9/2023). 

Anggota Komisi X DPR RI Ferdiansyah menyatakan dukungan penuh terhadap perkembangan perpustakaan dan kegemaran membaca. Itu karena Ferdiansyah menilai, sudah banyak peraturan perundangan yang menaungi, antara lain UU Perpustakaan, serah simpan karya cetak karya rekam (SSKCKR), sistem pendidikan nasional (Sisdiknas), hingga sistem perbukuan. 

"Pengembangan budaya literasi perlu didukung dengan penganggaran di bidang literasi yang tersebar di pusat, legislatif, dan daerah," terang Ferdiansyah. 

Permasalahan literasi saat ini adalah jumlah ketersediaan bahan bacaan bagi masyarakat. Dimana hasil kajian menyatakan satu buku ditunggu oleh 90 orang. Artinya, butuh juga dukungan dari perguruan tinggi untuk menambah bahan bacaan yang bisa diakses oleh masyarakat. 

Kesenjangan nyata justru ada di sekolah. Tidak semua sekolah memiliki perpustakaan dan tenaga perpustakaan sekolah yang memiliki kualifikasi dan kompetensi sesuai dengan amanat peraturan menteri pendidikan nasional.

Sedangkan dalam konteks kedaerahan, Ferdiansyah mendorong masyarakat memperbanyak konten-konten lokal dengan berbagai kearifan lewat tulisan ataupun media sosial. Ini akan menjadi sarana yang baik dalam peningkatan literasi masyarakat. 

"Literasi melalui konten lokal bisa meliputi makanan lokal, lagu-lagu daerah, tarian tradisional, kerajinan tangan, panduan wisata budaya, hingga cerita rakyat," imbuh Ferdiansyah.***

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) di Ibu Kota Nusantara (IKN) yang juga dibangun menggunakan produk green cement dari SIG.

Jumat, 14 Juni 2024 - 20:17 WIB

Bangun Ekosistem Berbasis Sinergi, SIG Ciptakan Peluang Pertumbuhan dan Perluasan Bisnis

Jakarta– Kondisi oversupply yang menjadi tantangan industri semen, tidak semata-mata menjadi tekanan, melainkan juga peluang. Dalam analyst meeting di Jakarta, 4 Juni 2024, PT Semen Indonesia…

Direktur Utama BSI Hery Gunardi (kanan kedua) bersama Direktur Sales & Distribution BSI Anton Sukarna (kanan pertama), Direktur Compliance Human Capital BSI Tribuana Tunggadewi (kiri kedua) dan SVP Corporate Secretary & Communication BSI Wisnu Sunandar (kiri pertama) saat konferensi pers BSI International Expo di Sentosa Senayan Jakarta.

Jumat, 14 Juni 2024 - 18:17 WIB

Wujudkan Komitmen Perkuat Ekosistem Halal Indonesia, BSI Gelar International Expo 2024

PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BSI) siap menggelar BSI International Expo 2024 yang akan diikuti lebih dari 270 tenant para pelaku usaha halal dalam dan luar negeri, serta potential buyer dari…

Press Conference Telapak

Jumat, 14 Juni 2024 - 17:09 WIB

Sebut Tak Ada Pelanggaran HAM di Kawasan Konsesi Blok Tanamalia PTVI, Telapak Sampaikan Rekomendasi

Perkumpulan Telapak Indonesia (Telapak), sebuah perkumpulan aktivis LSM, praktisi bisnis, akademisi, afiliasi media, serta masyarakat adat, menyampaikan rekomendasi kepada tiga pihak yakni PT…

Peran Multidisiplin untuk Penanganan Cedera Olahraga Secara Komprehensif

Jumat, 14 Juni 2024 - 16:42 WIB

Peran Multidisiplin untuk Penanganan Cedera Olahraga Secara Komprehensif

Cedera olahraga seringkali menjadi kendala yang menghalangi para atlet dan olahragawan, bahkan sport enthusiast, untuk mencapai performa terbaiknya. Namun, dengan pendekatan penanganan yang…

Ritel modern (Ist)

Jumat, 14 Juni 2024 - 16:10 WIB

Kemenperin Beberkan Sulitnya Produk IKM Masuk Ritel Modern

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) membeberkan permasalahan sulitnya produk-produk hasil produksi Industri Kecil dan Menengah (IKM) masuk ke ritel modern di Tanah Air.