Peringati Hari Lingkungan Hidup, Mahasiswa Budi Luhur Tolak Kemasan Galon Sekali Pakai

Oleh : Herry Barus | Jumat, 09 Juni 2023 - 11:29 WIB

Peringati Hari Lingkungan Hidup, Mahasiswa Budi Luhur Tolak Kemasan Galon Sekali Pakai
Peringati Hari Lingkungan Hidup, Mahasiswa Budi Luhur Tolak Kemasan Galon Sekali Pakai

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, mahasiswa pencinta alam Universitas Budi Luhur mengadakan aksi menolak penggunaan kemasan plastik sekali pakai termasuk kemasan Galon Sekali Pakai yang sudah memberikan dampak buruk terhadap lingkungan. Data statistik menunjukkan jenis sampah plastik menduduki peringkat kedua sebesar 5,4 juta ton per tahun atau 14 persen dari total produksi sampah Indonesia. 

“Dalam memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia atau World Environment Day setiap tanggal 5 Juni, kami melakukan pawai di lingkungan kampus dan melakukan orasi di depan pintu masuk kampus yang bertepatan berada di jalan raya untuk menyuarakan bahaya penggunaan sampah plastik sekali pakai terhadap lingkungan,” ujar Ketua Makopala Universitas Budi Luhur, Yoga, Kemarin.

Saat mengadakan pawai yang didampingi Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Irma Yuli Fajri, puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Makopala Universitas Budi Luhur membawa berbagai jenis sampah plastik sekali pakai yang dikumpulkan dari masyarakat sekitar seperti galon sekali pakai dan botol-botol plastik untuk menunjukkan bahwa sampah-sampah inilah yang menjadi perusak lingkungan selama ini.  

“Kita ingin mengimbau masyarakat khususnya civitas kampus, untuk bisa mengurangi penggunaan  kemasan plastik sekali pakai, salah satunya galon sekali pakai. Selain itu, kita juga ingin mengajak semua pihak agar memiliki kesadaran untuk tidak membuang sampah plastik itu sembarangan dan kalau bisa jangan pakai kemasan plastik yang sekali pakai,” katanya.

Yoga menuturkan kegiatan serupa pernah dilakukan Makopala Universitas Budi Luhur pada tahun 2021 dan 2022 lalu. Hasilnya, kesadaran para mahasiswa di Universitas Budi Luhur untuk tidak menggunakan kemasan plastik sekali pakai mulai tercipta. “Sekarang sudah banyak kawan mahasiswa yang membawa tumbler dari rumah. Apalagi pihak kampus juga telah menyediakan beberapa dispenser air galon guna ulang yang bisa dimanfaatkan para mahasiswa untuk mengisi ulang air minumnya saat sudah habis,” tuturnya.

Selain itu, kata Yoga, keberadaan bank sampah di wilayah kampus juga menjadi penyemangat bagi para mahasiswa untuk dengan sadar mengumpulkan sampah-sampah plastik sekali pakai di wilayah kampus dan menyetorkannya ke bank sampah. “Apalagi setiap sampah plastik yang disetorkan para mahasiswa itu ada harganya, bisa berupa uang dan juga emas,” tukasnya.

Muhammad Rafli, relawan bank sampah Universitas Budi Luhur, mengatakan sampah-sampah plastik sekali pakai yang disetorkan para mahasiswa akan dikelola menjadi barang-barang bermanfaat seperti tas, dompet, gantungan kunci dan lain-lain. “Setelah sampah plastik itu terkumpul, kami dari bank sampah akan mengolahnya menjadi kerajinan tangan untuk kemudian dijual,” ucapnya.

Sebagai Ketua BEM Universitas Budi Luhur, Irma Yuli Fajri ingin mengajak semua mahasiswa untuk meningkatkan kesadaran terhadap lingkungan hidup dengan tetap menjaga lingkungan. “Selain tidak membuang sampah sembarangan, kami juga ingin mendorong masyarakat khususnya kawan-kawan mahasiswa agar mau mengelola sampah yang sudah ada. Karena sampah plastik itu terurainya lama, kita sebaiknya harus mengelola sampah-sampah tersebut dengan baik,” ujarnya.

Di akhir kegiatan yang dilakukan, para mahasiswa Budi Luhur ini melakukan orasi di depan pintu masuk kampus yang berada tepat di pinggir jalan raya. Mereka menyuarakan pentingnya menjaga lingkungan dengan tidak menggunakan kemasan plastik sekali pakai kepada setiap masyarakat yang melintas di jalan tersebut. 

Sebelumnya, kegiatan serupa juga diadakan ILUNI Universitas Indonesia. Para mahasiswa UI juga menyerukan untuk tidak menggunakan kemasan sekali pakai ini kepada semua peserta yang hadir dalam acara tersebut. Bahkan, para peserta yang hadir diingatkan untuk membawa tumbler dan tidak diijinkan membawa kemasan minum berbahan plastik sekali pakai.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Arfindi Batubara (Marketing Director LIXIL Water Technology Indonesia) dan Hasan Alatas (Head of HOIRe by Lifetime Design)

Sabtu, 13 Juli 2024 - 23:33 WIB

American Standard Warnai Instalasi Rumah Dalam Mall Arief Muhammad

Koleksi terbaru American Standard itu tampil di kids bathroom dalam instalasi rumah-dalam-mall The House Within hasil kolaborasi Lifetime Design dengan Arief Muhammad.

Karyawan SBI Pabrik Cilacap saat menyiapkan semen kantong yang siap kirim di emplasemen kereta api Karangtalun, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

Sabtu, 13 Juli 2024 - 20:35 WIB

Dinilai Memiliki Kinerja Menjanjikan, SIG Masuk Daftar Konstituen Indeks PEFINDO i-Grade

Jakarta– Saham PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) ditetapkan sebagai konstituen PEFINDO Investment Grade Index (Indeks PEFINDO i-Grade) periode Juli - Desember 2024 oleh PT Pemeringkat…

Fidi Sjamsoedin, Director Marketing & Innovation Sababay WInery

Sabtu, 13 Juli 2024 - 20:13 WIB

Sababay Winery Luncurkan SANGRIA Dengan Perpaduan Rasa Unik Dari Buah Dan Rempah Indonesia

Pelopor dalam industri wine Indonesia, Sababay Winery meluncurkan Sababay SANGRIA! Kaya akan rempah-rempah dan buah-buahan asli Indonesia, Sababay SANGRIA hadir dengan rasa yang unik.

Progres Pemulihan PDNS 2, 86 Layanan Telah Aktif

Sabtu, 13 Juli 2024 - 20:12 WIB

Menko Hadi Sampaikan Kabar! Progres Pemulihan Pusat Data Nasional Sementara 2, 86 Layanan Telah Aktif

Jakarta-Pemulihan layanan pada Pusat Data Nasional Sementara (PDNS) 2 telah bertambah menjadi 86 layanan, yang berasal dari 16 tenant.

PJI Company of The Year Competition

Sabtu, 13 Juli 2024 - 15:17 WIB

PJI, Zurich, Starbucks, dan AIG Bersinergi Bawa Pelajar Indonesia ke Kompetisi Wirausaha Tingkat Global

Untuk merayakan puncak program edukasi kewirausahaan Student Company, Prestasi Junior Indonesia (PJI) dengan dukungan Zurich Indonesia, Z Zurich Foundation, The Starbucks Foundation, Starbucks…