Ticket War Konser Coldplay, Ketahui Dulu Jenis Asuransi yang Penting Dimiliki

Oleh : Kormen Barus | Jumat, 26 Mei 2023 - 12:14 WIB

Ilustrasi jenis asuransi konser-Dok Lifepal.co.id
Ilustrasi jenis asuransi konser-Dok Lifepal.co.id

INDUSTRY.co.id, Jakarta- Demam konser Coldplay yang diselenggarakan di Indonesia kini tengah merajalela di berbagai kalangan. Tentu saja, rata-rata masyarakat berharap bisa menjadi saksi penampilan keren Chris Martin cs di Ibu Kota.

Kondisi itu menimbulkan rasa takut ketinggalan atau Fear Of Missing Out (FOMO) yang membuat kebanyakan masyarakat bukan penggemar pun tertarik dan antusias mengikuti ticket war. Meski sah-sah saja menjadi bagian dari kegiatan konser musik yang menyenangkan, jangan lupa memastikan diri terlindungi proteksi asuransi.

Pasalnya, ada beragam risiko atau kejadian-kejadian lain yang tidak diinginkan saat penyelenggaraan dan menonton konser. Karena itu, sudah saatnya para promotor dan Anda sebagai penonton sadar pentingnya tiket konser sudah termasuk jaminan proteksi asuransi.

Sebagai perlindungan dari berbagai risiko, ada banyak jenis asuransi konser yang penting untuk dimiliki sebelum menonton pertunjukan musik. Untuk itu, Lifepal.co.id sebagai marketplace asuransi tepercaya dan pelaksanaannya diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memaparkan beberapa jenis asuransi konser yang penting dimiliki.

Lebih jelasnya, berikut ini adalah pemaparan dari Co-Founder sekaligus CMO Lifepal.co.id, Benny Fajarai.

Mengenal Jenis Asuransi Konser

Asuransi konser merupakan jenis asuransi yang dirancang khusus untuk melindungi penyelenggara konser, promotor, dan musisi terhadap risiko keuangan yang terkait dengan penyelenggaraan konser atau acara musik.

Asuransi ini memberi proteksi terhadap beragam risiko yang dapat terjadi sebelum, selama, dan setelah konser. Seperti pembatalan acara, cedera fisik artis, kerusakan peralatan, atau tanggung jawab hukum.

Jenis Asuransi yang Dibutuhkan dalam Konser Musik

Asuransi konser penting dimiliki jika Anda hendak menonton pertunjukan musik.

Karena pentingnya produk proteksi tersebut, maka berikut ini adalah lima jenis pertanggungan produk proteksi tersebut:

Pembatalan atau penundaan acara pertunjukan musik

Asuransi konser dapat melindungi Anda dari kerugian finansial akibat pembatalan atau penundaan acara.

Misalnya, jika musisi utama mengalami cedera dan tidak dapat tampil, atau terjadi bencana alam yang memaksa pembatalan konser, asuransi konser dapat membantu mengganti biaya yang sudah dikeluarkan, seperti biaya sewa tempat atau biaya promosi.

Musisi mengalami cedera atau jatuh sakit

Jika musisi mengalami cedera fisik atau sakit yang mencegahnya tampil dalam konser, maka jenis asuransi satu ini dapat menutupi biaya penggantian musisi atau biaya pembatalan konser.

Peralatan festival musik mengalami kerusakan

Asuransi konser dapat memberi perlindungan terhadap kerusakan, kehilangan, atau pencurian peralatan yang digunakan dalam festival musik, seperti alat musik, perangkat audio, dan perlengkapan panggung.

Dengan asuransi konser, maka Anda dapat mengklaim biaya perbaikan atau penggantian peralatan tersebut.

Tanggung jawab hukum

Asuransi konser juga dapat melindungi penyelenggara konser dari tuntutan hukum yang mungkin timbul akibat cedera fisik atau kerugian materiil yang dialami oleh penonton atau pihak ketiga lainnya selama konser. Biaya ini termasuk untuk membayar pengacara dan ganti rugi yang mungkin harus Anda bayar.

Asuransi cuaca

Produk proteksi ini akan melindungi Anda sebagai konsumen dari beragam kerugian finansial jika konser harus dibatalkan atau ditunda akibat kondisi cuaca buruk seperti angin, kilat dan hujan deras.

Itulah jenis asuransi konser dan beberapa ragamnya. Jenis-jenis asuransi untuk konser musik ini bervariasi tergantung kebutuhan serta peran Anda dalam industri musik atau penyelenggaraan konser.

Untuk itu, konsultasi terlebih dahulu dengan perusahaan asuransi yang spesialis dalam asuransi konser untuk saran terbaik sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika belum memiliki proteksi diri seperti asuransi kesehatan, maka jangan ragu untuk mengunjungi Lifepal.co.id! 

Catatan Penulis: Tips ini dibuat oleh Benny Fajarai, Co-Founder yang juga CMO Lifepal.co.id.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Workshop dan Raker Forjukafi

Sabtu, 24 Februari 2024 - 19:23 WIB

Indonesia Diproyeksi Menjadi Negara Produsen Wakaf di Dunia

Dengan potensinya yang besar, Indonesia diproyeksi menjadi salah satu negara produsen wakaf terbesar di dunia. Untuk mewujudkan hal tersebut pemerintah bahkan telah memasukan keuangan syariah…

Danamon Ajak Nasabah Menavigasi Hidup Optimal dan Raih Kesejahteraan Finansial di IIMS 2024

Sabtu, 24 Februari 2024 - 15:54 WIB

Danamon Ajak Nasabah Menavigasi Hidup Optimal dan Raih Kesejahteraan Finansial di IIMS 2024

PT Bank Danamon Indonesia Tbk (“Danamon”) bersama dengan Fimela, Otoasia.com, dan KIS FM, menghadirkan edukasi tentang pencapaian hidup optimal melalui hobi dan kesejahteraan finansial.…

Big Bad Wolf Books gelar Pekan Grosir di ITC Kuningan Jakarta.

Sabtu, 24 Februari 2024 - 15:50 WIB

Big Bad Wolf Books Gelar Pekan Grosir Perdana di Jakarta

Big Bad Wolf Books (BBW) hadirkan Pekan Grosir BBW di ITC Kuningan Jakarta. Hadirkan koleksi buku-buku berkualitas dari berbagai genre dengan harga grosir yang mencengangkan.

Peserta Raker dan Workshop Forjukafi

Sabtu, 24 Februari 2024 - 15:09 WIB

Wakaf Uang Perlu Akselerasi Agar Potensinya yang Sebesar Ro 180 Triliun Terserap

Wakaf uang merupakan salah satu jenis wakaf yang memiliki potensi sangat besar di Indonesia. Potensinya mencapai RP 180 triliun per tahun. Meski begitu sejak dicanangkan sejak 2010, potensi…

Petugas memberikan vaksinasi ke Sapi

Sabtu, 24 Februari 2024 - 14:46 WIB

Kementan Kendalikan PMK di Pasuruan, Ingatkan Pentingnya Vaksinasi Rutin

Menindaklanjuti adanya pemberitaan terkait kasus penyakit mulut dan kuku (PMK) di Pasuruan, Jawa Timur, Kementerian Pertanian melalui Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (Dirjen…