Forum CSR DKI Jakarta Berharap Stunting Sampai ke Titik Zero

Oleh : Wiyanto | Rabu, 20 September 2023 - 22:02 WIB

Musyawarah Daerah III Forum CSR DKI Jakarta
Musyawarah Daerah III Forum CSR DKI Jakarta

INDUSTRY.co.id-Jakarta - Pengentasan stunting menjadi salah satu program unggulan yang akan dilaksanakan oleh Forum Corporate Social Responsibility (CSR) Provinsi DKI Jakarta. Program lain yang juga akan diterapkan seperti pemberdayaan UMKM, kebersihan lingkungan, dan menciptakan entrepreneur-entrepreneur muda yang inovatif.

"Forum CSR merupakan mitra strategis pemerintah dalam upaya membantu mengatasi sejumlah persoalan yang terjadi ditengah masyarakat. Salah satunya adalah soal stunting," kata Aldi Imam Wibowo, Ketua Forum CSR Provinsi DKI Jakarta periode 2023-2028, yang baru saja terpilih secara aklamasi pada Musyawarah Daerah III Forum CSR DKI Jakarta, di Hotel Mercure, Jakarta Kota, Rabu (20/9/2023).

Dari data yang ada, lanjut Aldi, Indonesia menduduki peringkat ke-2 jumlah anak-anak yang mengalami stunting di Asia dan nomor 5 di dunia. "Tentu ini menjadi keprihatinan kita bersama dan semua pihak, termasuk para pengusaha. Kita semua harus terlibat aktif guna menurunkan angka stunting sampai ke titik zero," seru Aldi.

Karena itu, melalui Forum CSR ini, dirinya mengajak para pengusaha untuk bisa menyisihkan CSR perusahaannya untuk membantu anak-anak yang mengalami stunting.

Aldi yang juga Founder Cerdas LMS ini menjelaskan, "Ada dua hal yang akan kami terapkan yakni, preventif dan preemtif. Preventif dengan melakukan penyuluhan ke masyarakat, sementara preemtif melalui pemberian bantuan bagi anak-anak yang terkena stunting".

Selain bermitra dengan pemerintah, Forum CSR juga secara aktif akan bersinergi dengan pada pengusaha yang tergabung dalam KADIN DKI Jakarta dan sejumlah asosiasi-asosiasi pengusaha.

Ditanya soal keterlibatan banyak orang muda di Forum CSR DKI Jakarta, Aldi menjelaskan, hal tersebut agar akselerasi bisa dilakukan dan lebih membantu banyak warga di Jakarta.

Lebih jauh Aldi mengatakan, Forum CSR DKI juga memberi perhatian pada pemberdayaan UMKM di DKI Jakarta. "Ini juga menjadi program kami dalam upaya ikut serta menggerakkan perekonomian di Ibu Kota," tukasnya.

Acara Musda Forum CSR DKI Jakarta yabg berlangsung sehari penuh tersebut secara resmi dibuka oleh Plt Gubernur DKI Jakarta yang diwakili oleh Asisten Kesejahteraan Rakyat Pemprov DKI Jakarta, Dr. Widyastuti, dan dihadiri oleh Kepala Dinas Sosial DKI Jakarta Premi Lasari, Ketua Umum KADIN DKI Jakarta Diana Dewi, jajaran Pengurus KADIN DKI Jakarta, Ketua Umum Forum CSR Indonesia Mahir Basayut, dan undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Dr. Widyastuti mengajak Forum CSR DKI Jakarta untuk memperkuat kemitraan dengan perusahaan dan Pemprov DKI guna secara langsug menyasar wraga Jakarta yang membutuhkan bantuan, utamanya terkait penurunan stunting. "Di Jakarta, masih ditemukan anak-anak yang mengalami stunting," kata Premi Lasari.

Sementara itu, Diana Dewi menegaskan, KADIN DKI Jakarta siap berkolaborasi dengan Forum CSR DKI untuk membantu warga Jakarta. "Saat ini, mulai dari Pemerintah Pusat sampai ke daerah concern menekan angka stunting. Kami pun di KADIN DKI Jakarta memberi perhatian besar akan hal tersebut. Karenanya berkolaborasi dengan Forum CSR akan mampu menjangkau lebih banyak anak-anak lagi," yakinnya.

Usai terpilih, secara resmi Ketua Umum Forum CSR Indonesia Mahir Basayut menyerahkan pataka kepada Aldi Wibowo. Acara juga diisi dengan diskusi yang menghadirkan Manager PT Pembangunan Jaya Ancol,Tbk, Rika Lestari dan Plt. Direktur Utama PT Angkasa Pura Suport I Dewa Gede Mahayana

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menko Airlangga

Minggu, 21 Juli 2024 - 10:26 WIB

Fondasi Kuat, Menko Airlangga Prediksi Ekonomi RI Akan Tumbuh di Atas 5%

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengemukakan fondasi perekonomian nasional terus mengalami penguatan seiring dengan berbagai upaya yang telah dilakukan Pemerintah.…

Rakernas, ALDEI Mengakselerasi Industri Logistik Digital Ekonomi Menuju Indonesia Emas 2045

Minggu, 21 Juli 2024 - 09:33 WIB

Rakernas, ALDEI Mengakselerasi Industri Logistik Digital Ekonomi Menuju Indonesia Emas 2045

Jakarta-Rakernas ALDEI (Asosiasi Logistik Digital Economy Indonesia) tanggal 18 Juli di Paxel HQ, Jakarta yang dibuka dengan dukungan Dewan Pembina ALDEI, sekaligus Wakil Ketua Umum KADIN, Yukki…

Ilustrasi Guru Honorer (Photo by KlikPositif.com)

Minggu, 21 Juli 2024 - 09:03 WIB

Seratus Guru Honorer Dipecat di Jakarta, Komisi X: Istilah ‘Cleansing’ Terlalu Sadis...

Komisi X DPR RI mengkritik kebijakan pemecatan lebih dari seratus guru honorer di DKI Jakarta secara sepihak melalui sistem ‘cleansing’ atau ‘pembersihan’. Wakil Ketua Komisi XI DPR…

Ketua DPR Puan Maharani

Minggu, 21 Juli 2024 - 08:59 WIB

Duh, MinyaKita Naik Harga dan Langka! Puan Maharani Minta Pemerintah Lakukan Ini...

Ketua DPR RI (H.C) Puan Maharani meminta Pemerintah untuk mengetatkan pengawasan terhadap distribusi minyak goreng bersubsidi merk MinyaKita yang harganya resmi mengalami kenaikan per Jumat…

Ilustrasi Pembangunan Smelter Freeport (Photo by CNN Indonesia)

Minggu, 21 Juli 2024 - 08:41 WIB

Mantap, Tuai Apresiasi! Smelter Freeport di Gresik Rampung, Siap Olah Konsentrat hingga 400 Ribu Ton Tahun Ini

Wakil Ketua Komisi VII DPR RI, Eddy Soeparno menilai smelter yang dibangun oleh PT Freeport Indonesia (PTFI) di Gresik secara tepat waktu dan lancar hingga memasuki masa beroperasi. Oleh karenanya,…