Pegadaian Gandeng Plustik, Daur Ulang 1 Ton Sampah Plastik

Oleh : Hariyanto | Selasa, 06 Juni 2023 - 11:26 WIB

Kerjasama Pegadaian dan Plustik
Kerjasama Pegadaian dan Plustik

INDUSTRY.co.id - Jakarta - PT Pegadaian bersama bank sampah Kitiran Emas binaannya di Solo menyerahkan 1 ton sampah plastik untuk diolah kembali menjadi benda yang mempunyai nilai guna. Kegiatan tersebut merupakan bagian dari rangkaian acara Konser Lokananta 2023 yang digelar di Solo, 3-4 Juni 2023.

Melibatkan puluhan Milenial BUMN termasuk Milenial Pegadaian yang juga berkolaborasi dengan startup Plustik, tim bersih-bersih berhasil mengumpulkan hingga 1 Ton sampah. Sampah tersebut, kemudian diserahkan secara simbolis oleh tim Plustik kepada Pegadaian Area Surakarta, untuk dikelola oleh Bank Sampah Kitiran Emas Binaan Pegadaian di Kota Solo.

“Saya ucapkan terima kasih kepada Plustik dan para Milenial BUMN yang telah bekerja keras menjadi relawan untuk mengumpulkan sampah di area Konser Lokananta 2023 selama 2 (dua) hari ini. Pasalnya gerakan seperti ini menjadi penting karena dapat memotivasi anak-anak muda untuk mulai peduli terhadap lingkungan untuk tidak membuang sampah sembarangan,” kata Suwarno, Deputi Bisnis Pegadaian Area surakarta yang dikutip INDUSTRY.co.id, Selasa (6/6/2023).

Sementara itu, Founder Startup Plustik Reza Hasfinanda mengaku sangat senang bisa berkolaborasi dengan BUMN untuk melakukan gerakan bersih-bersih sampah. Reza berharap kegiatan ini dapat terus berlangsung agar masyarakat semakin aware terhadap lingkungan khususnya pada pengelolaan sampah seperti sampah plastik rendah nilai.

“Alhamdulillah kegiatan bersih-bersih sampah di Solo berjalan lancar. semoga apa yang kita lakukan selama 2 hari ini dapat memberi contoh yang baik untuk masyarakat. Kami juga berharap sampah high value yang telah berhasil dikumpulkan dan berikan kepada bank sampah Pegadaian bisa dimanfaatkan untuk menjadi sesuai hal yang bernilai,” ujar Reza.

Sebagai bentuk apresiasi kepada 5 orang penonton konser yang ikut berpartisipasi untuk mengumpulkan sampah terbanyak di area konser, Pegadaian juga memberikan hadiah berupa Tabungan Emas masing-masing sebesar Rp 250 ribu.

Sebelumnya Kementerian BUMN juga melakukan aksi serupa dengan melibatkan para Milenial BUMN yang digelar di Labuan Bajo, untuk memicu kesadaran generasi muda akan pentingnya menjaga lingkungan. Menurut Menteri BUMN Erick Thohir, hal ini sejalan dengan komitmen BUMN untuk mengedepankan pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDG’s) dalam memberikan manfaat nyata bagi lingkungan.

 

 

 

 

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

BRI insurance saat menyerahkan klaim asuransi alat berat

Minggu, 21 Juli 2024 - 06:03 WIB

BRI Insurance Bayarkan Klaim Asuransi Alat Berat Sebesar Rp. 300 Juta di Jambi

BRI Insurance lakukan pembayaran klaim Asuransi Alat Berat pada hari kamis 11 Juli 2024, penyerahan klaim diserahkan secara simbolis oleh Vierdhy Yosua Rb Simamora selaku Pinca BRI Jambi serta…

Jackson Suwargo memberi sambutan di ajang Jackson Kids Star 2024 yang digelar di Senayan Park Jakarta (20/7/2024)

Sabtu, 20 Juli 2024 - 23:52 WIB

Jackson Kids Star 2024 Lakukan Pencarian Ambassador Cilik di Senayan Park

Jackson Kids Star 2024 adalah ajang tahunan yang digelar untuk mencari brand ambassador Jakcson Kids.

Hakim Mahkamah Konstitusi Arsul Sani, salah satu pendiri Perkumpulan Ahli Dewan Sengketa Konstruksi (PADSK) memberikan sambutan penutup International Conference bertajuk "Synchronizing the application of FIDIC Contracts with specific related project country's regulation to avoid disputes", di Jakarta

Sabtu, 20 Juli 2024 - 22:47 WIB

Hakim MA Berharap Penyelesaian Sengketa Konstruksi Bisa Lebih Baik

Hakim Mahkamah Konstitusi Arsul Sani sebagai salah satu pendiri Perkumpulan Ahli Dewan Sengketa Konstruksi (PADSK) mengingatkan agar PADSK selaku stakeholder APS dapat menyampaikan usulan perbaikan…

Peragaan Busana Muslim dan Audisi Model MUFFEST+ di Stasiun MRT Bundaran HI Jakarta.

Sabtu, 20 Juli 2024 - 22:13 WIB

MUFFEST+ Gelar Peragaan Busana dan Audisi Model di Stasiun MRT Bundaran HI

MUFFEST+ ditargetkan menjadi jendela dunia yang memperlihatkan perkembangan industri fesyen muslim Indonesia yang siap merambah pasar global dari segi kualitas, kuantitas, inovasi bisnis, teknologi,…

Ustadz Bachtiar Nasir bersama jajarannya menyatakan persiapan konvoi Bela Palestina

Sabtu, 20 Juli 2024 - 20:42 WIB

Bela Palestina Segera Digelar dengan Konvoi Kendaraan

Membela Palestina sangat banyak ragamnya. Untuk membuktikan kepedulian Indonesia, para Ustadz mengajak masyarakat membela Palestina. Ajakan berupa Konvoi menggunakan kendaraan.