Finalis Program Rumah Sakit Wisata Medis Unggulan Mengangkat Malaysia Healthcare dalam Lanskap Global

Oleh : Herry Barus | Selasa, 06 Juni 2023 - 16:07 WIB

Malaysia Healthcare Travel Council
Malaysia Healthcare Travel Council

INDUSTRY.co.id - Malaysia  - Pada tahun 2022, Program Rumah Sakit Wisata Medis Unggulan memulai debutnya sebagai bagian integral dari Cetak Biru Industri Wisata Kesehatan Malaysia (2021-2025). Dipelopori oleh Malaysia Healthcare Travel Council (MHTC) dan didukung penuh oleh Kementerian Kesehatan, program ini dilaksanakan bekerja sama dengan badan internasional IQVIA dan Joint Commission International (JCI) untuk menjadikan Malaysia sebagai ikon global untuk wisata kesehatan.

Pada awal tahun ini, empat rumah sakit finalis telah diumumkan, membawa program ini ke Fase Akselerasi. Dalam perjalanannya untuk menjadi ikon global dalam ekosistem layanan kesehatan, rumah sakit-rumah sakit tersebut, yaitu Insititut Jantung Negara (IJN), Mahkota Medical Centre (MMC), Island Hospital (IH), dan Subang Jaya Medical Centre (SJMC), berusaha untuk memberikan pengalaman bagi pasien yang baik dan lancar dari awal hingga akhir dengan berpedoman pada keunggulan medis berbasis hasil, praktik-praktik terbaik dalam pelayanan, serta citra merek internasional.

Menurut Dato' Akmal Arief Mohamed Fauzi, Wakil CEO Grup IJN, program ini menawarkan kesempatan untuk meningkatkan kapasitas dan meningkatkan keunggulan IJN secara global.

"Selama 31 tahun, IJN selalu berusaha untuk melakukan yang terbaik di segala bidang. Cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan terus belajar. Ini adalah program yang sangat komprehensif yang memungkinkan kami untuk melakukannya," tambahnya.

Demikian pula, MMC memuji program ini karena telah mendorong kemajuan mereka.

"Perjalanan kami telah mengalami transformasi, meningkatkan operasi kami melalui fasilitasi Investasi Fast-Trackwawasan dari mentor dan penasihat program. Hal ini telah mempercepat akses kami ke sumber daya, jaringan, dan kolaborasi," kata CEO Stanley Lam.

IH melihat program ini sebagai pendorong bagi ekosistem layanan kesehatan di Malaysia. "Dampak ekonomi dari wisatawan kesehatan ke Penang saja pada tahun 2023 diperkirakan mencapai lebih dari RM1 miliar. Peluang yang dihasilkan akan memungkinkan kami untuk meningkatkan standar perawatan medis dan pemberian layanan," ujar Lim Kooi Ling, Kepala Staf.

Bryan Lin, CEO SJMC, setuju, "Program ini mengintegrasikan keindahan negara ini dengan kemampuan medis kami untuk memberi manfaat bagi mereka yang mencari liburan dan pengobatan, sekligus bagi ekonomi negara ini. Program ini memberikan kami platform untuk mencapai layanan kesehatan berkualitas internasional, memastikan pengalaman wisatawan kesehatan yang tanpa hambatan dan menyenangkan."

Program Rumah Sakit Wisata Medis Unggulan memberdayakan institusi layanan kesehatan swasta untuk mengidentifikasi dan menangani area yang perlu ditingkatkan sepanjang perjalanan wisata Kesehatan pasien, dengan panduan standar internasional. Upaya bersama antara pemain industri publik dan swasta ini akan meningkatkan layanan kesehatan dan meningkatkan kemampuan Malaysia Healthcare untuk memberikan perawatan yang luar biasa.

TENTANG PROGRAM RUMAH SAKIT WISATA MEDIS UNGGULAN

Program Rumah Sakit Wisata Medis Unggulan adalah inisiatif yang pertama kali dilakukan dalam bidangnya yang bermaksud menetapkan standar baru dalam wisata kesehatan global. Diprakarsai oleh Malaysia Healthcare Travel Council (MHTC) pada tahun 2022, dan sepenuhnya didukung oleh Pemerintah Malaysia dan Kementerian Kesehatan, program ini dilaksanakan sebagai upaya kolaboratif bersama lembaga internasional, IQVIA dan Joint Commission International (JCI) untuk mengukuhkan Malaysia sebagai ikon yang dikenal secara global untuk wisata kesehatan, memberikan pasian pengalaman yang luar biasa dari awal hingga akhir, yang berdasarkan pada keunggulan medis, praktik terbaik dalam pelayanan dan branding internasional.

Program ini melibatkan rumah sakit swasta terbaik di Malaysia untuk meningkatkan upaya mereka dalam menetapkan tolak ukur baru dalam pelayanan kesehatan melalui serangkaian program yang dipercepat sekaligus ketat untuk mempercepat kesiapan finalis terpilih untuk dapat dinobatkan sebagai rumah sakit unggulan.

Program ini merupakan bagian integral dari Cetak Biru Industri Wisata Kesehatan Malaysia selama lima tahun, yang bertujuan untuk memberikan memberikan Pengalaman Wisata Kesehatan Terbaik di Malaysia pada tahun 2025.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Perkuat Ketahanan Pangan, ID Food bersama Kostrad Lakukan Panen dan Penanaman Budidaya Padi Tahap II di Lahan Strategis

Kamis, 18 April 2024 - 22:02 WIB

Perkuat Ketahanan Pangan, ID Food bersama Kostrad Lakukan Panen dan Penanaman Budidaya Padi Tahap II di Lahan Strategis

Subang – Dalam rangka mendukung peningkatan produksi beras nasional, Holding BUMN Pangan ID Food melakukan kolaborasi bersama Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad) melalui pengembangan…

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Kamis, 18 April 2024 - 21:30 WIB

Top! Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Jakarta-Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD)…

Chief Commercial Officer Telin Kharisma (keempat dari kanan) dan Group Chief Executive of Dialog Axiata PLC Supun Weerasinghe (kelima dari kiri) saat penandatanganan kemitraan strategis untuk pengelolaan layanan terminasi suara dan SMS internasional antara Telin dan Dialog Axiata

Kamis, 18 April 2024 - 21:03 WIB

Telin dan Dialog Axiata Tandatangani Kemitraan Strategis untuk Kelola Layanan Terminasi Suara dan SMS Internasional

Telin, anak perusahaan Telkom Indonesia yang melayani pelanggan global, dan Dialog Axiata PLC, penyedia konektivitas nomor satu di Sri Lanka, telah menandatangani Perjanjian Layanan Induk (Master…

Ilustrasi pembayaran menggunakan PayLater

Kamis, 18 April 2024 - 17:39 WIB

Pinjol dan Paylater Marak, Perbankan Perlu Ubah Strategi Agar Kredit Mudah Diakses

Laporan terbaru dari Bank Indonesia (BI) tentang kredit nasional dalam Hasil Rapat Dewan Gubernur bulan Maret 2024 mengungkapkan adanya pertumbuhan kredit pada sektor perbankan sebesar 11,28%…

Kawasan Labuan Bajo – Tanamori

Kamis, 18 April 2024 - 17:23 WIB

Kabar dari Labuan Bajo! Pemda Mabar Rencanakan Pembangunan Poltekpar Negeri, Upaya Pemerintah Tingkatkan SDM Unggul

Labuan Bajo-Dalam rangka peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) di Destinasi Pariwisata Super Prioritas Labuan Bajo Flores, Pemerintah Daerah Kabupaten Manggarai Barat bersama Badan Pelaksana…