Mustika Land Gandeng Scientex dan Creed Kembangkan Graha Mustika Tamansari di Bekasi dengan Harga Terjangkau

Oleh : Ridwan | Selasa, 21 Maret 2023 - 15:10 WIB

Penandatanganan Joint Venture antara Mustika Land dengan Scientex Berhad dan Creed Group untuk pengembangan proyek Graha Mustika Tamansari (Foto: Ridwan/Industry.co.id)
Penandatanganan Joint Venture antara Mustika Land dengan Scientex Berhad dan Creed Group untuk pengembangan proyek Graha Mustika Tamansari (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Pengembang properti terkemuka Tanah Air, Mustika Land Group menjalin kerja sama dengan Scientex Berhad Malaysia dan Creed Group Jepang untuk pengembangan perumahan di Bekasi, Graha Mustika Tamansari.

Kerja Sama tersebut ditandai dengan penendatanganan Joint Venture (JV) antara ketiga perusahaan tersebut yang dilakukan pada, Selasa 21 Maret 2023 di Hotel Fairmont, Jakarta.

Ketiga perusahaan tersebut berbagi tujuan yang sama untuk menyediakan perumahan yang terjangkau bagi pasar Indonesia dan Asia Tenggara.

Kerja sama ini menggabungkan pengetahuan dan keahlian pasar lokal dari Mustika Land Group, pengalaman pengembangan properti dan teknologi konstruksi dari Scientex Berhad, dan keahlian investasi dan branding real estate dari Creed Group.

CEO Mustika Land David Sudjana mengatakan, pihaknya bersama Scientex dan Creed memiliki visi yang sama yaitu menyediakan perumahan yang berkualitas tinggi dan terjangkau bagi masyarakat.

"Dengan kerja sama ini, kami bertujuan untuk mengembangkan perumahan berkualitas tinggi dengan harga terjangkau yang memenuhi kebutuhan masyarakat dan menciptakan nilai yang signifikan bagi konsumen dan stakeholder kami di Bekasi," kata David.

Untuk tahap pertama, tambah David, pihaknya akan mengembangkan rumah tapak mencapai 400 unit dengan luas lahan mencapai 4,9 hektar (ha). "Untuk tahap pertama kita kembangkan sebanyak 400 unit rumah tapak, dengan harga kisaran Rp500 juta - Rp 1 miliar," terangnya.

Dirinya menargetkan pengembangan proyek Graha Mustika Tamansari akan rampung pada tahun 2025. "Untuk pengembangan proyek Graha Mustika Tamansari ini ditargetkan rampung tahun 2025. Untuk segmen kita bidik kelas menengah," tutur David.

Chief Executive Officer Scientex Berhad Lim Peng Jin mengatakan, perusahaan sekarang siap untuk memulai strategi "lintas batas" untuk menembus pasar baru di Asia Tenggara dan memenuhi permintaan regional.

"Untuk JV ini, kami (Scientex) dan Creed masing-masing memiliki saham 20 persen, sisanya 60 persen dipegang Mustika Land Group," terangnya.

Nantinya, terang Lim, rumah terjangkau di Graha Mustika Tamansari akan memberikan kehidupan modern dan nyaman bagi keluarga yang tinggal di Bekasi serta bekerja di kawasan pusat bisnis Jakarta dan kawasan industri Cikarang - Karawang terdekat," papar Lim.

Sementara itu, Founder and Managing Director Creed Group, Toshihiko Muneyosi mengungkapkan bahwa pihaknya melihat Indonesia mengalami pertumbuhan penduduk dan urbanisasi yang cepat. Namun, pasokan tidak dapat mengikuti permintaan perumahan, dan harga perumahan melonjak tinggi, sehingga kekurangan perumahan menjadi masalah.

Dalam kondisi ini, lanjutnya, menyediakan perumahan terjangkau dapat membantu memenuhi permintaan dan menjaga harga perumahan tetap terjangkau. 

"Pemerintah Indonesia juga memberikan dukungan yang kuat dalam pengembangan perumahan yang terjangkau, dan terdapat potensi permintaan perumahan yang besar di Indonesia yang ingin dimanfaatkan oleh para mitra," terang Toshihiro.

Graha Mustika Tamansari merupakan pengembangan kota mandiri keempat yang dilakukan oleh Mustika Land seluas 16,1 hektar di sepanjang Jakarta Outer Ring Road (JORR) 2.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri BUMN Erick Thohir

Jumat, 19 April 2024 - 10:35 WIB

Erick Peringatkan BUMN untuk Antisipasi Dampak Ekonomi dan Geopolitik Global

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memperingatkan BUMN untuk mengantisipasi dampak dari gejolak ekonomi dan geopolitik dunia. Erick mencontohkan inflasi AS sebesar 3,5 persen…

Yili melalui Joyday Salurkan Bantuan melalui YKAI dan Komunitas Sosial

Jumat, 19 April 2024 - 10:16 WIB

Yili Melalui Joyday Salurkan Bantuan melalui YKAI dan Komunitas Sosial

Dalam semangat berbagi dan kepedulian di bulan suci Ramadhan, PT YILI Indonesia Dairy melalui merek unggulannya, es krim Joyday, telah melakukan serangkaian inisiatif program yang bertujuan…

Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 19 April 2024 - 09:55 WIB

Menperin Agus Bicara 'Blak-blakan' Soal Investasi Menggirukan Apple di Tanah Air

Indonesia tengah mendorong komitmen investasi dari Apple Inc. untuk menanamkan investasi di Tanah Air. Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita yang turut hadir mendampingi…

Bluetooth Speaker Partymax Lengkap dengan Teknologi TWS

Jumat, 19 April 2024 - 09:45 WIB

Teman Setia di Momen Berharga: Bluetooth Speaker Partymax Lengkap dengan Teknologi TWS

Di era di mana musik dan hiburan bergerak dinamis dan gaya hidup yang makin modern, hal ini telah mengubah cara kita dalam menikmati musik dan memanfaatkan speaker dalam kegiatan sehari-hari…

Wadan Kormar Terima Kunjungan Kerja Komandan Grup C Paspampres

Jumat, 19 April 2024 - 07:40 WIB

Wadan Kormar Terima Kunjungan Kerja Komandan Grup C Paspampres

Dalam rangka membangun komunikasi serta sinergitas, Wakil Komandan Korps Marinir (Wadan Kormar) Brigjen TNI (Mar) Suherlan, menerima kunjungan kerja Komanda Grup C Pasukan Pengamanan Presiden…