Puluhan Ilmuan Muda Menyuguhkan Karya Brilian di Pameran Sains Tahunan

Oleh : Herry Barus | Kamis, 25 Mei 2023 - 15:43 WIB

Puluhan Ilmuan Muda Menyuguhkan Karya Brilian di Pameran Sains Tahunan
Puluhan Ilmuan Muda Menyuguhkan Karya Brilian di Pameran Sains Tahunan

INDUSTRY.co.id - Karawaci- Dalam lima tahun sejak berdirinya, Applied Science Academy (ASA) Sekolah Pelita Harapan (SPH) Lippo Village telah menghasilkan 87 proyek riset dari 69 siswa. Siswa ASA melakukan penelitian di berbagai bidang termasuk pengembangan produk, prototipe, dan aplikasi seluler, hingga penelitian ilmu bumi dan bahan baru.

Beberapa karya mereka telah dipublikasikan dalam jurnal dan konferensi internasional. Tahun ini, 28 siswa ASA SPH akan menampilkan 28 hasil penelitian yang telah mereka susun selama satu tahun. Dalam pameran ini, tamu undangan dan pengunjung memiliki kesempatan untuk berinteraksi dengan siswa yang menampilkan karya mereka.

Beberapa sorotan utama dari berbagai penelitian yang ditampilkan adalah permainan Tetris berbasis pengelihatan AI, pembangkit energi gelombang laut, ubin energi yang menghasilkan energy dari langkah kaki, bak vermikompos Spikoo, mesin pemilah sampah Sortbotz, dan mesin pengisian sabun Sopar-prise.

“Pada pameran tahun ini, kami akan menyajikan pengalaman baru melalui zona interaktif. Kami akan menampilkan TennBot, robot yang melacak dan melemparkan bola tenis kepada pemain. Pengunjung juga dapat menguji AutoMate, sistem kamera deteksi objek untuk mobil yang membantu mengingatkan pengemudi yang tidak waspada untuk berhenti ketika ada objek di depan mobil,” tambah Dr. Eden. Kamis  (25/5/2023)

Pameran ini juga akan menghadirkan siswa yang meneliti berbagai bahan dan ekstrak tumbuhan lokal untuk digunakan sebagai antidiabetes, antioksidan, dan antimikroba, serta siswa yang melakukan penelitian di bidang ilmu pangan, teknologi, dan teknik.

ASA bertujuan untuk mempersiapkan siswa untuk menjadi generasi masa depan yang dapat berpikir kritis sejak dini. Untuk mencapai hal ini, ASA memberikan metode dan alat yang tepat bagi siswa, memberi mereka literasi ilmiah dan teknologi yang canggih untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis, keterampilan komunikasi, pemikiran terbuka, dan semangat kolaboratif dari setiap siswa.

Semua keterampilan ini akan membantu siswa untuk siap menghadapi tantangan di tingkat universitas. Dr. Eden Steven, Direktur Program ASA, menyampaikan, “Program ASA memperkuat dan mengkontekstualisasikan kurikulum di dalam kelas melalui model pembelajaran berbasis penelitian di luar jam sekolah, di mana siswa dapat mengeksplorasi dan meneliti topik yang mereka inginkan dengan mentor mereka. ASA adalah tempat di mana siswa dapat menerapkan apa yang mereka pelajari ke  nyata, serta menghubungkannya menjadi konsep multidisipliner dan menciptakan solusi baru yang efektif.”

Heesun Yoon, alumni ASA, membagikan pengalamannya selama berada di akademi. “Menjadi bagian dari ASA adalah pengalaman yang tak ternilai bagi saya. Ini memungkinkan saya  mengembangkan pengetahuan dan pengalaman yang tidak mudah didapatkan oleh banyak siswa SMA lainnya dan tentunya sangat membantu saya untuk memasuki perguruan tinggi. Ini semua berkat mentor yang baik, yang selalu mendukung penelitian saya dari awal hingga akhir,” ujar Yoon.

Applied Science Academy (ASA) adalah program pembelajaran yang dirancang untuk siswa kelas 10-12 di Sekolah Pelita Harapan (SPH) Lippo Village. Program pembelajaran berbasis penelitian ini menawarkan bimbingan dari para profesional di berbagai bidang sains seperti energi terbarukan, bioteknologi, ilmu komputer, ilmu pangan, dan lain-lain.

ASA dipimpin oleh Dr. Eden Steven, seorang fisikawan Indonesia yang memperoleh gelar Ph.D. Fisika dai Florida State university pada tahun 2012. Ia telah menerbitkan lebih dari 20 artikel ilmiah internasional. Semangatnya dalam sains juga menjangkau generasi muda, terutama para siswa.

 Dr. Eden telah mengembangkan dan mengajar lebih dari 100 modul eksperimen ilmiah bagi anak-anak untuk pembelajaran sains yang menyenangkan dan menarik.

Dalam pameran ini, semua pengunjung dipersilahkan untuk bertemu dan berinteraksi dengan para ilmuwan muda SPH. Keluarga juga dipersilakan mengunjungi pameran ini untuk mempelajari lebih lanjut tentang kesempatan mengembangkan minat dan bakat anak-anak, serta peluang studi lanjut dan karier di bidang sains bagi anak-anak mereka.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi pembayaran menggunakan PayLater

Kamis, 18 April 2024 - 17:39 WIB

Pinjol dan Paylater Marak, Perbankan Perlu Ubah Strategi Agar Kredit Mudah Diakses

Laporan terbaru dari Bank Indonesia (BI) tentang kredit nasional dalam Hasil Rapat Dewan Gubernur bulan Maret 2024 mengungkapkan adanya pertumbuhan kredit pada sektor perbankan sebesar 11,28%…

Iluastrasi Investasi-images IST

Kamis, 18 April 2024 - 17:21 WIB

Catat! Ini 5 Tipe Investasi yang Cocok Berdasarkan Karakter

Investasi bisa menjadi salah satu cara untuk mewujudkan mimpi di masa depan. Namun dengan banyaknya pilihan investasi saat ini, perlu diingat bahwa setiap instrumen investasi memiliki keuntungan…

Allianz Life dan HSBC Indonesia Luncurkan Premier Legacy Assurance

Kamis, 18 April 2024 - 17:08 WIB

Allianz Life dan HSBC Indonesia Luncurkan Premier Legacy Assurance, Solusi Warisan Finansial Keluarga

PT Asuransi Allianz Life Indonesia (Allianz Life) dan PT Bank HSBC Indonesia (Bank HSBC) kembali memperkuat kemitraan dan kanal distribusi bancassurance melalui peluncuran produk perlindungan…

Pameran umkm BNI di Singapura

Kamis, 18 April 2024 - 16:59 WIB

BNI Dukung UMKM Tembus Pasar Singapura di Pameran Indonesia in SG

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI kembali menunjukkan komitmennya dalam mendukung UMKM Indonesia untuk go global.

THR Emas Pegadaian

Kamis, 18 April 2024 - 16:51 WIB

Pegadaian Catat Transaksi Tabungan Emas Naik Sebesar 8,33% Pada Maret 2024

PT Pegadaian mencatat penjualan Tabungan Emas pada momen lebaran tahun 2024 mengalami peningkatan signifikan. Pada Maret 2024 atau menjelang lebaran, transaksi Tabungan Emas naik sebesar 8,33%…