Di Hannover Messe 2023, Ketum HKI Sampaikan Kesiapan KI di Indonesia Sesuai Kebutuhan Investor

Oleh : Hariyanto | Senin, 24 April 2023 - 11:23 WIB

Sesi Conference Hannover Messe 2023
Sesi Conference Hannover Messe 2023

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Realisasi investasi di Indonesia dari 2018 hingga 2022 terus tumbuh sebesar 1,6 kali lipat. Khusus untuk di sektor manufaktur, peningkatannya lebih tinggi lagi yaitu 2,1 kali lipat. Hal ini menjadikan Indonesia sebagai 20 besar negara tujuan investasi dunia.

Dalam perannya untuk menyediakan lokasi investasi serta didukung dengan adanya kebijakan Pemerintah yang menyatakan bahwa industri harus berlokasi di kawasan industri (KI), Ketua Umum Himpunan Kawasan Industri (HKI) Sanny Iskandar, menyampaikan bahwa Indonesia telah menyiapkan KI yang tepat sesuai dengan kebutuhan investor. Lebih dari 100 KI tersebar di pulau Jawa dan luar Jawa, dengan KI di pulau Jawa diperuntukkan bagi industri berbasis teknologi tinggi dan digital, industri padat karya, dan industri hilir.

“Sedangkan, KI di luar Jawa lebih diperuntukkan bagi industri yang bertujuan untuk meningkatkan nilai tambah produk berbasis sumber daya alam dan industri pemicu pengembangan ekonomi baru. Pengembangan investasi industri di KI seluruh Indonesia didukung oleh infrastruktur dan fasilitas pendukung yang berkualitas seperti pembangkit listrik, suplai gas industri, jaringan teknologi informasi dan komunikasi, pengolahan limbah, jalan tol dan jalur kereta barang, serta bandara dan pelabuhan,“ ujar Sanny dalam conference bertema “Investing in Manufacturing Sector“ di Paviliun Indonesia, Hannover Messe 2023, Rabu (19/4/2023). 

Ia menambahkan, untuk mendukung implementasi revolusi industri keempat, Indonesia telah mengembangkan smart-eco industrial park yang dilengkapi dengan infrastruktur digital berteknologi tinggi yang ramah lingkungan. Menurutnya, Indonesia sudah siap untuk sistem ekonomi sirkular, digital hub, dan lainnya,

Narasumber selanjutnya, Cluster President Indonesia dan Timor-Leste Schneider Electric Indonesia Roberto Rossi mengatakan, misi Schneider adalah menjadi mitra digital pelaku industri untuk keberlanjutan dan efisiensi. Schneider sebagai perusahaan industri perangkat elektrik global selalu mendukung dan memberdayakan SDM untuk pemanfaatan energi secara maksimal, serta menjembatani kemajuan dan keberlanjutan untuk masa depan. 

Schneider memiliki dua pabrik terbesar di Indonesia, yaitu di Batam dan Cikarang, yang menyerap 3.800 tenaga kerja. Pihaknya juga aktif dalam kegiatan corporate social responsibility dan program dampak berkelanjutan antara lain teacher mission, yaitu mengajar di sekolah vokasi untuk memastikan keterampilan apa yang menjadi kebutuhan industri, program bakti masyarakat di sekitar lokasi perusahaan, dan program penanaman pohon untuk mendukung kelestarian lingkungan.

Juga hadir sebagai pembicara, Chief Executive Officer PT Vale Indonesia Tbk, Febriany Eddy, yang menyampaikan bahwa salah satu alasan kuat mengapa Indonesia merupakan negara tepat untuk tujuan investasi adalah karena memiliki kekayaan sumber daya. Indonesia merupakan negara dengan sumber daya nikel terbesar di dunia. Fakta terkait tren transisi energi memicu industri untuk berinovasi dalam memanfatkan sumber daya mineral sebagai bahan baku. Vale Indonesia telah memiliki total investasi senilai USD 6,8 juta, yang menghasilkan 3% dari kebutuhan nikel dunia dengan penyerapan 3000 tenaga kerja yang 99% adalah tenaga kerja lokal Indonesia.

“Indonesia adalah negara dengan populasi ke-4 terbesar di dunia. Kondisi ini menjadi salah satu keunggulan bagi Indonesia karena dapat mensuplai tenaga kerja yang cukup memadai untuk perusahaan-perusahaan global. Hal ini juga didukung dengan fakta bahwa Indonesia juga memiliki bonus demografi dengan rata-rata pekerja berumur 30 tahun tahun. Berbeda dengan negara lainnya yang memiliki tenaga kerja yang lebih tua dan cukup sulit untuk mendapatkan tenaga kerja,” ujar Deputi Bidang Promosi Investasi Kementerian Investasi, Nurul Ichwan dalam sesi konferensi tersebut.

Ichwan menjelaskan, di ASEAN, Indonesia merupakan negara terbesar, baik dari segi populasi maupun ekonomi. Indonesia merupakan negara basis produksi untuk pasar internasional yang berkontribusi sebesar 36% terhadap total PDB ASEAN. Ichwan menambahkan, Indonesia adalah anggota G20 yang memiliki ketahanan dan pertumbuhan ekonomi, dengan PDB mencapai USD1,3 triliun dan PDB per kapita melebihi USD5.000. 

Berdasarkan data Bloomberg (April 2023), Indonesia juga merupakan negara yang akan bertahan pada kemungkinan resesi yang akan terjadi di masa depan, dengan persentase kemungkinan resesi hanya sebesar 2%. Sebab, Indonesia memiliki sumber daya alam yang kaya, termasuk untuk pengembangan industri kendaraan listrik (electric vehicle-EV). 

Pada 2025, setidaknya 15% nikel untuk industri baterai EV akan disuplai dari Indonesia. Dalam mendukung pengembangan investasi industri tersebut, Pemerintah Indonesia memberikan berbagai insentif investasi yang sangat menjanjikan, antara lain tax holiday, tax allowance, import duty exemption, dan super tax deduction. “Berangkat dari fakta tersebut, Indonesia adalah negara yang tepat untuk menjadi tujuan investasi sektor manufaktur global,” tutur Ichwan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dana uang tunai

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:58 WIB

Cuan di Bulan Ramadan, BRI Bayarkan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk membayarkan dividen tunai senilai Rp35,43 triliun atau sebesar Rp235 per saham kepada Pemegang Saham pada 28 Maret 2024. Seperti diketahui, sesuai dengan…

Dok. Kemenperin

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:05 WIB

Kemenperin Dorong Pelaku IKM Berperan Mengisi Potensi Pasar Kendaraan Listrik

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkomitmen untuk terus mendukung percepatan dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di tanah air. Salah satu upaya strategisnya adalah mendorong…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:56 WIB

Catat Kinerja Gemilang, Menperin Agus: Investasi Sektor Mamin Diminati Investor Nasional Dan Global

Industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kontribusi sektor tersebut terhadap…

Model Kecantikan

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:25 WIB

Penuhi Segala Persiapan Dalam Menyambut Hari Raya Kemenangan bersama Shopee Big Ramadan Sale

Dalam menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan dan menyambut Hari Raya Kemenangan, selain mempersiapkan aspek dari dalam diri, terdapat berbagai persiapan lain yang kerapdilakukan untuk merayakan…

Bank Danamon

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:19 WIB

Danamon Umumkan Jadwal Operasional dan Layanan Pendukung bagi Nasabah Menyambut Libur Panjang Idulfitri 1445 Hijriah

Menjelang periode libur Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah, PT Bank Danamon Indonesia Tbk (“Danamon”) mengumumkan jadwal operasional sejumlah kantor cabang dan layanan pendukung bagi kebutuhan…