KEK Kendal Resmi Menjadi Lokasi Pabrik Komponen Lithium Baterai Kendaraan Listrik Pertama di Asia Tenggara

Oleh : Hariyanto | Kamis, 13 Juli 2023 - 18:39 WIB

Ground breaking pembangunan Pabrik Komponen Lithium Baterai Kendaraan Listrik
Ground breaking pembangunan Pabrik Komponen Lithium Baterai Kendaraan Listrik

INDUSTRY co.id - Kendal - PT LBM Energi Baru Indonesia melakukan Groundbreaking Pembangunan Pabrik Komponen Lithium Baterai Kendaraan Listrik yang berlokasi di Kawasan Industri Kendal (KEK Kendal), Jawa Tengah pada Kamis (13/7/2023).

PT LBM Energi Baru Indonesia merupakan subsidiary dari perusahaan asal Singapura LBM New Energy (AP) Pte Ltd dibawah bendera Lopal Tech Company.

Lopal Tech Company sendiri adalah holding dari PT LBM Energi Baru Indonesia yang telah berdiri sejak tahun 2003, dan berpusat di Nanjing, Jiangsu, China.

Dalam awal perjalanan bisnisnya, Lopal Tech memproduksi spare part otomotif seperti lubricant oil dan automotive chemical. Kemudian entitas bisnis ini berkembang menjadi penyedia Green Energy dan Green Chemical terkemuka di dunia dengan memiliki total 16 pabrik dan 30 anak perusahaan.

Adapun pembangunan pabrik di KEK Kendal ini menjadi investasi pertama bagi Lopal Tech dan LBM di kawasan Asia Tenggara.

Dari lokasi pabrik di Kawasan industri besutan PT Jababeka Tbk ini, PT LBM Energi Baru Indonesia bakal memproduksi LFP (Lithium Iron Phosphate) Cathode Material dengan total kapasitas produksi mencapai 120,000 Ton LFP. Pabrik yang dibangun memiliki nilai investasi mencapai USD 290 Juta atau setara dengan Rp 4 Triliun.

Soo selaku Presiden Direktur PT LBM Energi Baru Indonesia menyampaikan bahwa pembangunan pabrik ini didorong oleh semakin meningkatnya kebutuhan global akan baterai lithium ion sebagai komponen dari kendaraan listrik.

Hal ini seiring dengan masyarakat global yang saat ini menuju pada penggunaan green energy guna mengurangi perubahan iklim. 

“Besar harapan kami bahwa pembangunan pabrik ini dapat terlaksana sesuai target, sehingga PT LBM Energi Baru Indonesia dapat segera beroperasi di akhir tahun ini.” ungkap Soo

Dirinya juga mengungkapkan alasannya memilih Indonesia sebagai lokasi ekspansi bisnis mereka di Asia Tenggara.

“Ini merupakan pertama kalinya bagi kami melakukan perluasan di luar China. Kami sangat yakin memilih Indonesia, tepatnya di Kawasan Ekonomi Khusus Kendal. Hal ini kami lihat berdasarkan kelengkapan infrastruktur bertaraf internasional dan fasilitas Kawasan Ekonomi Khusus yang diberikan seperti tax holiday, free PPN, dan bea masuk.”ungkapnya.

Nantinya saat beroperasi, pabrik ini akan menyerap sekitar 1000 tenaga kerja yang berasal dari wilayah Kendal dan sekitarnya.

Sementara itu, Stanley Ang selaku CEO & Presiden Direktur dari PT Kawasan Industri Kendal mengungkapkan bahwa KIK akan turut serta mendukung proses beroperasinya PT LBM Energi Baru Indonesia.

Kami akan membantu dari proses perizinan, pencarian tenaga kerja, hingga pengajuan fasilitas-fasilitas fiskal dari SEZ," tukasnya.

Dalam kesemoatan yang sama, Bupati Kendal Dico M Ganinduto yang turut hadir dan menyambut secara antusias acara groundbreaking pada hari ini juga turut memberikan apresiasinya.

“Kami bangga dengan dipilihnya Kendal sebagai lokasi pembangunan pabrik LFP pertama di Indonesia. Tentunya ini memberikan impact yang cukup besar, terutama bagi perkembangan ekonomi di Kabupaten Kendal, serta semakin terbukanya lapangan pekerjaan untuk masyarakat lokal. Kami juga berharap dengan ini Kendal dapat semakin dilirik sebagai lokasi investasi di Jawa Tengah.” jelas Bupati Dico.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Kamis, 18 April 2024 - 21:30 WIB

Top! Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Jakarta-Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD)…

Chief Commercial Officer Telin Kharisma (keempat dari kanan) dan Group Chief Executive of Dialog Axiata PLC Supun Weerasinghe (kelima dari kiri) saat penandatanganan kemitraan strategis untuk pengelolaan layanan terminasi suara dan SMS internasional antara Telin dan Dialog Axiata

Kamis, 18 April 2024 - 21:03 WIB

Telin dan Dialog Axiata Tandatangani Kemitraan Strategis untuk Kelola Layanan Terminasi Suara dan SMS Internasional

Telin, anak perusahaan Telkom Indonesia yang melayani pelanggan global, dan Dialog Axiata PLC, penyedia konektivitas nomor satu di Sri Lanka, telah menandatangani Perjanjian Layanan Induk (Master…

Ilustrasi pembayaran menggunakan PayLater

Kamis, 18 April 2024 - 17:39 WIB

Pinjol dan Paylater Marak, Perbankan Perlu Ubah Strategi Agar Kredit Mudah Diakses

Laporan terbaru dari Bank Indonesia (BI) tentang kredit nasional dalam Hasil Rapat Dewan Gubernur bulan Maret 2024 mengungkapkan adanya pertumbuhan kredit pada sektor perbankan sebesar 11,28%…

Kawasan Labuan Bajo – Tanamori

Kamis, 18 April 2024 - 17:23 WIB

Kabar dari Labuan Bajo! Pemda Mabar Rencanakan Pembangunan Poltekpar Negeri, Upaya Pemerintah Tingkatkan SDM Unggul

Labuan Bajo-Dalam rangka peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) di Destinasi Pariwisata Super Prioritas Labuan Bajo Flores, Pemerintah Daerah Kabupaten Manggarai Barat bersama Badan Pelaksana…

Iluastrasi Investasi-images IST

Kamis, 18 April 2024 - 17:21 WIB

Catat! Ini 5 Tipe Investasi yang Cocok Berdasarkan Karakter

Investasi bisa menjadi salah satu cara untuk mewujudkan mimpi di masa depan. Namun dengan banyaknya pilihan investasi saat ini, perlu diingat bahwa setiap instrumen investasi memiliki keuntungan…