Siap Pecahkan Rekor Dunia Angklung, Kementerian PUPR Gelar Pelatihan Mandiri

Oleh : Hariyanto | Kamis, 25 Mei 2023 - 11:20 WIB

Pelatihan Angklung
Pelatihan Angklung

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Dalam rangka menyukseskan pemecahan rekor dunia atau Guinness World of Records (GWR) Angklung yang akan digelar pada 5 Agustus 2023 mendatang, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) turut berpartisipasi dengan menyelenggarakan Pelatihan Mandiri GWR Angklung di Gedung Serbaguna Direktorat Jenderal Sumber Daya Air, Kementerian PUPR, Senin (22/5/2023).

Pelatihan mandiri tersebut diikuti sekitar 174 orang peserta yang terdiri dari para Generasi Muda (Genmud) dan Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kementerian PUPR serta dipandu oleh para pelatih khusus yang didatangkan dari Saung Angklung Udjo, Bandung. 

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono yang turut hadir menyaksikan pelatihan mandiri tersebut berpesan kepada para peserta supaya jangan takut berimprovisasi.

“Progressnya luar biasa, ini pelatihan pertama saja sudah bagus, nanti selanjutnya diatur supaya lagu-lagunya lebih bagus. Mudah-mudahan pada pelatihan kedua dan seterusnya dapat lebih bagus improvisasinya,” kata Menteri Basuki.

Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Ekonomi dan Investasi Dadang Rukmana mengatakan, pelatihan mandiri yang pertama kali digelar bagi internal Kementerian PUPR ini bertujuan untuk mengulas dan mengevaluasi pelatihan gabungan sebelumnya yang diselenggarakan bersama dengan Kementerian PAN-RB dan Kementerian Investasi/ BKPM. 

“Kami berharap kegiatan pelatihan mandiri ini akan mendapatkan banyak manfaat, salah satunya adalah sarana meningkatkan hubungan silaturahmi, kerja sama, budaya, dan etos kerja antar peserta,” kata Dadang Rukmana.

Kegiatan Pemecahan Rekor Dunia Angklung 2023 diinisiasi oleh Organisasi Aksi Solidaritas Era (OASE) Kabinet Indonesia Maju yang merupakan perhimpunan istri-istri anggota kabinet Indonesia Maju dan merupakan salah satu upaya dalam mendukung pelestarian budaya bangsa. Terlebih, angklung telah mendapatkan pengakuan dunia sebagai Karya Agung Warisan Budaya Lisan dan Nonbendawi Manusia dari UNESCO sejak November 2010 lalu. 

Terakhir, Dadang Rukmana berpesan kepada seluruh peserta supaya konsisten memainkan angklung bernada sama hingga akhir pelatihan, sehingga harmonisasi nada lebih sempurna.

”Kami berpesan kepada seluruh peserta agar serius dan berkomitmen mengikuti seluruh rangkaian acara sampai hari H pelaksanaan di tanggal 5 Agustus 2023 nanti. Sehingga Kementerian PUPR dapat memberikan kontribusi paling maksimal dan sempurna,” pesan Dadang Rukmana.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Prof Satyanegara diangkat sebagai MWA dan dihadiri SD Darmono pendiri Jababeka di President University

Jumat, 01 Maret 2024 - 19:47 WIB

President University Angkat Prof. Satyanegara sebagai Ketua Wali Amanat Fakultas Kedokteran

President University secara resmi mengangkat Prof. Dr. dr. Satyanegara, Sp.BS (K) sebagai Chairman of the Board of Trustees atau Ketua Wali Amanat Fakultas Kedokteran. Prosesi pengangkatan dilakukan…

Menteri Basuki Dampingi Presiden Jokowi Resmikan 10 Ruas Inpres Jalan Daerah di Kalimantan Timur Senilai Rp561 Miliar.

Jumat, 01 Maret 2024 - 19:25 WIB

Menteri Basuki Dampingi Presiden Jokowi Resmikan 10 Ruas Inpres Jalan Daerah di Kalimantan Timur Senilai Rp561 Miliar.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan perbaikan 10 ruas jalan dan 1 jembatan di Kalimantan Timur yang dilaksanakan…

Presiden Jokowi Lakukan Topping-Off Hunian ASN-Hankam di IKN

Jumat, 01 Maret 2024 - 19:18 WIB

Presiden Jokowi Lakukan Topping-Off Hunian ASN-Hankam di IKN

Menter Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan Topping Off Hunian ASN dan Hankam di IKN, Penajam Paser Utara, Kalimantan…

Diskusi Mengenai Obesitas dan Pemahaman Ilmiahnya pada Hari Obesitas Sedunia

Jumat, 01 Maret 2024 - 18:09 WIB

Cegah miskonsepsi, Novo Nordisk Indonesia Dorong Diskusi Mengenai Obesitas dan Pemahaman Ilmiahnya pada Hari Obesitas Sedunia

Obesitas dan obesitas sentral merupakan salah satu masalah kesehatan yang mengkhawatirkan di Indonesia. Berdasarkan data Riset Kesehatan Dasar (Riskedas) 2018, prevalensi obesitas di kalangan…

Presiden Jokowi (ist)

Jumat, 01 Maret 2024 - 17:30 WIB

Dahsyat! IKN Magnet Baru Investasi, Jokowi: Yang Antre Banyak...

Ibu Kota Negara (IKN) tengah menjadi incaran para investor. Bak gadis cantik, investor rela antre untuk menanamkan modalnya di IKN. “Yang antre ini banyak, hanya mengatur di mana lahan yang…