Side Event WWF 2024 Bergulir, Kementerian PUPR Gelar Workshop Pembiayaan Terpadu untuk Infrastruktur Sektor Air

Oleh : Hariyanto | Selasa, 21 Maret 2023 - 13:20 WIB

Workshop dengan topik Blended Finance for Water Sector
Workshop dengan topik Blended Finance for Water Sector

INDUSTRY.co.id - Bandung - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Pembiayaan Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan menggelar workshop dengan topik “Blended Finance for Water Sector” di Institut Teknologi Bandung (ITB), Senin (20/3/2023). 

Workshop yang terselenggara atas kerja sama Kementerian PUPR dengan ITB ini adalah bagian dari rangkaian Side Event Tema Water Innovative Finance dalam rangka World Water Forum ke-10 di Bali pada 18-24 Mei 2024 mendatang. 

Direktur Jenderal Pembiayaan Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan Herry Trisaputra Zuna mengatakan innovative water financing menjadi isu dasar untuk menjamin ketersediaan air. Karena infrastruktur sektor air saat ini masih sangat bergantung pada APBN, dan masih ada tantangan dalam mendapatkan pendanaan dari sektor swasta. 

"APBN hanya bisa menampung hingga 37% dari kebutuhan dana infrastruktur air, sehingga kalau kita mau mengejar target SDGs tahun 2030, kita harus bisa mengundang pihak swasta. Kita perlu membuat skema pembiayaan yang sedemikian rupa terjangkau bagi masyarakat namun tetap menarik bagi swasta," kata Herry. 

Herry menambahkan, untuk mencapai akses air minum yang aman, adil, dan terjangkau untuk semua pada 2030, nilai investasi tambahan yang dibutuhkan sekitar 1,7 trillion USD atau tiga kali lipat dari tingkat investasi saat ini. Sehingga dibutuhkan mekanisme financing delivery yang tepat untuk sektor air, salah satunya yaitu blended finance. Topik ini mendukung tema Water Innovative Finance di World Water Forum 2024.

Direktur Pelaksanaan Pembiayaan Infrastruktur Permukiman Kementerian PUPR Meike Kencanawulan Martawidjaja menjelaskan, blended finance memungkinkan akses terbuka ke basis investor yang lebih luas dan memungkinkan dukungan untuk infrastruktur di Indonesia.

“Hal ini dapat dilakukan dengan cara mengintegrasikan bantuan teknis dengan pembiayaan, meminimalkan risiko, meningkatkan likuiditas, membangun aset berkualitas yang selaras dengan SDGs, dan mengintegrasikan pihak publik dan swasta,” jelas Meike.

Wakil Ketua Program World Water Forum Ke-10 sekaligus Staf Khusus Menteri PUPR Bidang Sumber Daya Air Arie Setiadi Moerwanto mengatakan pelaksanaan seri workshop dan seminar pada World Water Forum ini bertujuan untuk menggali berbagai pemecahan masalah sektor air terutama di level akar rumput, salah satunya di perguruan tinggi. 

“Indonesia sebagai penyelenggara World Water Forum 2024 berharap kita bisa menghasilkan sesuatu yang bisa disepakati di level dunia karena air adalah everybody's business. Masalah air ini bukan hanya ada di Indonesia tapi juga secara global,” tuturnya. 

Turut hadir Rektor ITB Prof. Reini Djuhraeni Wirahadikusumah, Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Setiawan Wangsaatmaja, Direktur Utama PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (PII) Muhammad Wahid Sutopo, CEO PT Moya Indonesia Irwan Dinata, Head Upstream and Advisory INR Asia Pacific Depatmen of International Finance Corporation Victoria Delmon, Executive Director Deals and Strategy Deloitte Pius Chong, Ketua Pusat Studi Pembangunan Infrastruktur Perkotaan Universitas Katolik Parahyangan Prof. Andreas Wibowo.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Danone melakukan MoU dengan Pemulung untuk mengumpulkan sampah botol plastik

Selasa, 23 April 2024 - 18:17 WIB

AQUA dan Ikatan Pemulung Indonesia Kerja Sama Kurangi Sampah Plastik di Destinasi Wisata Bangka Belitung

Dalam rangka mendukung upaya pemerintah Indonesia mengurangi sampah plastik ke laut hingga 70% pada 2025, hari ini AQUA melakukan kerja sama Program Peningkatan Pengumpulan Sampah Plastik di…

Festival Seoul Beats on Campus (ist)

Selasa, 23 April 2024 - 17:57 WIB

Bakal Gelar Festival Seoul Beats on Campus, President University Siap Luncurkan Konsentrasi K-Wave

Presuniv berencana membuka konsentrasi K-Wave yang akan bernaung di bawah Program Studi (Prodi) Business Administration. Pembukaan konsentrasi ini akan ditandai dengan event Seoul Beats on Campus…

Arta Monica Pasaribu, S.IP – President University Mahasiswa S2 MMT

Selasa, 23 April 2024 - 17:30 WIB

Strategi Marketing Dinamo Listrik Buatan Lokal untuk Mendukung Net Zero Emission

Tidak dapat dipungkiri ternyata penggunaan kendaraan listrik seperti motor listrik sangat tumbuh dengan cepat. Pemerintah mencatat keberadaan motor dan mobil yang berbasis listrik di sini naik…

PT Pertamina International Shipping (PIS) menunjukkan komitmennya untuk mendorong dekarbonisasi di sektor industri maritim sekaligus wujud kecintaan PIS untuk menjaga kelestarian bumi demi generasi masa depan.

Selasa, 23 April 2024 - 17:28 WIB

Cinta Bumi, PIS Sukses Tekan Emisi 25,4 Ribu Ton Setara CO2

Jakarta - PT Pertamina International Shipping (PIS) menunjukkan komitmennya untuk mendorong dekarbonisasi di sektor industri maritim sekaligus wujud kecintaan PIS untuk menjaga kelestarian bumi…

Fransiscus Go sedang memegang hasil kebun di Nara Kupu Village Sawangan, Depok-Jawa Barat. (Foto: Istimewa)*

Selasa, 23 April 2024 - 16:35 WIB

Pengusaha Sukses NTT Ini Sebut Program Food Estate Efektif untuk Pemanfaatan Lahan yang Sudah Lama Tertidur

Jakarta - Tokoh masyarakat Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Fransiscus Go menilai bahwa program Food Estate, atau pengembangan pangan secara terintegrasi yang tengah digencarkan oleh pemerintah…