Resmikan APAC Technical Center, Kordsa Targetkan Indonesia Jadi Pusat Inovasi Seantero Asia Pasifik – China

Oleh : Hariyanto | Rabu, 07 Juni 2023 - 15:19 WIB

Kordsa Resmikan APAC Technical Center
Kordsa Resmikan APAC Technical Center

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Kordsa, pemain penguat ban, konstruksi, dan teknologi komposit di pasar global, meresmikan pembukaan pusat teknis pertamanya di wilayah Asia Pasifik. Beroperasi di bawah PT Indo Kordsa Tbk, Pusat Teknis Asia Pasifik akan berfungsi sebagai landasan bagi Kordsa untuk pengembangan inovasi teknologi penguat ban yang melayani tidak hanya pasar kawasan Asia Pasifik, tetapi juga memperluas jangkauannya hingga ke pasar global.

Kordsa, anak perusahaan Sabancı Holding, menambahkan hal baru pada teknologi tinggi dan inisiasi dalam berinovasi. Merintis inovasi di bidang ban, penguat konstruksi, dan teknologi komposit, Kordsa membuka Pusat Teknisnya di Asia Pasifik, sejalan dengan pendekatan “Berinovasi di Mana Saja” yang menjunjung inovasi dalam pusat bisnisnya.

Menawarkan solusi penguat ban bernilai lebih kepada pelanggan di kawasan Asia Pasifik dengan dua fasilitas produksi di dalam negeri, Kordsa akan terus memelopori teknologi baru dalam industri benang dan kain ban di Pusat Teknis Asia Pasifik atau disebut juga sebagai “APAC Technical Center", yang akan berfokus pada peningkatan kapabilitas pada produk-produk yang sudah ada sambil mengembangkan produk dan prototipe yang menyesuaikan kebutuhan pelanggan dengan secepat mungkin yang berbasis pada data. 

Sejalan dengan misinya yakni 'Memperkuat Kehidupan', Kordsa menjalankan program keberlanjutan sebagai inti dalam segala aktivitas dan akan memprakarsai transformasi ramah lingkungan dalam industri penguat ban dengan teknologi baru yang akan dikembangkan di pusatnya. Selain itu, kemampuan teknologi yang dihasilkan dari APAC Technical Center akan diperluas lagi hingga ke bidang penguat konstruksi dan komposit, yang dapat mendukung Kordsa untuk memperluas sektor bisnis serta peluang untuk berkembang.

“Semangat kami untuk berinovasi dan berpikir inovatif, yang sekarang telah tertanam dalam DNA Kordsa, adalah elemen utama yang mendasari kesuksesan yang telah kami capai dalam skala global. Saat ini, kami memperkuat 1 dari setiap 3 ban mobil dan 2 dari setiap 3 ban pesawat menggunakan teknologi penguat ban kami. Kami juga memberikan kontribusi yang signifikan pada literatur dunia di bidang penguat konstruksi dan komposit. Sambil meningkatkan jejak global kami hari demi hari, kami terus mengejar untuk jadi lebih lagi dari apa yang telah kami capai.” kata CEO Kordsa İbrahim Özgür Yıldırım yang dikutip INDUSTRY.co.id, Rabu (7/6/2023).

“Dengan dunia yang sangat kompetitif saat ini serta dipicu oleh ide, teknologi, dan kecepatan, kami menganut prinsip bersaing dengan diri sendiri dan meningkatkan kemampuan untuk menciptakan nilai yang berkelanjutan bagi semua pemangku kepentingan. Untuk melayani para pelanggan kami di kawasan Asia Pasifik, APAC Technical Center ini merupakan bentuk dari komitmen kami untuk mewujudkan nilai tersebut. Selain itu, kami tidak hanya memelopori industri ban dengan teknologi yang inovatif, tetapi juga memanfaatkan pencapaian kami sebelumnya di bidang penguat konstruksi dan komposit. Dengan demikian, kami bertujuan untuk menciptakan peluang bisnis baru dan landasan pertumbuhan bagi Kordsa” Imbuhnya.

İbrahim Özgür menyatakan bahwa dekat dengan pelanggan adalah inti dari strategi pertumbuhan Kordsa Global dan menyatakan bahwa saat ini memiliki 13 fasilitas produksi di 7 negara, yaitu Turki, Brasil, Indonesia, Thailand, Amerika Serikat, Jerman, dan Italia yang merupakan salah satu indikator yang paling jelas dari komitmen perusahaan untuk selalu mengutamakan kebutuhan pelanggan. Dengan dibukanya APAC Technical Center di Indonesia, berarti membuka babak baru untuk lebih dekat dengan pelanggan. "Dalam arti kami igin menyampaikan pelaggan bahwa Kami berada di sisi Anda tidak hanya dengan kekuatan produksi kami, tetapi juga dengan kemampuan teknologi dan inovasi kami," ujarnya.

“Pusat Teknologi Global dan Pusat Keunggulan Teknologi Komposit kami di Turki adalah bagian penting dari budaya inovasi Kordsa. Kegiatan riset dan pengembangan dan lebih dari 500 paten yang telah kami capai di pusat pengembagan tersebut telah menjadi elemen kunci dalam memperkuat kepemimpinan Kordsa di seluruh dunia. Sekarang, kami memperluas kekuatan inovasi kami untuk melayani pelanggan kami dengan lebih baik di kawasan Asia Pasifik serta memberikan layanan dengan nilai yang lebih baik." lanjutnya.

Ömür Menteş, Chief Operating Officer Kordsa wilayah Asia Pasifik, mengakui bahwa Wilayah Asia Pasifik menempati posisi penting dalam strategi pertumbuhan global Kordsa. Menurutnya, wilayah Asia Pasifik, yang sebelumnya dikenal dengan tenaga kerjanya, kini menarik perhatian karena kecakapan teknologinya. Kawasan ini telah muncul sebagai pelopor dalam investasi R&D dan teknologi global, bersamaan dengan Amerika Utara. 

"Dengan fasilitas produksi baru kami di Indonesia, kami merasa terhormat telah menjadi salah satu perusahaan yang memimpin inovasi dan transformasi yang berorientasi pada teknologi di kawasan ini. Tujuan kami dari APAC Technical Center yang beroperasi di bawah PT Indo Kordsa Tbk, agar dapat menjadi pusat inovasi di industri benang dan kain ban di kawasan Asia Pasifik," ujar Ömür Menteş.

Peresmian Pusat Teknis Asia Pasifik (APAC Technical Center) yang dilaksanakan bersamaan dengan peringatan ulang tahun ke-50 Kordsa ini, dihadiri oleh para tamu dari berbagai negara, termasuk Indonesia, Thailand, dan Türkiye. Kordsa, yang mulai beroperasi pada tahun 1973 dengan pabrik kain ban İzmit, memanfaatkan kekuatan dan pengalaman Grup Sabancı, merayakan pencapaian signifikan yang telah dicapainya sebagai merek global, tidak hanya di Türkiye tetapi juga di seluruh dunia.

 

 

 

 

 

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kota Podomoro Tenjo

Jumat, 26 April 2024 - 17:08 WIB

Kota Podomoro Tenjo Luncurkan Tiga Produk Properti Terbaru

Kota Podomoro Tenjo meluncurkan 3 (tiga) produk properti terbaru melalui pameran properti bertajuk “Fantastic Milenial Home; Langkah Mudah Punya Rumah” yang berlangsung selama tanggal 23…

Ilustrasi perumahan

Jumat, 26 April 2024 - 16:44 WIB

Bogor dan Denpasar Jadi Wilayah Paling Konsisten dalam Pertumbuhan Harga Hunian di Kuartal I 2024

Sepanjang Kuartal I 2024, Bogor dan Denpasar menjadi wilayah paling konsisten dan resilient dalam pertumbuhan harga dan selisih tertinggi di atas laju inflasi tahunan

Bank Raya

Jumat, 26 April 2024 - 16:33 WIB

Bank Raya Kembali Torehkan Pertumbuhan Laba Double Digit di Triwulan 1 Tahun 2024

Fokus Bank Raya di 2024 adalah berinvestasi pada pertumbuhan bisnis yang  berkualitas untuk menjadikan Bank Raya sebagai bank digital utama untuk segmen mikro dan kecil. Strategi pengembangan…

Frasers Group Asia dan MAPA Menjalin Kerjasama untuk Hadirkan Sports Direct Pertama di Indonesia, Berlokasi di Kota Kasablanka Mall

Jumat, 26 April 2024 - 15:10 WIB

Frasers Group Asia dan MAPA Menjalin Kerjasama untuk Hadirkan Sports Direct Pertama di Indonesia, Berlokasi di Kota Kasablanka Mall

Sebagai bagian dari ekspansinya di Asia Tenggara, Sports Direct Malaysia, Sdn Bhd ("Frasers Group Asia") – afiliasi dari grup ritel internasional terkemuka Frasers Group plc ("Frasers Group",…

Pengamat hukum Dr. (Cand.) Hardjuno Wiwoho

Jumat, 26 April 2024 - 14:47 WIB

UU Perampasan Aset dan BLBI Jadi PR Prabowo-Gibran

Presiden dan Wakil Presiden (Wapres) terpilih, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka harus melanjutkan agenda pemberantasan korupsi yang sudah dicanangkan pemerintahan sebelumnya sebagai…