Tindak Lanjut Kesepakatan Kerja Sama Hannover Messe 2023, Enam Perusahaan Berdiri di Wiraraja Industrial Park Kepri

Oleh : Hariyanto | Minggu, 18 Juni 2023 - 12:32 WIB

Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri (BPSDMI) Kemenperin, Eko SA Cahyanto
Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri (BPSDMI) Kemenperin, Eko SA Cahyanto

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Berakhirnya Hannover Messe 2023 menandai dimulainya langkah tindak lanjut dan implementasi atas berbagai kesepakatan kerja sama yang dihasilkan selama partisipasi Indonesia sebagai Official Partner Country di ajang yang berlangsung pada April 2023 lalu. 

Salah satu tindak lanjutnya adalah peresmian ”Grand Opening of 6 Companies” di Wiraraja Industrial Park yang berlokasi di kawasan Kabil, Kota Batam, Kepulauan Riau pada 5 Juni 2023 lalu. 

Dalam sambutannya saat meresmikan pendirian enam perusahaan tersebut, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan bahwa Indonesia menjadi salah satu anggota G20 yang paling berhasil dalam pemulihan ekonomi. 

"Perekonomian Indonesia tumbuh sebesar 5,03% (yoy) pada triwulan I – 2023. Keberhasilan ini menjadi bukti bahwa Indonesia mampu mengatasi dampak pandemi dengan baik," kata Menko Airlangga. 

”Grand Opening of 6 Companies” di Wiraraja Industrial Park merupakan salah satu momen penting bagi Indonesia dalam upaya pemulihan ekonomi pascapandemi Covid-19 serta mengakselerasi peningkatan daya saing industri dan pertumbuhan ekonomi nasional. 

Adapun enam perusahaan yang diresmikan yakni PT Apollo Solar Indonesia, PT Marubeni Global Indonesia, PT Tynergy Technology Group, PT Wiraraja Yunan International, PT Alpha Solar Indonesia, dan Jaya Electrical Energy. Total investasi yang dibawa masuk ke Indonesia oleh perusahaan-perusahaan tersebut  adalah sebesar USD800 juta atau sekitar Rp12 triliun dan akan menciptakan lapangan kerja bagi 13.000 orang.

Keberhasilan masuknya investasi di Indonesia tidak terlepas dari promosi dan kemudahan investasi yang diberikan. Airlangga menyampaikan, Pemerintah Indonesia memberikan berbagai insentif investasi yang sangat menjanjikan, antara lain tax holiday, tax allowance, import duty exemption, dan super tax deduction.

Direktur Jenderal Ketahanan, Perwilayahan, dan Akses Industri Internasional Kementerian Perindustrian (Dirjen KPAII Kemenperin) Eko SA Cahyanto menyampaikan, kesuksesan masuknya investasi tersebut juga tidak terlepas dari partisipasi Indonesia sebagai Partner Country Hannover Messe 2023 dan dukungan berbagai stakeholder, salah satunya peran KJRI Los Angeles yang memfasilitasi dan berkoordinasi dengan Kementerian Perindustrian terhadap rencana investasi Tynergy di Indonesia. 

“Selanjutnya, Kementerian Perindustrian akan terus mendorong promosi dan percepatan realisasi asing masuk ke Indonesia,” tutup Dirjen KPAII.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Inovasi Pharmacademy dari Sanofi berdayakan apoteker lewat platform PharmAcademy.

Sabtu, 25 Mei 2024 - 21:42 WIB

Setahun Pharmacademy, Kuatkan Kompetensi 2.750 Apoteker di Indonesia

Inovasi Pharmacademy dari Sanofi hadirkan platform PharmAcademy yang telah menguatkan Kompetensi 2.750 Apoteker di Indonesia.

BNI Agen46

Sabtu, 25 Mei 2024 - 21:38 WIB

BNI Agen46 Bidik Seratus Ribu Pengunjung Java Jazz Festival

BNI Agen46, mitra PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI yang menyediakan berbagai layanan jasa keuangan, memeriahkan Jakarta International BNI Java Jazz Festival (BNI JJF) 2024 yang…

UMKM yang mengikuti PackFest 2024

Sabtu, 25 Mei 2024 - 17:40 WIB

PackFest 2024 Kembali Hadir, Telkom Ajak UMKM Naik Kelas Melalui Kemasan Yang Kekinian

Telkom Indonesia melalui Rumah BUMN Telkom kembali mengajak para pelaku UMKM di seluruh Indonesia untuk naik kelas melalui Program Packaging Festival (PackFest) 2024. PackFest merupakan program…

Festival Java jazz

Sabtu, 25 Mei 2024 - 17:31 WIB

Musisi Apresiasi BNI Java Jazz Festival

Pelaksanaan BNI Java Jazz Festival 2024 mendapatkan apresiasi dari kalangan musisi. Salah satunya datang dari Barry Likumahuwa yang juga menjadi salah satu musisi yang tampil dalam gelaran tahunan…

Ilustrasi Mobile Banking BNI

Sabtu, 25 Mei 2024 - 15:01 WIB

Pengunjung Java Jazz Festival Didorong Gunakan M-Banking BNI

BNI Java Jazz Festival 2024 kembali hadir memanjakan telinga dengan alunan musik merdu dari musisi ternama dunia. Festival yang berlangsung selama 3 hari, dari tanggal 24 hingga 26 Mei 2024…