Digugat Wanprestasi Agennya, Kredibilitas Perusahaan Asuransi Korea Selatan Ini Dipertanyakan

Oleh : Nina Karlita | Selasa, 30 Mei 2023 - 01:19 WIB

Frendy Kosih gugat PT Hanwha Life Insurance ke PN Jakarta Selatan.
Frendy Kosih gugat PT Hanwha Life Insurance ke PN Jakarta Selatan.

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Wajah Frendy Kosasih terlihat kesal saat menyambangi Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan, Senin (29/5/2023). Kepada wartawan, pria yang sudah 5 tahun bergelut di dunia asuransi ini mengaku baru kali ini ia dikecewakan.

"Selama ini saya bangga dengan profesi saya di industri asuransi dimana semua prestasi saya dan nasabah selalu dibayar. Tapi baru pertamakali ada perusahaan yang tak mau membayar prestasi saya. Pasti kecewa banget," kata Frendy Kosasih.

Atas kekecewaannya itu, Frendy Kosasih melayangkan gugatan wanprestasi ke PT Hanwha Life Insurance, perusahaan asuransi itu ke PN Jakarta Selatan.

Menurut kuasa hukum korban, Andreas dari Eternity Global Law Firm, kliennya itu menuntut PT Hanwha Life Insurance untuk membayarkan uang sebesar Rp 5.520.632.800.

Uang tersebut merupakan hak dari Frendy Kosasih yang merupakan bonus dari Hanwha sesuai perjanjian perusahaan apabila kliennya itu berhasil mencapai target.

"Menuntut wanprestasinya aja. Kami merasa dirugikan, prestasi berdasarkan memo tersebut, di luar dari kerugian imateril. Itu imaterilnya tidak dihitung loh. Kerugiannya sendiri secara materilnya aja sudah Rp 5,5 miliar," kata Andreas.

Gugatan wanprestasi dilayangkan karena PT Hanwha Life Insurance Indonesia dinilai tak memiliki itikad baik. Padahal menurut Andreas, pihaknya sudah melayangkan somasi pertama pada asuransi asal Korea Selatan itu pada 3 Mei 2023.

"Bahkan kami juga sudah bersurat ke OJK, AAJI, dan Kedubes Korea Selatan. Tapi sampai sekarang tak ada respon," kata Andreas.

Atas kondisi tersebut, Frendy Kosasih menempuh jalur hukum dengan melayangkan gugatan ke PN jaksel pada 22 Mei kemarin dengan nomor perkara No. 481/Pdt.G/2023/PN JKT.SEL.

Wanprestasi itu adalah karena perusahaan asuransi dinilai tak menepati janjinya dalam program Compensation and Benefit Unit Marketing Support Departmen. Program yang memonya ditandatangani petinggi Hanwha Life Insurance Indonesia, Rizki Romadona & Steven Namkoong itu digelar 4 April-30 Oktober 2022.

Selama 6 bulan itu, Frendy Kosasih berhasil mendidik 102 orang agen. Ia beserta tim berhasil mencapai target premi dasar sebesar Rp 5.520.632.800 dan total APE sebesar Rp 5.536.232.800.

Berdasarkan memo program tersebut, karena mencapai target, seharusnya Frendy Kosasih mendapat bonus prestasi sebesar Rp5,5 miliar. Anehnya, sebulan setelahnya, program itu justru dibatalkan secara sepihak oleh PT Hanwha Life Insurance Indonesia.

"Tanpa pemberitahuan terlebih dahulu, dan tanpa alasan jelas, program yang telah dikeluarkan itu dibatalkan. Bahkan sebanyak 102 agen rekrutan klien kami diterminasi secara sepiihak," kata Andreas.

Tentu saja pembatalan secara sepihak itu membuat Frendy Kosasih kecewa. Kekesalannya semakin memuncak karena perusahaan asuransi tersebut mangkir membayar bonus prestasi sesuai perjanjian.

Wanprestasinya perusahaan asuransi asing itu juga disoroti Andreas. Ia mempertanyakan kredibilitas Hanwha Life Insurance di Indonesia.

"Apakah negara kita mau dijajah asing dengan wanprestasinya perusahaan multinasional di negeri ini? Kalau bayar agen sesuai perjanjian saja tak mau, apalagi membayar klaim nasabahnya?" tandas Andreas.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Gili Trawangan, Lombok, Nusa Tenggara Barat

Selasa, 23 April 2024 - 14:13 WIB

Perjalanan Sastra Agoda: Tujuh Destinasi Sempurna yang Membuat Cerita Lebih Hidup

Dalam rangka merayakan Hari Buku Sedunia, Agoda mengubah perjalanan fantasi menjadi petualangan nyata, mengundang para penggemar sastra untuk menjelajahi lokasi-lokasi inspiratif dari buku-buku…

Acer serahkan bibit mangrove ke SeaSoldier di Tanggerang

Selasa, 23 April 2024 - 13:59 WIB

Acer Indonesia Tanam Ribuan Mangrove

Sebagai bentuk perwujudan komitmen berkelanjutan perusahaan dalam melestarikan lingkungan, Acer Indonesia hari ini memulai penanaman ribuan mangrove, yang merupakan bagian dari rangkaian perayaan…

Bitcoin

Selasa, 23 April 2024 - 13:56 WIB

Kenapa Harga Bitcoin Selalu Fluktuasi? Inilah 7 Alasan Utamanya!

Harga Bitcoin dipasaran selalu mengalami perubahan. Kondisi naik dan turun harga Bitcoin ini tentunya menjadi pekerjaan rumah bagi para investor untuk menganalisa setiap perubahan dan mencari…

Presiden Prabowo dan Wapres Gibran

Selasa, 23 April 2024 - 13:08 WIB

Hormati Putusan MK, Persis Ucapkan Selamat kepada Prabowo-Gibran

Usai melalui berbagai rangkaian sidang Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU), Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia (MK RI) memutuskan sengketa Pemilihan Presiden 2024 yang menolak permohonan…

Tinjau Proyek Pembangunan Tol Bayung Lencir- Tempino Seksi 3 , Meteri PUPR Apresiasi Kinerja Hutama Karya

Selasa, 23 April 2024 - 12:31 WIB

Tinjau Proyek Pembangunan Tol Bayung Lencir- Tempino Seksi 3 , Meteri PUPR Apresiasi Kinerja Hutama Karya

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono meninjau pembangunan Proyek Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS) Bayung - Lencir - Tempino Seksi 3 garapan PT Hutama Karya (Persero)…