Pegadaian Gandeng Plustik, Daur Ulang 1 Ton Sampah Plastik

Oleh : Hariyanto | Selasa, 06 Juni 2023 - 11:26 WIB

Kerjasama Pegadaian dan Plustik
Kerjasama Pegadaian dan Plustik

INDUSTRY.co.id - Jakarta - PT Pegadaian bersama bank sampah Kitiran Emas binaannya di Solo menyerahkan 1 ton sampah plastik untuk diolah kembali menjadi benda yang mempunyai nilai guna. Kegiatan tersebut merupakan bagian dari rangkaian acara Konser Lokananta 2023 yang digelar di Solo, 3-4 Juni 2023.

Melibatkan puluhan Milenial BUMN termasuk Milenial Pegadaian yang juga berkolaborasi dengan startup Plustik, tim bersih-bersih berhasil mengumpulkan hingga 1 Ton sampah. Sampah tersebut, kemudian diserahkan secara simbolis oleh tim Plustik kepada Pegadaian Area Surakarta, untuk dikelola oleh Bank Sampah Kitiran Emas Binaan Pegadaian di Kota Solo.

“Saya ucapkan terima kasih kepada Plustik dan para Milenial BUMN yang telah bekerja keras menjadi relawan untuk mengumpulkan sampah di area Konser Lokananta 2023 selama 2 (dua) hari ini. Pasalnya gerakan seperti ini menjadi penting karena dapat memotivasi anak-anak muda untuk mulai peduli terhadap lingkungan untuk tidak membuang sampah sembarangan,” kata Suwarno, Deputi Bisnis Pegadaian Area surakarta yang dikutip INDUSTRY.co.id, Selasa (6/6/2023).

Sementara itu, Founder Startup Plustik Reza Hasfinanda mengaku sangat senang bisa berkolaborasi dengan BUMN untuk melakukan gerakan bersih-bersih sampah. Reza berharap kegiatan ini dapat terus berlangsung agar masyarakat semakin aware terhadap lingkungan khususnya pada pengelolaan sampah seperti sampah plastik rendah nilai.

“Alhamdulillah kegiatan bersih-bersih sampah di Solo berjalan lancar. semoga apa yang kita lakukan selama 2 hari ini dapat memberi contoh yang baik untuk masyarakat. Kami juga berharap sampah high value yang telah berhasil dikumpulkan dan berikan kepada bank sampah Pegadaian bisa dimanfaatkan untuk menjadi sesuai hal yang bernilai,” ujar Reza.

Sebagai bentuk apresiasi kepada 5 orang penonton konser yang ikut berpartisipasi untuk mengumpulkan sampah terbanyak di area konser, Pegadaian juga memberikan hadiah berupa Tabungan Emas masing-masing sebesar Rp 250 ribu.

Sebelumnya Kementerian BUMN juga melakukan aksi serupa dengan melibatkan para Milenial BUMN yang digelar di Labuan Bajo, untuk memicu kesadaran generasi muda akan pentingnya menjaga lingkungan. Menurut Menteri BUMN Erick Thohir, hal ini sejalan dengan komitmen BUMN untuk mengedepankan pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDG’s) dalam memberikan manfaat nyata bagi lingkungan.

 

 

 

 

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono

Sabtu, 27 April 2024 - 08:58 WIB

Kementerian PUPR Rampungkan Penataan Kawasan Pesisir Labuang Sebagai Destinasi Wisata Baru di Majene

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya telah merampungkan penataan Kawasan Pesisir Labuang di Kabupaten Majene sebagai destinasi wisata…

- PT Energasindo Heksa Karya ("EHK"), Perusahaan distribusi gas Indonesia

Sabtu, 27 April 2024 - 06:46 WIB

Dukung Energi Hijau, Energasindo Heksa Karya, Tripatra, dan Pasir Tengah Berkolaborasi Kembangkan Compressed Bio Methane (“CBM”)

PT Energasindo Heksa Karya ("EHK"), Perusahaan distribusi gas Indonesia yang sahamnya dimiliki oleh PT. Rukun Raharja, Tbk dan Tokyo Gas, PT Tripatra Engineering ("Tripatra"), anak perusahaan…

Siloam Hospitals

Sabtu, 27 April 2024 - 06:37 WIB

Siloam Hospitals Mempertahankan Pertumbuhan dan Melayani Lebih dari 1 Juta Pasien di Kuartal Pertama 2024

Siloam mengumumkan kinerja keuangan dan operasional untuk kuartal pertama tahun 2024. Perseroan mengawali tahun 2024 dengan pertumbuhan yang berkelanjutan dan telah melayani lebih dari 1 juta…

Viya Arsa Wireja Head of Communication Panasonic Gobel Indonesia bersama terdampak Gempa Cianjur

Sabtu, 27 April 2024 - 06:36 WIB

Hadirkan Solusi Bagi Masyarakat Terdampak Gempa, Panasonic GOBEL Donasikan Ratusan Solar Lantern

PT Panasonic Gobel Indonesia (PGI) kembali merealisasikan program globalnya untuk memberikan kontribusi terhadap kemajuan, perkembangan dan kesejahteraan masyarakat melalui operasional bisnisnya…

RUPS-LB Transpower

Sabtu, 27 April 2024 - 06:13 WIB

PT Trans Power Marine Bagikan Dividen 63 Persen

Selama tahun 2023, kondisi perekonomian global masih menghadapi tekanan yang cukup signifikan, dihadapkan oleh tingginya tingkat inflasi dan era suku bunga tinggi, yang menyebabkan ketidakpastian…