Pilot Monika Anggreini Dan Laksda TNI Rosihan Arsyad Pun Menulis

Oleh : Nina Karlita | Sabtu, 27 Mei 2023 - 17:25 WIB

Literasi Akhir Pekan yang digagas Chappy Hakim Institute dan Perpusnas angkat kisah Laksamana Muda (TNI) Rosihan Arsyad dan Captain pilot Monika Anggreini.
Literasi Akhir Pekan yang digagas Chappy Hakim Institute dan Perpusnas angkat kisah Laksamana Muda (TNI) Rosihan Arsyad dan Captain pilot Monika Anggreini.

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Menulis ternyata bisa dilakukan siapa saja, dari profesi apa saja. Hal ini terungkap dalam Literasi Akhir Pekan yang digelar Chappy Hakim Institute dan Perpustakaan Nasional (Perpusnas).

Dalam acara tersebut, mengungkap tokoh dari dunia pelaut dan penerbang yang ikut melahirkan tulisan dalam sebuah buku. (Purn) Laksamana Muda TNI Rosihan Arsyad dan Captain pilot Monika Anggreini.

Rosihan Arsyad, dalam bukunya "Menerjang Ombak Menembus Awan, mengisahkan  kesan dan inspirasi selama menjadi orang nomor satu di Bumi Sriwijaya periode 1998-2003. 

Sebelum menjadi Gubernur Sumatera Selatan, Rosihan Arsyad yang kelahiran Bengkulu 74 tahun silam merupakan purnawirawan di Angkatan Laut berpangkat Laksamana Muda. 

Kecintaan Rosihan Arsyad dengan dunia kepenulisan diawali semenjak  menjadi perwira muda. Di mulai dengan menyusun buku-buku ajar. Beberapa tulisan Rosihan Arsyad juga telah diterbitkan dalam bentuk publikasi. 

Sementara Monika Anggreini layak disebut Kartini modern. Pilot yang sudah memiliki 9.000 jam terbang kini sudah menjadi seorang Kapten Pilot, pimpinan dalam sebuah penerbangan. 

Monica Anggreini dalam buku yang ditulisnya mengakui bahwa awalnya ia tidak bercita-cita menjadi Pilot. Namun ayahnya yang bertugas di TNI AU mengharuskan dirinya akhirnya keluar kuliah dari teknik sipil dan mengambil jalur penerbangan sebagai karirnya. 

Deputi Bidang Pengembangan Bahan Pustaka dan Jasa Informasi Perpustakaan Nasional Mariana Ginting mengatakan aktivitas membaca, berpikir, menulis, dan berkarya adalah siklus yang saling berhubungan. Buku sebagai produk dari proses kreatif menjadi pemicu dalam mendorong penguatan literasi masyarakat.

"Karya yang dipersembahkan ini setidaknya memberikan kontribusi dalam hal ketersediaan literatur dan sumber bacaan alternatif," kata Mariana

Literasi Akhir Pekan merupakan kali kelima diselenggarakan. Acara ini merupakan aktivitas bincang-bincang buku dikolaborasikan dengan musik dan literasi yang dikonsep ala gathering. 

"Tema bincang-bincang dipilih agar tidak terlalu serius. Harapannya banyak pihak yang mau mengikuti jejak untuk menulis dan sharing pengetahuan," pungkas pimpinan CHI, (Purn) Marsekal TNI Chappy Hakim.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Arfindi Batubara (Marketing Director LIXIL Water Technology Indonesia) dan Hasan Alatas (Head of HOIRe by Lifetime Design)

Sabtu, 13 Juli 2024 - 23:33 WIB

American Standard Warnai Instalasi Rumah Dalam Mall Arief Muhammad

Koleksi terbaru American Standard itu tampil di kids bathroom dalam instalasi rumah-dalam-mall The House Within hasil kolaborasi Lifetime Design dengan Arief Muhammad.

Karyawan SBI Pabrik Cilacap saat menyiapkan semen kantong yang siap kirim di emplasemen kereta api Karangtalun, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

Sabtu, 13 Juli 2024 - 20:35 WIB

Dinilai Memiliki Kinerja Menjanjikan, SIG Masuk Daftar Konstituen Indeks PEFINDO i-Grade

Jakarta– Saham PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) ditetapkan sebagai konstituen PEFINDO Investment Grade Index (Indeks PEFINDO i-Grade) periode Juli - Desember 2024 oleh PT Pemeringkat…

Progres Pemulihan PDNS 2, 86 Layanan Telah Aktif

Sabtu, 13 Juli 2024 - 20:12 WIB

Menko Hadi Sampaikan Kabar! Progres Pemulihan Pusat Data Nasional Sementara 2, 86 Layanan Telah Aktif

Jakarta-Pemulihan layanan pada Pusat Data Nasional Sementara (PDNS) 2 telah bertambah menjadi 86 layanan, yang berasal dari 16 tenant.

PJI Company of The Year Competition

Sabtu, 13 Juli 2024 - 15:17 WIB

PJI, Zurich, Starbucks, dan AIG Bersinergi Bawa Pelajar Indonesia ke Kompetisi Wirausaha Tingkat Global

Untuk merayakan puncak program edukasi kewirausahaan Student Company, Prestasi Junior Indonesia (PJI) dengan dukungan Zurich Indonesia, Z Zurich Foundation, The Starbucks Foundation, Starbucks…

Belanja sayur mayur menggunakan QRIS BRI

Sabtu, 13 Juli 2024 - 13:50 WIB

Melaju Kencang, BRI Salurkan KUR Senilai Rp76,4 triliun Kepada 1,5 Juta Pelaku UMKM Hingga Mei 2024

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk terus mengakselerasi penyaluran kredit kepada segmen Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia. Sepanjang Januari hingga Mei 2024, tercatat BRI…