ExportHub.id - Import United Ausindo Pty Ltd Teken Kerja Sama Pasarkan Produk RI ke Australia

Oleh : Ridwan | Rabu, 05 Juli 2023 - 06:00 WIB

Ilustrasi Ekspor (Ist)
Ilustrasi Ekspor (Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Ekosistem ExportHub.id melalui PT Andalan Ekspor Indonesia (AeXI) dan perusahaan Import United Ausindo Pty Ltd telah menandatangani nota kesepahaman (MoU) kerja sama untuk mempromosikan dan memasarkan produk-produk Indonesia ke pasar Australia. 

Penandatanganan kerja sama disaksikan langsung oleh Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan saat meresmikan kantor cabang PrivyID luar negeri pertama di Sydney pada Senin (3/7).

Penandatanganan kerja sama tersebut terlaksana atas inisiasi Atase Perdagangan Canberra, Australia, dimana penandatanganannya dilakukan secara digital atau secara jarak jauh menggunakan platform Privy dari Sydney, Australia dan Jakarta, Indonesia.

Direktur Utama AeXI, Amalia Prabowo mengatakan, penandatanganan kerja sama ini merupakan bentuk nyata dari komitmen AeXI untuk terus mempererat sinergi dalam memperkuat pasar dalam negeri terutama UKM, sekaligus untuk meningkatkan daya saing di sektor perdagangan luar negeri. 

“Bersama Import United Ausindo Pty Ltd, ExportHub.id ingin meningkatkan volume produk-produk ekspor Indonesia ke Australia, seperti rempah dan bumbu dapur, kopi, teh, kayu, dan furnitur," tegas Amalia Prabowo.  

Sementara itu, Direktur Import United Ausindo Pty Ltd, Michael Samsir, menyatakan bahwa MoU ini diharapkan dapat bermanfaat untuk mendapatkan kepastian supplier produk Indonesia sesuai kebutuhan yang ada di Australia. 

“Semakin banyak produk Indonesia yang saat ini dicari tidak hanya oleh orang Indonesia, namun juga oleh orang Australia. Terutama pasar rempah yang saat ini didominasi oleh India, Cina, dimana supply dari India sedang dilanda masalah kualitas dan hubungan bilateral antara Australia dan Cina yang sedang memburuk.  Ditambah lagi dengan dukungan dari pemerintah Indonesia melalui program Indonesia Spice Up The World, ini merupakan peluang emas bagi kita dan Indonesia," terang Michael Samsir. 

Senada dengan hal tersebut, penandatanganan MoU antara ExportHub.id dan Import United Ausindo Pty Ltd merupakan upaya nyata dari Atase Perdagangan Canberra dalam meningkatkan neraca ekspor dari Indonesia ke Australia. 

“Atase Perdagangan Canberra akan turut aktif dalam mendorong kerja sama bisnis antara kedua negara,” ujar Agung Haris Setiawan, selaku Atase Perdagangan Canberra, Australia, di sela acara peresmian kantor Privy di Australia.  

Privy adalah sebuah platform terintegrasi yang menyediakan layanan tanda tangan digital pertama di Indonesia. 

Privy memberikan layanan yang legal, mudah, dan aman untuk melakukan penandatanganan berbagai dokumen digital. Kabar baiknya, Privy sudah tercatat dan diakui secara resmi di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Bank Indonesia (BI). 

“Kami juga tidak perlu khawatir tentang masalah confidentiality juga legalitas dokumen yang sudah ditandatangani, sehingga tidak ada pihak yang dirugikan dalam proses kerja sama ini," ujar Amalia Prabowo. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Mobil listrik

Sabtu, 18 Mei 2024 - 17:57 WIB

Strategi Marketing Dalam Penjualan Kendaraan Listrik atau EV

Dunia transportasi tengah mengalami transformasi besar dengan kemunculan kendaraan listrik (EV) sebagai pemain utama. Hal ini menandakan pergeseran menuju era baru dalam mobilitas manusia, di…

Prescon HI Drone Dragrace 2 di PIK 2

Sabtu, 18 Mei 2024 - 16:27 WIB

HOGERS Indonesia Gelar Balapan Motor Besar Harley Davidson

HOGERS Indonesia menggelar lomba balapan dan ketangkasan motor Harley terbesar di Indonesia. Event berskala Nasional buatan HOGERS Indonesia Drag Race of National Event 2 (HIDRONE2) ini dilaksanakan…

Implementasi IoT untuk pertanian

Sabtu, 18 Mei 2024 - 15:02 WIB

Jadi Mitra Kemkominfo, MSMB Implementasi Sistem Pintar Berbasis IoT untuk 7 Green House di Temanggung

PT Mitra Sejahtera Membangun Bangsa (MSMB), start up agritech dari Sleman, Yogyakarta, baru-baru ini menjadi mitra layanan implementasi teknologi berbasis IoT (Internet of Things) Kementerian…

Direktur Utama Telkomsat, Lukman Hakim Abd. Rauf

Sabtu, 18 Mei 2024 - 14:37 WIB

Telkomsat dan Starlink Tandatangani Kerja Sama Layanan Segmen Enterprise di Indonesia

Telkomsat dan Starlink melakukan Penandatanganan Kerja Sama (PKS) untuk layanan segmen enterprise berbagai wilayah di Indonesia.

SUPER AIR JET Buka Rute Baru

Sabtu, 18 Mei 2024 - 13:39 WIB

Dukung IKN, SUPER AIR JET Buka Rute Baru!

SUPER AIR JET mulai 6 Juni 2024 perkenalkan penerbangan non-stop pertama dari Bandar Udara Dhoho, Kediri, Jawa Timur ke Bandar Udara Internasional SAMS Sepinggan Balikpapan, Kalimantan Timur,…