Puluhan Ilmuan Muda Menyuguhkan Karya Brilian di Pameran Sains Tahunan

Oleh : Herry Barus | Kamis, 25 Mei 2023 - 15:43 WIB

Puluhan Ilmuan Muda Menyuguhkan Karya Brilian di Pameran Sains Tahunan
Puluhan Ilmuan Muda Menyuguhkan Karya Brilian di Pameran Sains Tahunan

INDUSTRY.co.id - Karawaci- Dalam lima tahun sejak berdirinya, Applied Science Academy (ASA) Sekolah Pelita Harapan (SPH) Lippo Village telah menghasilkan 87 proyek riset dari 69 siswa. Siswa ASA melakukan penelitian di berbagai bidang termasuk pengembangan produk, prototipe, dan aplikasi seluler, hingga penelitian ilmu bumi dan bahan baru.

Beberapa karya mereka telah dipublikasikan dalam jurnal dan konferensi internasional. Tahun ini, 28 siswa ASA SPH akan menampilkan 28 hasil penelitian yang telah mereka susun selama satu tahun. Dalam pameran ini, tamu undangan dan pengunjung memiliki kesempatan untuk berinteraksi dengan siswa yang menampilkan karya mereka.

Beberapa sorotan utama dari berbagai penelitian yang ditampilkan adalah permainan Tetris berbasis pengelihatan AI, pembangkit energi gelombang laut, ubin energi yang menghasilkan energy dari langkah kaki, bak vermikompos Spikoo, mesin pemilah sampah Sortbotz, dan mesin pengisian sabun Sopar-prise.

“Pada pameran tahun ini, kami akan menyajikan pengalaman baru melalui zona interaktif. Kami akan menampilkan TennBot, robot yang melacak dan melemparkan bola tenis kepada pemain. Pengunjung juga dapat menguji AutoMate, sistem kamera deteksi objek untuk mobil yang membantu mengingatkan pengemudi yang tidak waspada untuk berhenti ketika ada objek di depan mobil,” tambah Dr. Eden. Kamis  (25/5/2023)

Pameran ini juga akan menghadirkan siswa yang meneliti berbagai bahan dan ekstrak tumbuhan lokal untuk digunakan sebagai antidiabetes, antioksidan, dan antimikroba, serta siswa yang melakukan penelitian di bidang ilmu pangan, teknologi, dan teknik.

ASA bertujuan untuk mempersiapkan siswa untuk menjadi generasi masa depan yang dapat berpikir kritis sejak dini. Untuk mencapai hal ini, ASA memberikan metode dan alat yang tepat bagi siswa, memberi mereka literasi ilmiah dan teknologi yang canggih untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis, keterampilan komunikasi, pemikiran terbuka, dan semangat kolaboratif dari setiap siswa.

Semua keterampilan ini akan membantu siswa untuk siap menghadapi tantangan di tingkat universitas. Dr. Eden Steven, Direktur Program ASA, menyampaikan, “Program ASA memperkuat dan mengkontekstualisasikan kurikulum di dalam kelas melalui model pembelajaran berbasis penelitian di luar jam sekolah, di mana siswa dapat mengeksplorasi dan meneliti topik yang mereka inginkan dengan mentor mereka. ASA adalah tempat di mana siswa dapat menerapkan apa yang mereka pelajari ke  nyata, serta menghubungkannya menjadi konsep multidisipliner dan menciptakan solusi baru yang efektif.”

Heesun Yoon, alumni ASA, membagikan pengalamannya selama berada di akademi. “Menjadi bagian dari ASA adalah pengalaman yang tak ternilai bagi saya. Ini memungkinkan saya  mengembangkan pengetahuan dan pengalaman yang tidak mudah didapatkan oleh banyak siswa SMA lainnya dan tentunya sangat membantu saya untuk memasuki perguruan tinggi. Ini semua berkat mentor yang baik, yang selalu mendukung penelitian saya dari awal hingga akhir,” ujar Yoon.

Applied Science Academy (ASA) adalah program pembelajaran yang dirancang untuk siswa kelas 10-12 di Sekolah Pelita Harapan (SPH) Lippo Village. Program pembelajaran berbasis penelitian ini menawarkan bimbingan dari para profesional di berbagai bidang sains seperti energi terbarukan, bioteknologi, ilmu komputer, ilmu pangan, dan lain-lain.

ASA dipimpin oleh Dr. Eden Steven, seorang fisikawan Indonesia yang memperoleh gelar Ph.D. Fisika dai Florida State university pada tahun 2012. Ia telah menerbitkan lebih dari 20 artikel ilmiah internasional. Semangatnya dalam sains juga menjangkau generasi muda, terutama para siswa.

 Dr. Eden telah mengembangkan dan mengajar lebih dari 100 modul eksperimen ilmiah bagi anak-anak untuk pembelajaran sains yang menyenangkan dan menarik.

Dalam pameran ini, semua pengunjung dipersilahkan untuk bertemu dan berinteraksi dengan para ilmuwan muda SPH. Keluarga juga dipersilakan mengunjungi pameran ini untuk mempelajari lebih lanjut tentang kesempatan mengembangkan minat dan bakat anak-anak, serta peluang studi lanjut dan karier di bidang sains bagi anak-anak mereka.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

 PT Arwana Citramulia Tbk (ARNA)

Jumat, 29 Maret 2024 - 07:00 WIB

Ini Strategi ARNA Bidik Laba Bersih Rp461 Miliar di 2024

PT Arwana Citramulia Tbk (ARNA) berhasil membukukan penjualan bersih sebesar Rp2,4 triliun, serta laba bersih yamg mencapai Rp445,29 miliar sepanjang tahun 2023.

oeing 737-300F yang digunakan PT Cipta Krida Bahari (CKB Logistics) dengan rute Jakarta-Balikpapan-Timika-Jayapura yang mampu menampung 15-16 ton.

Jumat, 29 Maret 2024 - 05:50 WIB

Pertumbuhan Logistik Nasional Tembus 8%, CKB Logistics Optimalkan Bisnis Melalui Kargo Udara

Asosiasi Logistik Indonesia (ALI) memperkirakan sektor logistik nasional tahun ini mengalami pertumbuhan tujuh sampai dengan delapan persen. Tak heran, bisnis logistik turut berperan dalam menggairahkan…

Pasar Murah 1000 Sembako Hingga Bazar Umum, HK Meriahkan Safari Ramadan BUMN

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:34 WIB

Pasar Murah 1000 Sembako Hingga Bazar Umum, HK Meriahkan Safari Ramadan BUMN

Menyemarakkan bulan suci Ramadhan 1445 H, Kementerian BUMN bersama PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) dan anak perusahaannya, PT Hakaaston (HKA) menggelar kegiatan Safari Ramadhan BUMN…

Menteri Basuki Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Bendung dan Jaringan Irigasi Gumbasa, Pulihkan Pasokan Air untuk Sentra Pangan di Sigi

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:19 WIB

Menteri Basuki Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Bendung dan Jaringan Irigasi Gumbasa, Pulihkan Pasokan Air untuk Sentra Pangan di Sigi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin,…

Direktur Utama Bank Mandiri Taspen memberikan Sambutan jelang Pengundian Pemenang Mandiri Taspen Bertabur Hadiah 900 juta dalam rangka ulang tahun ke-9

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:06 WIB

Ini Para Pemenang Undian Bertabur Hadiah Bank Mandiri Taspen 900 Juta

Bank Mandiri Taspen mengumumkan para pemenang program undian "Bertabur Hadiah Bank Mandiri Taspen 900 Juta" kemarin