Mustika Land Gandeng Scientex dan Creed Kembangkan Graha Mustika Tamansari di Bekasi dengan Harga Terjangkau

Oleh : Ridwan | Selasa, 21 Maret 2023 - 15:10 WIB

Penandatanganan Joint Venture antara Mustika Land dengan Scientex Berhad dan Creed Group untuk pengembangan proyek Graha Mustika Tamansari (Foto: Ridwan/Industry.co.id)
Penandatanganan Joint Venture antara Mustika Land dengan Scientex Berhad dan Creed Group untuk pengembangan proyek Graha Mustika Tamansari (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Pengembang properti terkemuka Tanah Air, Mustika Land Group menjalin kerja sama dengan Scientex Berhad Malaysia dan Creed Group Jepang untuk pengembangan perumahan di Bekasi, Graha Mustika Tamansari.

Kerja Sama tersebut ditandai dengan penendatanganan Joint Venture (JV) antara ketiga perusahaan tersebut yang dilakukan pada, Selasa 21 Maret 2023 di Hotel Fairmont, Jakarta.

Ketiga perusahaan tersebut berbagi tujuan yang sama untuk menyediakan perumahan yang terjangkau bagi pasar Indonesia dan Asia Tenggara.

Kerja sama ini menggabungkan pengetahuan dan keahlian pasar lokal dari Mustika Land Group, pengalaman pengembangan properti dan teknologi konstruksi dari Scientex Berhad, dan keahlian investasi dan branding real estate dari Creed Group.

CEO Mustika Land David Sudjana mengatakan, pihaknya bersama Scientex dan Creed memiliki visi yang sama yaitu menyediakan perumahan yang berkualitas tinggi dan terjangkau bagi masyarakat.

"Dengan kerja sama ini, kami bertujuan untuk mengembangkan perumahan berkualitas tinggi dengan harga terjangkau yang memenuhi kebutuhan masyarakat dan menciptakan nilai yang signifikan bagi konsumen dan stakeholder kami di Bekasi," kata David.

Untuk tahap pertama, tambah David, pihaknya akan mengembangkan rumah tapak mencapai 400 unit dengan luas lahan mencapai 4,9 hektar (ha). "Untuk tahap pertama kita kembangkan sebanyak 400 unit rumah tapak, dengan harga kisaran Rp500 juta - Rp 1 miliar," terangnya.

Dirinya menargetkan pengembangan proyek Graha Mustika Tamansari akan rampung pada tahun 2025. "Untuk pengembangan proyek Graha Mustika Tamansari ini ditargetkan rampung tahun 2025. Untuk segmen kita bidik kelas menengah," tutur David.

Chief Executive Officer Scientex Berhad Lim Peng Jin mengatakan, perusahaan sekarang siap untuk memulai strategi "lintas batas" untuk menembus pasar baru di Asia Tenggara dan memenuhi permintaan regional.

"Untuk JV ini, kami (Scientex) dan Creed masing-masing memiliki saham 20 persen, sisanya 60 persen dipegang Mustika Land Group," terangnya.

Nantinya, terang Lim, rumah terjangkau di Graha Mustika Tamansari akan memberikan kehidupan modern dan nyaman bagi keluarga yang tinggal di Bekasi serta bekerja di kawasan pusat bisnis Jakarta dan kawasan industri Cikarang - Karawang terdekat," papar Lim.

Sementara itu, Founder and Managing Director Creed Group, Toshihiko Muneyosi mengungkapkan bahwa pihaknya melihat Indonesia mengalami pertumbuhan penduduk dan urbanisasi yang cepat. Namun, pasokan tidak dapat mengikuti permintaan perumahan, dan harga perumahan melonjak tinggi, sehingga kekurangan perumahan menjadi masalah.

Dalam kondisi ini, lanjutnya, menyediakan perumahan terjangkau dapat membantu memenuhi permintaan dan menjaga harga perumahan tetap terjangkau. 

"Pemerintah Indonesia juga memberikan dukungan yang kuat dalam pengembangan perumahan yang terjangkau, dan terdapat potensi permintaan perumahan yang besar di Indonesia yang ingin dimanfaatkan oleh para mitra," terang Toshihiro.

Graha Mustika Tamansari merupakan pengembangan kota mandiri keempat yang dilakukan oleh Mustika Land seluas 16,1 hektar di sepanjang Jakarta Outer Ring Road (JORR) 2.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Prof Satyanegara diangkat sebagai MWA dan dihadiri SD Darmono pendiri Jababeka di President University

Jumat, 01 Maret 2024 - 19:47 WIB

President University Angkat Prof. Satyanegara sebagai Ketua Wali Amanat Fakultas Kedokteran

President University secara resmi mengangkat Prof. Dr. dr. Satyanegara, Sp.BS (K) sebagai Chairman of the Board of Trustees atau Ketua Wali Amanat Fakultas Kedokteran. Prosesi pengangkatan dilakukan…

Menteri Basuki Dampingi Presiden Jokowi Resmikan 10 Ruas Inpres Jalan Daerah di Kalimantan Timur Senilai Rp561 Miliar.

Jumat, 01 Maret 2024 - 19:25 WIB

Menteri Basuki Dampingi Presiden Jokowi Resmikan 10 Ruas Inpres Jalan Daerah di Kalimantan Timur Senilai Rp561 Miliar.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan perbaikan 10 ruas jalan dan 1 jembatan di Kalimantan Timur yang dilaksanakan…

Presiden Jokowi Lakukan Topping-Off Hunian ASN-Hankam di IKN

Jumat, 01 Maret 2024 - 19:18 WIB

Presiden Jokowi Lakukan Topping-Off Hunian ASN-Hankam di IKN

Menter Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan Topping Off Hunian ASN dan Hankam di IKN, Penajam Paser Utara, Kalimantan…

Diskusi Mengenai Obesitas dan Pemahaman Ilmiahnya pada Hari Obesitas Sedunia

Jumat, 01 Maret 2024 - 18:09 WIB

Cegah miskonsepsi, Novo Nordisk Indonesia Dorong Diskusi Mengenai Obesitas dan Pemahaman Ilmiahnya pada Hari Obesitas Sedunia

Obesitas dan obesitas sentral merupakan salah satu masalah kesehatan yang mengkhawatirkan di Indonesia. Berdasarkan data Riset Kesehatan Dasar (Riskedas) 2018, prevalensi obesitas di kalangan…

Presiden Jokowi (ist)

Jumat, 01 Maret 2024 - 17:30 WIB

Dahsyat! IKN Magnet Baru Investasi, Jokowi: Yang Antre Banyak...

Ibu Kota Negara (IKN) tengah menjadi incaran para investor. Bak gadis cantik, investor rela antre untuk menanamkan modalnya di IKN. “Yang antre ini banyak, hanya mengatur di mana lahan yang…