Pilot Monika Anggreini Dan Laksda TNI Rosihan Arsyad Pun Menulis

Oleh : Nina Karlita | Sabtu, 27 Mei 2023 - 17:25 WIB

Literasi Akhir Pekan yang digagas Chappy Hakim Institute dan Perpusnas angkat kisah Laksamana Muda (TNI) Rosihan Arsyad dan Captain pilot Monika Anggreini.
Literasi Akhir Pekan yang digagas Chappy Hakim Institute dan Perpusnas angkat kisah Laksamana Muda (TNI) Rosihan Arsyad dan Captain pilot Monika Anggreini.

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Menulis ternyata bisa dilakukan siapa saja, dari profesi apa saja. Hal ini terungkap dalam Literasi Akhir Pekan yang digelar Chappy Hakim Institute dan Perpustakaan Nasional (Perpusnas).

Dalam acara tersebut, mengungkap tokoh dari dunia pelaut dan penerbang yang ikut melahirkan tulisan dalam sebuah buku. (Purn) Laksamana Muda TNI Rosihan Arsyad dan Captain pilot Monika Anggreini.

Rosihan Arsyad, dalam bukunya "Menerjang Ombak Menembus Awan, mengisahkan  kesan dan inspirasi selama menjadi orang nomor satu di Bumi Sriwijaya periode 1998-2003. 

Sebelum menjadi Gubernur Sumatera Selatan, Rosihan Arsyad yang kelahiran Bengkulu 74 tahun silam merupakan purnawirawan di Angkatan Laut berpangkat Laksamana Muda. 

Kecintaan Rosihan Arsyad dengan dunia kepenulisan diawali semenjak  menjadi perwira muda. Di mulai dengan menyusun buku-buku ajar. Beberapa tulisan Rosihan Arsyad juga telah diterbitkan dalam bentuk publikasi. 

Sementara Monika Anggreini layak disebut Kartini modern. Pilot yang sudah memiliki 9.000 jam terbang kini sudah menjadi seorang Kapten Pilot, pimpinan dalam sebuah penerbangan. 

Monica Anggreini dalam buku yang ditulisnya mengakui bahwa awalnya ia tidak bercita-cita menjadi Pilot. Namun ayahnya yang bertugas di TNI AU mengharuskan dirinya akhirnya keluar kuliah dari teknik sipil dan mengambil jalur penerbangan sebagai karirnya. 

Deputi Bidang Pengembangan Bahan Pustaka dan Jasa Informasi Perpustakaan Nasional Mariana Ginting mengatakan aktivitas membaca, berpikir, menulis, dan berkarya adalah siklus yang saling berhubungan. Buku sebagai produk dari proses kreatif menjadi pemicu dalam mendorong penguatan literasi masyarakat.

"Karya yang dipersembahkan ini setidaknya memberikan kontribusi dalam hal ketersediaan literatur dan sumber bacaan alternatif," kata Mariana

Literasi Akhir Pekan merupakan kali kelima diselenggarakan. Acara ini merupakan aktivitas bincang-bincang buku dikolaborasikan dengan musik dan literasi yang dikonsep ala gathering. 

"Tema bincang-bincang dipilih agar tidak terlalu serius. Harapannya banyak pihak yang mau mengikuti jejak untuk menulis dan sharing pengetahuan," pungkas pimpinan CHI, (Purn) Marsekal TNI Chappy Hakim.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sosialisasi BP2MI di Indramayu, Warkop Digital Persiapkan CPMI Jadi Juragan

Jumat, 29 Maret 2024 - 19:29 WIB

Sosialisasi BP2MI di Indramayu, Warkop Digital Persiapkan CPMI Jadi Juragan

Jakarta-Pengelola usaha Warkop Digital memanfaatkan momentum pelaksanaan program sosialisasi Penempatan dan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang digelar Badan Perlindungan Pekerja…

Dana uang tunai

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:58 WIB

Cuan di Bulan Ramadan, BRI Bayarkan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk membayarkan dividen tunai senilai Rp35,43 triliun atau sebesar Rp235 per saham kepada Pemegang Saham pada 28 Maret 2024. Seperti diketahui, sesuai dengan…

Dok. Kemenperin

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:05 WIB

Kemenperin Dorong Pelaku IKM Berperan Mengisi Potensi Pasar Kendaraan Listrik

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkomitmen untuk terus mendukung percepatan dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di tanah air. Salah satu upaya strategisnya adalah mendorong…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:56 WIB

Catat Kinerja Gemilang, Menperin Agus: Investasi Sektor Mamin Diminati Investor Nasional Dan Global

Industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kontribusi sektor tersebut terhadap…

Bank Danamon

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:19 WIB

Danamon Umumkan Jadwal Operasional dan Layanan Pendukung bagi Nasabah Menyambut Libur Panjang Idulfitri 1445 Hijriah

Menjelang periode libur Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah, PT Bank Danamon Indonesia Tbk (“Danamon”) mengumumkan jadwal operasional sejumlah kantor cabang dan layanan pendukung bagi kebutuhan…