Kemenperin: Potensi Indonesia Jadi Pemain Utama Industri Mebel Dunia Cukup Terbuka

Oleh : Ridwan | Rabu, 19 Juli 2017 - 12:07 WIB

Pameran industri Furniture
Pameran industri Furniture

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Direktur Jenderal Industri Agro Kementerian Perindustrian, Panggah Susanto mengatakan, Indonesia memiliki potensi yang besar untuk menjadi pemain utama dalam industri mebel di dunia. Hal ini tidak lepas dari keunggulan kompetitif yang dimiliki Indonesia.

"Keunggulan tersebut kompetitif tersebut yakni dari ketersediaan bahan baku, tenaga kerja yang memadai dan desain yang beragam," ungkap Panggah saat acara seminar di Jakarta (18/7/2017).

Namun demikian, lanjut Panggah, masih banyak yang perlu diperbaiki untuk dapat menjadikan Indonesia sebagai pemain utama industri mebel dunia. Yakni memperbaiki sistem logistik bahan baku, produktivitas industri, inovasi produk, dan juga promosi yang lebih luas.

"Selain itu, peluang untuk memenuhi kebutuhan pasar domestik juga masih sangat besar," kata Panggah.

Menurutnya, persaingan dunia eksport mebel dan kerajinan dalam lima tahun terakhir memang sangat ketat sehingga membutuhkan inovasi. Cara-cara kreatif dan effisien serta strategi pemasaran yang tepat diperlukan untuk menjaring konsumen.

"Seminar ini perlu untuk memberikan edukasi agar para pelaku industri mebel dan kerajinan di Indonesia dapat bersaing secara global mengingat persaingan ketat industri mebel lima tahun terakhir ini," pungkas Panggah.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

 PAPDI Umumkan Pembaruan Rekomendasi Jadwal Vaksinasi Dewasa 2024

Senin, 29 April 2024 - 21:00 WIB

PAPDI Perbarui Rekomendasi Vaksin Dewasa Dengan Menambahkan PCV15

Selain diberikan kepada bayi dan anak-anak, vaksin PCV15 juga telah disetujui oleh BPOM untuk diberikan kepada dewasa guna memberikan perlindungan terhadap 15 serotipe bakteri pneumokokus.

Dialog Forum Merdeka Barat 9 (FMB9) yang mengangkat tema 'Lindungi Hak Pekerja dalam Bisnis'. (FMB9)

Senin, 29 April 2024 - 20:40 WIB

Perpres 60/2023, Pemerintah Dorong Bisnis Ramah HAM & Kesejahteraan Pekerja

Jakarta, FMB9 - Pemerintah telah mengesahkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 60 Tahun 2023 tentang Strategi Nasional Bisnis dan Hak Asasi Manusia sebagai respons terhadap kebutuhan akan perlindungan…

Direksi BNI usai paparan kinerja

Senin, 29 April 2024 - 18:33 WIB

BNI Raih Laba Bersih Rp5,33 Triliun Kuartal I 2024

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI konsisten mencatatkan pertumbuhan kinerja keuangan yang positif dan berkelanjutan pada periode awal tahun 2024.

Program BISA

Senin, 29 April 2024 - 18:05 WIB

Cegah Stunting di Jawa Barat dan NTT, Program BISA Tingkatkan Perilaku CTPS Sebesar 81,5%

Save the Children bersama dengan mitra konsorsium Unilever Lifebuoy, berhasil meningkatkan Perilaku Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) di Jawa Barat dan Nusa Tenggara Timur (NTT) melalui program…

Industri logam dan baja

Senin, 29 April 2024 - 17:35 WIB

Mantaps! Industri Manufaktur RI 'Kokoh' di Tengah Ketidakstabilan Kondisi Ekonomi Global

Indeks Kepercayaan Industri (IKI) bulan April 2024 masih ekspansi 52,3, turun sebesar 0,75 poin dibandingkan Maret 2024 sebesar 53,05, meskipun ekspansinya melambat, hal ini merupakan sinyal…