Pameran Indonesia Energy dan Engineering, Kementerian PUPR Dorong Transformasi dan Teknologi Sektor Konstruksi

Oleh : Hariyanto | Kamis, 14 September 2023 - 09:46 WIB

Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Ekonomi dan Investasi Dadang Rukmana
Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Ekonomi dan Investasi Dadang Rukmana

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Ekonomi dan Investasi Dadang Rukmana mewakili Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono membuka Pameran Internasional Indonesia Energy dan Engineering (IEE) Series 2023 di Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta, Rabu (13/9/2023). 

Kegiatan ini menjadi wadah untuk pertukaran informasi antara supply dan demand, sebagai media kolaborasi antara stakeholder bidang konstruksi, baik dari dalam negeri maupun mancanegara untuk beradaptasi dengan berbagai tantangan serta pengembangan transformasi digital dan teknologi dan mendorong peluang investasi di sektor jasa konstruksi. 

"Saya berharap seluruh peserta maupun pengunjung dapat memanfaatkan pameran ini sebaik-baiknya sebagai wadah kolaborasi dan transfer knowledge mengenai perkembangan serta inovasi terbaru terkait sektor konstruksi dan energi. Semoga ke depan acara sejenis ini dapat terlaksana secara periodik dan dapat tersosialisasikan dengan baik kepada seluruh masyarakat," kata Dadang Rukmana. 

Keputusan pemerintah era Presiden Joko Widodo dalam menempatkan pembangunan infrastruktur sebagai program prioritas nasional dinilai sebagai pilihan yang logis dan strategis. Ketersediaan infrastruktur yang handal merupakan kunci utama dalam meningkatkan kesejahteraan rakyat, daya saing, dan pertumbuhan ekonomi Indonesia dalam rangka pemerataan pembangunan yang tidak hanya terfokus di Pulau Jawa tapi juga di pulau-pulau lainnya.

"Dalam kaitan ini, energy dan engineering merupakan salah satu prasyarat terbangunnnya infrastruktur yang handal dan yang melibatkan peran serta Jasa Konstruksi Nasional," kata Dadang Rukmana. 

Dadang Rukmana mengatakan pembangunan infrastruktur merupakan kegiatan kompleks yang terdiri atas rangkaian tahapan dari hulu ke hilir dan melibatkan sistem rantai pasok. Kesiapan rantai pasok konstruksi adalah keniscayaan dalam rangka menjamin keberlanjutan penyelenggaraan infrastruktur.

"Kita harus mampu memastikan kesiapan seluruh komponen rantai pasok industri konstruksi dan energi termasuk material peralatan dan teknologi terbaru. Oleh karena itu, saya sangat mengapresiasi kegiatan pameran seperti ini. Melalui kegiatan ini diharapkan akan menambah wawasan kita terhadap perkembangan inovasi produk yang berkualitas dan memiliki daya saing dengan teknologi terbaru di bidang konstruksi dan energi," kata Dadang Rukmana.

Pameran Internasional Indonesia Energy dan Engineering Series 2023 terdiri dari industri oil and gas, mining, power and electic, construction and concrete yang diikuti 2.104 exhibitor. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Rakernas, ALDEI Mengakselerasi Industri Logistik Digital Ekonomi Menuju Indonesia Emas 2045

Minggu, 21 Juli 2024 - 09:33 WIB

Rakernas, ALDEI Mengakselerasi Industri Logistik Digital Ekonomi Menuju Indonesia Emas 2045

Jakarta-Rakernas ALDEI (Asosiasi Logistik Digital Economy Indonesia) tanggal 18 Juli di Paxel HQ, Jakarta yang dibuka dengan dukungan Dewan Pembina ALDEI, sekaligus Wakil Ketua Umum KADIN, Yukki…

Ilustrasi Guru Honorer (Photo by KlikPositif.com)

Minggu, 21 Juli 2024 - 09:03 WIB

Seratus Guru Honorer Dipecat di Jakarta, Komisi X: Istilah ‘Cleansing’ Terlalu Sadis...

Komisi X DPR RI mengkritik kebijakan pemecatan lebih dari seratus guru honorer di DKI Jakarta secara sepihak melalui sistem ‘cleansing’ atau ‘pembersihan’. Wakil Ketua Komisi XI DPR…

Ketua DPR Puan Maharani

Minggu, 21 Juli 2024 - 08:59 WIB

Duh, MinyaKita Naik Harga dan Langka! Puan Maharani Minta Pemerintah Lakukan Ini...

Ketua DPR RI (H.C) Puan Maharani meminta Pemerintah untuk mengetatkan pengawasan terhadap distribusi minyak goreng bersubsidi merk MinyaKita yang harganya resmi mengalami kenaikan per Jumat…

Ilustrasi Pembangunan Smelter Freeport (Photo by CNN Indonesia)

Minggu, 21 Juli 2024 - 08:41 WIB

Mantap, Tuai Apresiasi! Smelter Freeport di Gresik Rampung, Siap Olah Konsentrat hingga 400 Ribu Ton Tahun Ini

Wakil Ketua Komisi VII DPR RI, Eddy Soeparno menilai smelter yang dibangun oleh PT Freeport Indonesia (PTFI) di Gresik secara tepat waktu dan lancar hingga memasuki masa beroperasi. Oleh karenanya,…

Industri furnitur

Minggu, 21 Juli 2024 - 08:28 WIB

Gandeng Perusahaan Industri, Menperin Agus Terus Tingkatkan Kualitas SDM Penopang Industri Furnitur

Secara keseluruhan, kinerja industri pengolahan tercatat menunjukkan level ekspansi, yang tecermin dari capaian Prompt Manufacturing Index-Bank Indonesia (PMI-BI) sebesar 51,97 persen pada triwulan…