Hadirkan EcoStruxure™ Building Advisor, Schneider Electric Siap Wujudkan Gedung Ramah Energi dan Lingkungan

Oleh : Ridwan | Senin, 29 Mei 2023 - 19:53 WIB

Building Business Vice President Schneider Electric Indonesia dan Timor Leste, Hery Saputra
Building Business Vice President Schneider Electric Indonesia dan Timor Leste, Hery Saputra

INDUSTRY.co.id - Jakarta – PT Schneider Electric Indonesia menargetkan pasar bangunan masa depan yang lebih berkelanjutan, tahan lama, efisien, dan berpusat pada manusia. 

Solusi dan produk yang ditawarkan dapat mengubah bangunan menjadi lebih ramah ramah energi dan ramah lingkungan dengan penggunaan energi yang lebih efisien dan pengurangan emisi CO2 dalam jumlah yang signifikan.

Building Business Vice President Schneider Electric Indonesia dan Timor Leste, Hery Saputra mengatakan, Schneider Electric Indonesia senantiasa berkomitmen untuk mengembangkan solusi yang ramah lingkungan dan membantu setiap pihak dalam mencapai tujuan berkelanjutan.

"Melalui kerja sama lintas sektor, termasuk mitra kerja, klien, dan pemerintah, kami bertujuan untuk mewujudkan bangunan ramah energi (cerdas) dan ramah lingkungan (rendah karbon) dalam konteks revitalisasi fasilitas bangunan eksisting dan pembangunan fasilitas bangunan baru untuk mengurangi emisi karbon, efisiensi biaya operasional, dan sustainability atau keberlanjutan,” ujar Hery di Jakarta (29/5).

Dalam portfolio kerja selama puluhan tahun, Schneider Electric telah membantu ribuan perusahaan termasuk di Indonesia, dalam rangka dekarbonisasi operasional bangunan, mulai dari hotel, ritel, rumah sakit, hingga perkantoran, dengan menerapkan tiga (3) langkah sederhana, yaitu, Strategi, Digitalisasi, dan Dekarbonisasi.

Dalam perspektif Schneider Electric, kalangan bisnis dapat mempertahankan bahkan meningkatkan nilai pertumbuhan usahanya dengan mengupayakan bangunan ramah energi dan ramah lingkungan. 

Hal ini karena, fasilitas gedung tersebut serta sistem manajemen energi yang telah diterapkan dapat memberikan laporan dan data dekarbonisasi yang terukur untuk mencapai net-zero, sehingga capaian-capaian tersebut dapat digunakan untuk meningkatkan performa bisnis.

Menurut data terakhir yang dikeluarkan oleh Carbon Development Project/CDP di tahun 2022, sebanyak 76% organisasi mengatakan bahwa pelaporan hasil upaya keberlanjutan yang dilakukan entitas bisnis dapat membantu meningkatkan keunggulan kompetitif di pasar. 

Saat ini, Schneider Electric Indonesia menawarkan solusi Building Management System (BMS) dengan nama EcoStruxure™ Building Advisor yang memberikan masukan penting dalam pengoperasian gedung dengan memantau sistem dan mengidentifikasi kesalahan untuk secara proaktif mengatasi inefisiensi.

Solusi ini terbukti dapat mengurangi biaya operasional, meningkatkan kenyamanan, dan mempertahankan nilai aset dengan biaya dan sumber perawatan yang terbatas.  

Sedangkan produk pendukung gedung ramah energi dan ramah lingkungan lainnya termasuk Building Automation and Control Devices (programmable logic controller (PLC), sensor, actuator, dan controller), Electrical Distribution Solutions (circuit breaker, switch, panel distribusi, dan sistem monitoring listrik), Energy Management and Metering Solutions (mengukur, memonitor, dan menganalisa konsumsi energi dalam gedung), Lighting Control Systems (sensor, dimmer, timer, dan perangkat lunak manajemen pencahayaan untuk memungkinkan kontrol otomatis dan optimasi pencahayaan di dalam gedung).

Selanjutnya, Security and Access Control Systems (panel access control, sistem surveillance, intrusion detection systems, dan sistem evakuasi darurat), Data Center Infrastructure Management/DCIM (memungkinkan manajemen data center yang efisien di dalam gedung), dan Renewable Energy Solutions (inverter tenaga matahari, charge controller, dan sistem penyimpanan energi).

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ketua Umum HKI, Sanny Iskandar bersama Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita seusai membuka Rakernas XXIII HKI

Sabtu, 23 September 2023 - 19:45 WIB

Gelar Rakernas XXIII, Ini Empat Rekomendasi HKI Majukan Sektor Kawasan Industri

Sebagai sarana yang strategis dalam percepatan realisasi pertumbuhan industri nasional, Rakernas ini diharapkan akan mengeluarkan rekomendasi HKI yang dihimpun dari para anggotanya untuk kemajuan…

Perhimpunan Pelajar Indonesia di Hongkong

Sabtu, 23 September 2023 - 19:08 WIB

Kembangkan Duta Digital Go Global, BNI Rangkul PPI Hong Kong

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI proaktif merangkul Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Hong Kong untuk dapat memiliki pengetahuan lebih komprehensif terkait produk jasa perbankan…

Mentan SYL tinjau peternakan domba

Sabtu, 23 September 2023 - 17:37 WIB

Dari Boyolali, Mentan SYL Ajak Para Peternak Indonesia Perkuat Hilirisasi

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) mengajak para peternak Indonesia untuk memperkuat hilirisasi pangan asal ternak sebagai kekuatan utama masa depan bangsa.

Senayan City Fashion Nation 17 Edition

Sabtu, 23 September 2023 - 16:06 WIB

Senayan City Fashion Nation 17 Edition Hadirkan Fashion Show dari Deretan Designer Terbaik Indonesia

Parade fashion yang kaya akan perayaan budaya akan menjadi tanda kembali dimulainya Senayan City Fashion Nation 17 Edition. Digelarnya pagelaran Fashion Nation ini bersamaan dengan perayaan…

CLO Virtual Fashion User Summit Indonesia 2023

Sabtu, 23 September 2023 - 15:53 WIB

CLO Virtual Fashion dan Para Ahli Industri Fesyen Berkumpul Dalam User Summit Indonesia 2023

CLO Virtual Fashion, pemimpin global dalam hal solusi fesyen digital menyelenggarakan pertemuan antar pengguna (User Summit) di Jakarta pada 15 September 2023.