Di Triwulan II-2017, Bank Mandiri Raup Laba Rp9,5 Triliun

Oleh : Herry Barus | Kamis, 20 Juli 2017 - 03:56 WIB

(kika) Direktur Retail Banking Bank Mandiri Tardi, Direktur Utama Bank Mandiri Kartika Wirjoatmodjo, Direktur Wholesale Banking Bank Mandiri Royke Tumilaar, Direktur Risk Management & Compliance Bank Mandiri Ahmad Siddik Badruddin dan Direktur Digita
(kika) Direktur Retail Banking Bank Mandiri Tardi, Direktur Utama Bank Mandiri Kartika Wirjoatmodjo, Direktur Wholesale Banking Bank Mandiri Royke Tumilaar, Direktur Risk Management & Compliance Bank Mandiri Ahmad Siddik Badruddin dan Direktur Digita

INDUSTRY.co.id - Jakarta- PT Bank Mandiri Persero Tbk meraup laba bersih Rp9,5 triliun selama triwulan II-2017 atau tumbuh 33,7 persen (year on year/yoy) berkat membaiknya pemulihan ekonomi domestik yang mendorong penyaluran kredit dan penurunan rasio kredit bermasalah.

"Laba didorong kredit yang tumbuh hingga 11,6 persen (yoy) menjadi Rp682 triliun," kata Direktur Utama Bank Mandiri Kartika Wirjoatmodjo dalam jumpa pers di Jakarta, Selasa (19/7/2017)

Menurut Tiko, sapaan akrab Kartika, perekonomian domestik yang mulai pulih telah meningkatkan permintaan kredit sekaligus memperbaiki kemampuan bayar debitur. Beberapa indikatornya adalah pertumbuhan ekonomi triwulan I 2017 yang sebesar 5,01 persen (yoy) dan inflasi tahunan hingga Juni yang 4,3 persen (yoy), dinilai cukup kondusif untuk mendorong kinerja perbankan.

Meskipun demikian, Mandiri masih mengantisipasi kondisi permintaan kredit di semester II, sehingga target pertumbuhan kredit sebesar 11-13 peren (yoy) yang dicanangkan di awal tahun masih dipertahankan.

Di triwulan II 2017, pertumbuhan kredit Mandiri sebesar 11,6 persen telah memacu pendapatan bunga bersih yang naik enam persen menjadi Rp25,7 triliun. Namun, marjin bunga bersih (Net Interest Margin/NIM) Mandiri turun menjadi 5,8 persen dari 6,2 persen karena turunnya suku bunga dana.

Selain pendapatan bunga bersih, Mandiri juga menikmati pendapatan berbasis komisi atau "fee based income" yang tumbuh 18,5 pesen (yoy) menjadi Rp10,9 triliun pada akhir Juni.

Namun, meskipun rasio kredit bermasalah (NPL) Mandiri turun tipis menjadi 3,82 persen (gross) pada Juni 2017, perseroan masih hati-hati dalam menyalurkan kredit terutama untuk sektor logam, dan batu bara. Biaya provisi pun masih tinggi dengan kenaikan 12 persen menjadi Rp21,8 triliun.

Untuk penyaluran kredit, Direktur Korporasi Bank Mandiri Royke Tumilaar merinci kredit modal kerja tumbuh 5,2 persen menjadi Rp319,9 triliun, kredit investasi tumbuh 16,6 persen menjadi Rp194,4 triliun serta kredit konsumer tumbuh 20 persen menjadi Rp91,3 triliun.

Di dalam segmen itu, realisasi kredit dari baki debet kredit infrastruktur Bank Mandiri pada akhir triwulan II 2017 mencapai Rp133,7 triliun atau tumbuh 15 persen dari periode yang sama tahun lalu.

Penyaluran total kredit Mandiri jug didukung penghimpunan dana pihak ketiga (DPK) yang tumbuh 10,1 persen menjadi Rp760,9 triliun. Sehingga, rasio dana murah terhadap total DPK mencapai 64,43 persen.

Dengan capaian kredit tersebut, aset Bank Mandiri naik 9,9 persen (yoy) menjadi Rp1.067,4 triliun.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Fasilitas panel surya di area atap gedung utama kantor PT Solusi Bangun Indonesia Tbk Pabrik Tuban, sebagai implementasi penggunaan Energi Baru dan Terbarukan (EBT) untuk mencapai target dekarbonisasi.

Rabu, 01 Mei 2024 - 22:33 WIB

Melalui Operational Excellence, SIG Catatkan Laba Sebesar Rp472 Miliar pada Kuartal I Tahun 2024 di Tengah Kontraksi Permintaan Semen Domestik

Jakarta– PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) melaporkan kinerja keuangan konsolidasian pada kuartal I tahun 2024 dengan ringkasan sebagai berikut:

Titi Kamal hadir di pameran wisata Arab Saudi yang digelar di Mall Kota Kasablanka Jakarta tanggal 1-5 Mei 2024.

Rabu, 01 Mei 2024 - 21:48 WIB

Arab Saudi Gelar Pameran Wisata, Titi Kamal Beberkan Keseruannya

Sepanjang pameran 'Visit Saudi, Beyond Umrah', penawaran eksklusif dan terbatas diberikan kepada masyarakat Indonesia berupa penerbitan visa ke Arab Saudi dalam waktu 24 jam.

Braveheart Center, Brawijaya Hospital Saharjo.

Rabu, 01 Mei 2024 - 21:10 WIB

Brawijaya Hospital Saharjo Hadirkan BraveHeart Center, Pusat Layanan Jantung, Pembuluh Darah dan Otak

Didukung oleh Tim medis yang berpengalaman serta fasilitas diagnostic yang lengkap, BraveHeart Center, Brawijaya Hospital Saharjo mampu menangani kasus–kasus kompleks pada jantung, pembuluh…

HINT Metaverse EDP, parfum berteknologi AI.

Rabu, 01 Mei 2024 - 20:55 WIB

HINT Metaverse EDP, Parfum Berteknologi AI Hadir di Shopee Dengan Berbagai Promo Eksklusif

Brand parfum HINT berkolaborasi dengan AI Technology, menghadirkan HINT Metaverse EDP dengan aroma fruity-floral yang futuristik dan meningkatkan suasana hati menjadi lebih hidup.

Adyatama Kepariwisataan dan Ekonomi Kreatif Ahli Utama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Nia Niscaya

Rabu, 01 Mei 2024 - 18:50 WIB

Kembali Digelar, Komodo Travel Mart Bakal Dongkrak Sektor Parekraf di Labuan Bajo

Komodo Travel Mart sebuah forum yang mempertemukan buyer dan seller di bidang pariwisata untuk destinasi pariwisata super prioritas Labuan Bajo akan digelar pada 6 hingga 9 Juni 2024 di Labuan…